BLOG ARCHIVE
09/03/2018

Bonjour Paris!


Aahhh... Paris itu jadi kota kenangan ketika aku dan suamiku honeymoon April 2011. Udah lama yaaa.. Berarti ini ketiga kalinya aku ke Paris, dulu pas Esmod udah pernah ikutan juga trip kesini. Kali ini beda dong, selain udah sama suami juga dalam keadaan hamil. Plus misiku ke Paris adalah untuk mendatangi pameran yang dulu aku datangi bersama ESMOD, yaitu Premiere Vision Textile Exhibition di Parc Des Expositions Paris 13-15 Feb 2018.

Jadi memang tujuan utama perjalanan ke Eropa kali ini yang memang di Paris ini. Persaingan busana muslim di Indonesia semakin juara deh, bikin aku geleng kepala. Kompetitif tapi jadi makin banyak yang meniru. Seneng sih karena ada yang meniru, artinya insyaAllah design dan branding riamiranda bisa memberi inspirasi buat banyak orang. Miris, karena yang menirunya orang Indonesia sendiri. Nah daripada pusing mikirin hal itu, aku move on dengan membuat sesuatu yang lebih step ahead. Ada banyak customer yang perlu diperhatikan, ada banyak kualitas jahitan dan bahan yang perlu terus di tingkatkan. Jadi hal kecil yang seperti itu tidak akan menghentikanku berkarya. Biarlah produk yang berbicara sendiri. 

Di post ini aku akan banyak cerita tentang pengalamanku di pameran tekstil tersebut, buat yang penasaran baca terus yaa, khususnya yang ada di industri fashion juga...


Hmm.. bicara tentang Paris pasti berpikir ini kota romantis?! tapi menurutku enggak sama sekali. Rasanya pengen pulaang aja selama di Paris. Memang kotanya cantik di beberapa area, tapi kebanyakan justru sudah mulai tidak terawat. Banyak art grafiti yang tidak di koordinasi, jalan kecil dan lokal people menurutku kurang ramah dibandingkan Belanda. Susahnya lagi mereka nggak bisa bahasa inggris! oh no.. jadilah kita pakai bahasa isyarat, mereka tetap menjawab dalam bahasa Perancis. Mirip kayak orang Jepang deh..


Aku juga sempet malu ngeliat banyak pengemis pake kerudung, dan caranya ituloh yang maksa. Udah banyak yang mengingatkanku supaya tidak terperdaya karena bisa jadi dia itu copet. Aku serem banget, parno deh.. jadi deket suami aja terus. 

Aku nginep di daerah Rue Bergere, deket sama Grand Boulevards station. Aku coba sekali naik Metro tapi nggak kuat karena naik turun tangga yang ekstrim buat ibu hamil. Selebihnya aku memilih naik uber aja deh. toh totalnya sama aja kalau berempat orang juga. Penting loh menghitung berapa orang yang jalan sama kita, kebanyakan mobil sedan hanya mau menampung 4 orang. itu juga udah umpel umpelan di belakang karena kita semua pake jaket berlapis.


Paris yang berkesan selain Tour Eiffel adalah.. Taman! Meskipun hanya ke beberapa taman aja, dan itupun juga pohonnya lagi botak karena masih winter, tapi tetap aja indah. 

Oya disini alhamdulillah aku bisa mengunjungi masjid utama di Paris. Seneng deh, ternyata ini bukan hanya masjid tapi juga seperti istana dan dijadikan salah satu tujuan wisata sejarah untuk orang orang belajar mengenai sejarah Islam dari arsitekturnya. Meskipun kurang terawat, akses dari tempat wudhu dan tempat sholatnya. 




Paris dingin sekali, aku nggak kuat. Jadi banyak masuk toko dan khilaf. hahaha enggak ding, aku hanya mengunjungi Disney store yang ada di champs elysees inget anak anak, terus ke Lafayette (yang isinya adalah orang asia semua, belanja gilaa banget untuk brand2 hits kayak balenciaga, gucci, LV dan chanel), printemps. Nah di printemps ini aku makan di lantai 8, baguuss ada beberapa tempat yang isinya berbagai makanan dari chef terkenal. Kita juga bisa lihat Paris dari ketinggian, Eiffel keliatan loh. Sayang karena winter area outdoor ditutup.
Aku lebih suka Printemps, banyak brand lokal yang lagi pop up store, dan auranya seperti Selfridges. Sementara kalau Lafayette udah kayak Harrods, glamour, rame nggak jelas dan bingung aja terlalu rame.


Cerita sedikit tentang Pameran Premiere Visions ini yaa..
Jadi ini adalah pameran tekstil terbesar, diikuti sama banyaaak banget supplier kain mulai dari Eropa sampai Jepang. China nggak ada sih kalau aku perhatiin, India ada tapi nggak banyak. Kalau Jepang mengutamakan kualitas teknologi, sementara kalau Eropa seperti spanyol dan italy mengedepankan art fabric seperti jaquard dll. Kalau Turki dengan harga yang lebih murah dia menawarkan banyak kain untuk ready to wear banget deh. Tekstur dan komposisi kain juga bisa dipilih disini. Rata rata ada minimum 1000yards, untuk art fabric bisa min 200 yards. Tapi kita nggak bisa bawa langsung pulang, jadi begini teknisnya :
1. Kita masuk booth mereka, udah ada banyak kursi dan meja.
2. Kita pilih dulu hanger kain apa yang kita mau.
3. Panggil orangnya kita kasih kartunama dan minta kain yang kita pilih itu di kirimkan (free, tapi ada beberapa yang membebankan ongkir sama kita). 
4. Dari situ kita bisa minta range harga dan T&C kalau mau kerjasama dengan supplier tsb.

Caranya mau bisa masuk disini bisa daftar dengan click disini
Ini ada beberapa tips kalau kamu mau datang ke acara PV di bulan Sept 2018 :
1. Kalau bayar via website lebih murah daripada beli langsung, pilih yang gold supaya bisa masuk ke semua area termasuk aksesoris. 
2. Datang dari pagi di hari pertama supaya tau apa yang mau dilihat, bawa koper kecil untuk masukin majalah dan buku fashion soalnya berat. 
3. Bawa makanan, atau bisa banyak food corner kok disini.
4. siapin kartu nama, mereka akan berubah begitu melihat kartu nama dan jabatan kita sebagai owner. Ceritain bisnis kita seperti apa dan apa yang kita cari. Supplier kedatangan buanyaak buyer jadi pastikan kita cukup berkesan buat mereka. 
5. fokus sama apa yang kita cari dan kita kerjakan, banyak banget godaannya.  Kalau berasa asing dan bingung, sementara banyak orang bule yang sibuk keliatannya seru banget dengan kerjaannya disana itu dibiarin aja. Kita fokus dengan diri sendiri. 





Terus ada juga booth yang menawarkan trend forcasting, salah satunya dari Peclers Paris yang menjual buku trend forecasat senilai harga mobil Terios terbaru. OMG! Tapi begitu kita lihat laporannya memang sangat mendetail banget!
Aku sih kalap pas di bagian booth buku majalah trend dan details mulai dari view, l'officiel, new look sampe buku pantone aku beli. Karena udah rusak buku pantone yang lama nya. 
Ini beneran oleh oleh yang sangat penting buat tim riamiranda di kantor nanti, banyak sekali ide dan pembahasan yang bisa kita kerjakan. Ke depannya memang tidak ingin produk riamiranda hanya menyajikan sebuah pattern dalam setiap artikelnya.

Seru deh!! Banyak yang datang dari berbagai belahan dunia, tapi nggak ketemu sama sekali orang Indonesia. mungkin karena saking besarnya ada 4 hall besar sebesar Hall A & B di JCC disatukan itu baru satu Hall disini. Akses ke sini bisa naik taxi sekitar EUR 50, karena ini jauhnya sama kayak ke airport sih. Lumayan kaann..

Tapi yaa yang jadi godaan adalah makanan! ada banyak resto halal tidak usah khawatir, apalagi daerah Grand Boulevards, tapi ada banyak juga resto menarik yang rasanya penasaran buat dicoba. Tapi begitu ada yang menjual babi, aku langsung nggak jadi.
Ya ini udah jadi komitmenku sih, lebih baik makan kebab biasa atau masak telor dan nasi. Aku memang prepare rice cooker mini, beras dan kalau telor bisa di beli di mini market lah.

Dari Paris kita ke London naik kereta Eurostar dari Gare Du Nord. Ternyata deket dari tempat kita menginap, jadi cuma 15 menit naik uber. Suamiku udah paling senewen kalau urusan di terminal gini, jadi kita harus stand by 1 jam sebelumnya duduk2 aja. Daripada mepet dijalan deg-degan, lebih baik nunggu. Karena kita nggak tau gimana kondisi di stasiun / bandara.




Love,



Ria


Oya ini link ke youtube channelku tentang gimana sih didalam pameran tekstil Premiere Vision itu? Sebelum kesini aku nyari banyak informasi tentang PV, jadi mudah2an ini bermanfaat buat temen2 yang juga tertarik ke tekstil siapa tau bulan Sept 2018 mau ke Paris buat ke PV.

Enjoy the video too..


ALL TIME PAGEVIEWS

1,862,590

POPULAR POSTS THIS MONTH

Kolase 2019

Trend Modest Fashion 2019 dari kacamata RiaMiranda.Fashion. Satu industri yang mau tidak mau ...

RMTS 2019 - The Show

Nah, sekarang aku mau cerita bagian show RMTS kemaren. Pasti banyak yang sadar bahwa ...

How to enjoy RMTS 2019

Hari yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga...Perasaan baru kemarin awal meeting untuk bahas ...

RMTS 2019 - The Ambience

Jumat tanggl 30 November 2018 adalah hari yang paling ditunggu banyak orang, khususnya RMLC. Datang ...

Dedare - FW 2018 Collection

Kemaren aku udah cerita lengkap ya tentang RMTS.. masihh berasa banget euphoria nya.. aku masih cek ...