ALL TIME PAGEVIEWS
1,836,233
BLOG ARCHIVE
07/11/2018

riamiranda x Tokopedia

Semenjak ngeluarin koleksi Eucaflora, aku jadi suka banget buat ngingetin diri sendiri untuk menikmati proses.. 

Lagi-lagi supaya aku gak terlalu fokus sama hasil. 

Proses satu bagian cerita yang pasti dilewati sama semua manusia.
Proses sebelum mendapatkan impian.
Proses ketika akhirnya mimpi-mimpi itu ada dalam genggaman. 

Sama halnya dengan proses menggapai mimpi, RMTS juga melalui sebuah proses yang panjang. 
Dimulai dari satu ide serta tujuan untuk membuktikan bahwa pagelaran tunggal bukan hanya sebuah mimpi, tapi bisa menjadi kenyataan. 

Alhamdulillah impian itu berhasil dicapai dan tanpa terasa sudah mau tahun ke-6. Aku ga berhenti bersyukur dan berterimakasih untuk orang-orang yang menemani aku sampai sejauh ini. 

Sampai tahun ke-6 ini masih banyak proses yang harus dilalui dan dinikmati. Salah satu yang berbeda dari tahun sebelumnya adalah berubahnya main sponsor RMTS.. pasti sudah mulai lihat ya.. ada perubahan dari sponsor utamanya.. yaitu Tokopedia.


kenapa pada akhirnya tokopedia menjadi main sponsor RMTS 2019..
baca terus yaaa


Aku sudah terbiasa dengan keadaan nyaman yang sudah ada, tapi lagi-lagi untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi, aku gak bisa terus melakukan hal yang sama berulang-ulang. Aku harus terbiasa dengan hal-hal yang sedikit berubah dan adaptasi lagi dengan tim-tim yang baru.  Terlebih main sponsor bukan cuma untuk satu kali event RMTS aja tapi juga masalah satu tahun ke depan. Ada komitmen besar yang harus dipegang. 

Saat itu aku cuma bisa bismillah, semoga segalanya menjadi lebih dipermudah. 
Alhamdulillah.. sejauh ini proses panjang RMTS2019 berjalan lancar. 
Koordinasi dengan tim tokopedia juga berjalan baik banget. 
Kita selalu mendiskusikan tentang apa hal terbaik yang bisa dilakukan untuk RMTS 2019. 

Tokopedia, start-up unicorn  kebanggaan Indonesia. 
Kalau mau tau lebih lanjut apa itu istilah start-up unicorn bisa baca ya disini. 
Tokopedia sudah approach aku dan perusahaan hampir satu tahun. 
Pedekate-an awalnya dimulai saat ada tawaran dari tokopedia untuk buka official store disana, ketika Tokopedia jadi official sponsor di IFW 2018. Yang kedua adalah pendekatan berupa ajakan untuk ikut campaign exclusive Tokopedia. 

Dua tawaran tokopedia itu belum bisa aku iya kan saat itu karena aku punya komitmen pada partner e-commerce lain saat itu. Dalam berbisnis ada etika, dan sebisa mungkin kita bersikap profesional dan punya komitmen yang baik serta jaga komunikasi.

Alhamdulillah, Tokopedia ternyata keukeuh juga dan tidak pernah berhenti melakukan pendekatan pada kita. Akhirnya, setelah diskusi panjang dengan tim, tokopedia mengajukan diri sebagai main sponsor dari RMTS 2019... 

Tadaaa.. ini dia official branding untuk RMTS 2019

Tokopedia punya visi dan misi yang menurutku sejalan dengan brand Riamiranda, yang selalu berusaha untuk memberdayakan produk lokal, usaha itu terus dilakukan demi terbangunya pemerataan Ekonomi di Indonesia. 

Dua value itu berusaha juga aku wujudkan, sebagai brand lokal yang masih ada hingga sekarang.. aku berusaha membuktikan bahwa produk lokal itu bisa bersaing loh. Meskipun lokal, kualitas produk produk lokal gak kalah. Kalau masyarakat Indonesia dikasih pilihan yang bagus dan berkualitas dari produk lokal, InsyaAllah pasti mereka akan memilih produk lokal. Justru produk lokal harus jadi tuang rumah di negaranya sendiri.

Apalagi pemberdayaan produk lokal bisa nyerap tenaga kerja yang lebih besar lagi, dan aku yakin itu akan meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat. Hal kecil dari memulai usaha kecil-kecilan itu secara ga langsung bikin rantai ekonomi terus berjalan dan akhirnya menguntungkan lingkungan sekitar kita. 

Saat meeting awal dengan Tokopedia aku dapat insights bagaimana start-up yang satu ini membangun bisnisnya.. Semuanya bermula dari mimpi dan proses yang panjang. Itu kenapa ketika kita bermimpi…  jangan pernah berhenti pada proses menggapainya. Kita gak bakal tahu apa kah kita bisa menggapai itu kalau berhenti di tengah jalan., sesuai kan dengan tagline dari Tokopedia. Mulai aja dulu…

Tokopedia juga ternyata sama sepertiku memulai bisnis di tahun 2009. 
Persis seperti aku saat mulai bisnis fashion muslim ini. 
Masih ingat sekali saat itu belum banyak yang beli dan tetap semangat masuk ke pasar Tanah Abang untuk cari bahan-bahan yang kualitasnya bagus untuk jadi baju sesuai desainku.  Memulai perjuangan di tahun 2009, Tokopedia sama brand Riamiranda insyaAllah bakal melalui satu milestone yang gak pernah terpikir oleh kita berdua yaitu 1 dekade di tahun depan. 

Cerita ini yang ingin aku rajut di tahun 2019.

Satu hal lainnya yang aku salut dari tokopedia, bagaimana start up digital ini berusaha memberikan kemudahan kepada masyarakat dan pelayanan pada komunitas-komunitas yang ada di Tokopedia. Sama dengan aku yang berhubungan langsung dengan satu komunitas yang melengkapi brand Riamiranda, ya apalagi kalau bukan RMLC.

Aku selalu berusaha memberikan yang terbaik buat RMLC, bagaimana wadah ini tidak hanya untuk menampung wanita-wanita yang suka fashion brand riamiranda, tapi justru bisa lebih dari itu. Komunitas ini jadi ajang silaturahmi antar RMLC dan juga antar RMLC dan aku. 

Jujur sebenarnya ini adalah tantangan buat aku yang pertama kali membuat official store di market place.  Ada banyak rentetan persiapan yang harus di atur dan disiapin untuk handling belakang layar. Untungnya, ada Riamiranda team dan pihak tokopedia yang kooperatif, insyaAllah semuanya lancar. Sama aku kembali inget, ini bagian dari proses jadi berusaha dinikmati sambil dijalani terus. 

Kemarin kan sudah banyak yang mulai nanya kan kapan Dedare dan dimana bisa beli Dedare? Nah, Nanti saat RMTS di booth Tokopedia akan ada koleksi Dedare. Koleksi Dedare yang sebelumnya aku tampilin di Jakarta Fashion Week 2019 akan tersedia secara exclusive di Tokopedia ketika RMTS jadi langsung cari booth-nya ya.. Jangan lupa pastikan kamu sudah punya akun di Tokopedia yaa..

Konsep yang nanti diangkat adalah Online to Offline jadi nanti proses pembelian dan pembayaran dilakukan secara online tapi barangnya bisa langsung diambil di booth tokopedia. 
InsyaAllah konsep Go Cashless ini bisa mempermudah dan mengurangi jumlah antrian yang ada. 
Jadi siapin aplikasi tokopedia untuk belanja di booth tokopedia yang ada di RMTS yaa…
Sebentar lagi ya gak kerasa. 

Bismillah semoga semakin hari semakin dipermudah ya perjalanan menuju RMTS. Sampai ketemu di RMTS 30 November ya..


Love,



Ria
  

POPULAR POSTS THIS MONTH

Menuju RMTS 2019

Sesuai janji aku yaa.. minggu-minggu kemarin udah cerita tentang JFW 2019. Hari ini 1 ...

riamiranda x Tokopedia

Semenjak ngeluarin koleksi Eucaflora, aku jadi suka banget buat ngingetin diri sendiri untuk ...