BLOG ARCHIVE
25/01/2019

Cerita Jarik - Koleksi SS 2019


Assalamualaikum… 
Apa kabar semuanya?  
Alhamdulillah masih dikasih umur di tahun ini, kesempatan untuk memperbaiki diri terus.. 

Dari memperbaiki hubungan manusia dengan manusia, dan yang paling penting hubungan sama Sang Pencipta. Ada juga planning istimewa yang dibuat khusus buat RMLC di tahun 2019 ini, karena ini tahun untuk merayakan brand RiaMiranda udah memasuki tahun kesepuluh.. Alhamdulillah…. 
#riamiranda1dekade

Jadi ikutin terus yaa apa aja yang akan diadakan ditahun 2019. 

Tahun ini juga, alhamdulillah menandai sepuluh tahun aku berkarya dibawah brand RiaMiranda. 

MasyaAllah… aku bersyukur dikasih kepercayaan luar biasa, khususnya dari RMLC yang konsisten mendukung karya-karya ku.. Bisa melangkah sejauh ini rezeki dari Allah SWT. Kalau Allah SWT gak ridho pasti gak bakal sampai sini. Hati ini selalu mengucap hamdalah atas nikmat bisa terus berkarya ini..

Mengawali tahun 2019, aku udah nyiapin satu koleksi yang sudah seringkali di request sama mayoritas RMLC yang merupakan ibu-ibu muda. Koleksi yang kayak gimana? Ayo baca terus ya…

Sering banget aku dapat masukan untuk memperbanyak koleksi Busui Friendly, padahal aku selalu bikin porsi khusus untuk setiap koleksi buat baju yang busui friendly tapi aku pernah cerita juga kan sebelumnya, kalau apapun yang aku kerjain dan buat di koleksi-koleksiku juga berasal dari feedback dari temen-temen, khususnya RMLC. Jadi, khusus di koleksi awal tahun ini… aku bikin koleksi spesial yang semuanya bisa digunakan ibu-ibu yang sedang menyusui si kecil, termasuk aku yaa… 


Nama koleksinya Jarik. 
Ada cerita apa dibalik nama Jarik? 
Aku coba share disini yah. 


Alhamdulillah tahun 2018 kemaren dapat titipan baru dari Allah. 
Kahfia, putri ketiga.. 
rezeki baru titipan yang harus dirawat sebaik-baiknya. 
Jaraknya Kina sama Kahfia sebenarnya gak jauh-jauh banget, tiga tahun, tapi tetap kangen banget punya peran penting dalam kehidupan anak. Ketika mereka lagi butuh-butuhnya sama aku sebagai ibunya, rasa ini yang bikin bisa merasa diri ini sangat berarti. Makanya koleksi Jarik ini udah jadi koleksi favoritku juga karena akan ke pake sekali di masa sekarang aku masih nyusuin Kahfia. 

Iya, balik lagi deh ke cerita kenapa akhirnya aku namain Jarik. 
Jadi koleksi Jarik ini tuh.. nyeritain tentang cinta ibu ke anaknya dan bagaimana hubungan kedekatan antara keduanya. 
Terus… kenapa namanya Jarik?


Jadi, Jarik ini adalah nama kain yang punya fungsi banyak sekali di budaya masyarakat Jawa. 
Kain ini dipakai oleh masyarakat Jawa zaman dahulu buat jadi alas tidur bayi, jadi busana bawahan perempuan Jawa seperti samping atau rok, dan yang paling sering ini dijadiin alat gendong buat bayi. Fungsinya yang sebagai alat gendong bayi ini, yang jadi inspirasi utama aku dalam koleksi Jarik ini. Itu juga kenapa nama koleksinya Jarik. 

Budaya gendongan di Jawa ini punya banyak manfaat, salah satunya membangun bonding untuk Ibu dan Anak. Ada anggapan kalau lagu pengantar tidur paling ampuh itu detak jantung Ibu yang terdengar ketika mendekap si kecil karena iramanya familiar sekali untuk si kecil dan bisa bikin mereka seketika jadi merasa tenang dan nyaman. Makanya, aku semakin bisa bikin gambaran besar dari inspirasi yang aku dapat dari koleksi Jarik. 

Dipikir pikir jadi lebih banyak explore budaya Indonesia ya? terutama Jawa, setelah kemarin launching Aksara eh sekarang ada Jarik.. Ya ternyata memang inspirasi dari Indonesia sendiri nggak habis habis yaa...

Makin yakin apalagi setelah diskusi dengan tim juga ternyata mereka ngerasa bahwa Jarik sangat cocok dengan tema yang diangkat di tahun 2019 yaitu cinta. Soalnya kalau kita sadari, bentuk cinta pertama yang kita rasain adalah cinta dari orangtua kan, khususnya Ibu. Bagaimana Ibu merawat dan memberikan kita banyak kasih sayang tulus, serta rela berkorban apapun untuk kita.


Dari situ, proses kreatif-nya berlangsung. Mengalir begitu aja, karena rasanya semua pengalaman cinta ke anak di tuangkan melalui setiap cutting, peletakan motif bahkan akhirnya semua koleksi ini jadi breastfeeding series. Sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan dan permintaan yang ada, kita bikin desain yang gak cuman menarik tapi ada fungsinya disetiap cutting yang dibikin. Motifnya pun hati-hati dibuat biar sampai message-nya, kita menghindari adanya bentuk makhluk hidup.. aku tau banget ada orang yang merasa tidak boleh ada sosok makhluk hidup pada apa yang kita kenakan, tapi sekali lagi ini motif yang sudah ada dari dulu, tentu ada maknanya, yang kita lakukan adalah modifikasi dengan ada sentuhan baru yang menjadi ciri khas brand ini. 

Pengen cantik dan totalitas banget, karena koleksi pembuka di awal tahun kan. 
Meskipun ada tanggungjawab menyusui anak, semua masih bisa terkendali.
Ada juga artikel dress, yang sengaja juga aku pilih supaya kalau ada acara kajian jadi makin semangat!
Semangat untuk doain anaknya nanti jadi anak soleh.

Alhamdulillah, sampai juga nih di waktu launching koleksinya di Bandung!
Kota penuh cinta, dikelilingi oleh gunung Parahyangan..

Ada 12 pilihan busana karena Jarik itu diangkat dari budaya Jawa. Warna yang aku hadirkan itu warna-warna yang njawani banget dengan sentuhan dan feel vintage color seperti hijau, coklat dan terracotta. Untuk detail aku hadirkan drape bagi beberapa pilihan busana untuk menunjukkan bentuk sisa ikatan gendongan dari kain jarik. 

InsyaAllah, koleksi Jarik udah bisa dimiliki sebentar lagi di semua Official RiaMiranda Store dan Official Online Stores termasuk RiaMiranda Apps yaaa. Semoga semua suk, ngerasa bermanfaat dan bisa mewakili kebutuhannya.. dan Semoga kita gak nemuin kendala seperti gak kebagian atau masalah bundling lagi. Aku pengen banget temen-temen dapat semua baju yang dipinginin dengan harga yang resmi dari store kita yaaa... 

Semoga yaa… 

Kalau ada masukan, gak apa-apa DM aja ya ke @inforiamiranda atau Instagram ku @riamiranda. InsyaAllah akan dibaca dan dijadiin bahan evaluasi buat kami… supaya semakin harinya pelayanan yang bisa kita kasih ke customer bisa lebih baik lagi. 

Feel the love in Jarik.
This is truly made with love from a mother.

Love, 



Ria





ALL TIME PAGEVIEWS

1,932,460

POPULAR POSTS THIS MONTH

Tips Menjadi Ibu ala Ria Miranda

Aku rasa hampir semua perempuan, pasti melewati fase ini.. Semoga yang sedang berusaha untuk ...