ALL TIME PAGEVIEWS
1,292,576
BLOG ARCHIVE
12/10/2016

#riamirandabajakan ?



FASHION REVOLUTION

Is a global movement that runs all year, celebrating fashion as a positive influence, raising awareness of the fashion industry’s most pressing issues, showing that change is possible and celebrating those who are on a journey to create a more ethical and sustainable future for fashion. In order to make the fashion industry accountable and sustainable, need to make it transparant. 
Tranparency is the first step to transform the industry. 
And it starts with one simple question:
#whomademyclothes? 

We want to share about the real people behind the clothes you wear!
Here we are showing about the people in our workshop, many other skilled people – accessories maker, tailors, sewing helpers, pattern maker &quality checkers. 

Click here.

Jadi ceritanya yah..
Ini mah cuman pemikiran aja.. udah lama dipikirin jadi perlu dikeluarkan (sharing) supaya lega..

Bulan oktober ini banyak banget dapat kiriman informasi mau dari keluarga, #rmlc maupun aku liaht sendiri di sosial media. Banyak bangeett online shop yang secara terang-terangan copy pattern kita. 
Masalah produk dibajak mah udah lama, dari jaman brand masih Shabby Chic itu produk riamiranda udah banyak di Thamrin City. 

Kali ini aku beneran sedih, setelah beberapa kali aku cuek dan merasa biarkanlah itu menjadi rejeki orang tersebut. Biarkanlah apa yang aku dan #riamirandateam lakukan ternyata diminati dan menjadi rejeki untuk online shop itu. Tapi makin kesini mereka sudah dengan santai memakai #riamirandasale #riamirandastyle untuk menjual produk tiruan..

Teknologi memang cepat, digital print sudah bukan teknologi mahal dan terbatas. Semua bisa bikin. Semua punya digital pattern masing-masing. As simple as click. 

Jadi apa yang kita lakukan? fyuuhh.. tantangan banget (dan tantangan itu datang dari dalam negeri sendiri).. #elusdada #fokuscarisolusi 
Yang jelas #riamirandateam udah banyak berusaha dan kita punya rencana A - Z untuk bisa mengatasi segala masalah yang datang.

Produk riamiranda mahal?. Memang itu strategi kita. Kita pengen orang Indonesia bisa menghargai produk lokal. Kenapa selama ini kalau produk brand luar negeri kalau mahal nggak ada yang complain, padahal ternyata itu made in Indonesia. 

Coba kalau produk lokal kita hargai murah, siapa yang mau menghargai? 
Kalau bukan kita, siapa yang akan menjadi tuan rumah dinegeri sendiri. 
brand riamiranda masih baby, kita baru 6 tahun.. 
masih banyak belajar, masih kaget dengan segala perubahan dan kita harus cari solusinya. 
Tapi kita terus jalan, maju ke depan.. InsyaAllah..

Nggak ada maksud apa-apa kok nulis di blog sendiri, bukan nggak ikhlas karena ada yang membajak produk kita, aku sangat yakin rejeki sudah ada yang mengatur. 
ini hanya curhatan karena adanya #riamirandabajakan ini sempet bikin aku nggak mood mau ngapai2in. Bikin males mulai sketching. Bikin bingung harus gimana lagi. 
Kalau di diemin aja, berikutnya akan ada lagi. 
Sama posisinya dengan musisi Indonesia yang terus berperang dengan piracy / bajakan.
Somehow, ketika sebuah brand sudah ada bajakannya artinya sudah sukses untuk menarik perhatian dan minat pasar. 

Untuk kali ini, kita say no to #riamirandabajakan
Jadi kalau ada ketemu di sosial media produk yang nggak original, boleh bantu dengan nulis #riamirandabajakan .. mungkin benar.. mungkin salah. setidaknya ada sebuah usaha untuk bisa menghentikan bajakan yang dilakukan oleh saudara sendiri.

Karena ini bukan hanya membajak pattern, tapi juga membajak kreatifitas #riamirandateam, tim produksi yang kebanyakan orang Purbalingga, kerja keras orang yang setiap hari bekerja di workshop.

Jadii.. masih nggak malu untuk jualan dan pake produk #riamirandabajakan ?


Love,



Ria






POPULAR POSTS THIS MONTH

Surprise Birthday Party!

AlhamdulillahJuly adalah memang bulan yang selalu ku nantikan setelah Ramadhan, karena I was born ...

#keluargarosadi Liburan Bali

Liburan Katya masih lama dan biasanya kalau di rumah suka ada aja drama-nya. Akhirnya kita ...