ALL TIME PAGEVIEWS
1,706,580
BLOG ARCHIVE
02/05/2018

Bertabur Koleksi di Ramadhan 2018

Alhamdulillah.. itu yang pertama kali aku ucapkan dalam hati untuk menyambut Ramadhan 2018 ini. Begitu banyak respond positif baik dari customer maupun business partner untuk kerjasama dengan brand riamiranda. Sebuah brand lokal yang dibangun dari awal dengan penuh harapan untuk bisa diterima dari tahun 2009, alhamdulillah setelah sembilan tahun perlahan hasilnya mulai terlihat. 

Entah udah berapa banyak tawaran yang masuk harus kita kurasi dan hold, mulai dari e-commerce, dept store, event fashion show baik dalam maupun luar negeri. Semua di kurasi untuk menjaga brand, kesiapan team dan kondisi kesehatanku yang lagi hamil, namun ternyata di tahun ini banyak kerjasama yang udah banyak deal yang terjadi jauh sebelum aku hamil dan itu tetap harus di jalani karena sudah komitmen. 

Dilihat Ramadhan tahun 2018 ini memang MasyaAllah akan banyak sekali kolaborasi yang aku jalani, untuk menjaga tidak ada yang saling merugikan jadinya aku bikin koleksi yang berbeda. Sehingga pilihan customer bisa lebih variatif, tanpa melupakan koleksi reguler Ramadhan dari brand riamiranda sendiri yang bisa di dapatkan di seluruh cabang riamiranda, website dan juga hijup.com. 

Aji mumpung? 
Tentu tidak.. kalau tau gimana personality-ku pasti tau kalau aku bukan orang yang aji mumpung dan obses mencapai satu titik. Semua berjalan begitu aja, target ada tapi kita selalu membuat target yang nggak bikin kita jadi fokus mengejar angka tapi melupakan kenikmatan menjalani prosesnya. Dan semuanya atas request dan masukan dari customer. 

Ada beberapa hal teknis yang mengakibatkan produksi molor, jadi semua menumpuk di Ramadhan. Namun sudah diatur sedemikian supaya tidak ada yang saling balapan.. Semuanya aku bikin dengan hati yang menginginkan terbaik, kita sudah ngobrol dalam kemana arah segment market dan style design terutama pattern. 

Tahun ini akan ada 4 koleksi : Minang Rancak untuk Zalora.com, Rococo untuk blibli.com, Senjakala untuk hijup.com dan Carito Daro untuk riamiranda sendiri. 

Riamiranda sendiri akan mengeluarkan pattern yang selalu diminati dan udah kayak ciri khas riamiranda, Minang Heritage dengan sub tema Carito Daro. Tapi kali ini dengan sentuhan tangan yang berbeda. Bahwa Minang Heritage itu bukan hanya songket aja, ada kuliner yang mendunia. Masakan Padang rasanya makanan yang paling banyak diterima, restoran padang hampir ada di semua pelosok kota di Indonesia bahkan luar negeri. Rempah - rempah yang kaya, taburan cengkeh dan wanginya kayu manis semua aku tumpahkan dalam tema ini. 

Aku bikin koleksi Carito Daro ini yang berbeda dari tahun sebelumnya, dimana untuk Ramadhan kali ini akan ada koleksi keluarga yang diperuntukan ke laki-laki sampai anak-anak yang seragaman gitu. Kenapa? ini atas masukan dari customer. 

Tapi yaa iniah fashion, kalau diikuti memang akan jadinya overwhelmed. Fashion itu cepat, kalau kita mau jadi trendsetter harus terus di depan. 
Be the first or be better, itu yang jadi prinsipku. 
Tahun ini akan berasa banget kalau fashion itu cepat, sama seperti fashion runway. Sekejap tapi bisa dua hasilnya, memorable atau boring (yupp.. fashion show bisa jadi boring loh, aku selalu memperhatikan gimana reaksi penonton terutama yang di runway ketika nonton fashion show; apakah menikmati koleksi atau asik dengan handphone-nya).

Bicara tentang customer, semua udah tau ada yang namanya RMLC.
Sejak awal aku nggak pernah memposisikan RMLC adalah sebagai target market. Karena merekalah yang selalu menjadi sumber inspirasi dan feedback yang sangat membangun.. Karena RMLC adalah teman, bukan customer pada dasarnya. Jadi aku selalu memberikan edukasi, pilihlah fashion yang sesuai dengan pribadi dan ingin terlihat seperti apa, untuk dipake moment apa baju yang dipilih. Bahkan sekarang RMLC sudah tau kalau produkku ada yang riject, entah itu jahitan, serat atau bahkan motifnya ada bercak sedikit akan tau. 

Dan yang terpenting itu apakah nyaman dan yang sesuaikan dengan budget. Aku sangat mengerti, karena kondisi dan posisi kita sama sebagai wanita, istri dan seorang ibu. 

Aku sebagai fashion designer selalu ingin bisa memberikan pilihan yang terbaik dan terlengkap, pilihan dan keputusan kembali lagi ke customer sendiri. Ada yang bilang sayang kalau nggak punya koleksi lengkap dari yang aku keluarkan, ada juga yang bilang terlalu cepat dalam meluncurkan koleksi, ada juga yang bilang adduuuhh bagus semua sampai bingung dan pengen semua, kebawa mimpi pengen yang itu tapi ternyata udah habis kalah gercep nih. Setelah beli ada yang bilang lebih bagus aslinya daripada yang di layar monitor, ada yang bilang abis beli baju riamiranda jadi dipuji suami atau bahkan jadi dapat teman baru karena pas di mushola pinjem mukena terus kenalan karena sama sama pakai produk riamiranda. 

Cerita itu yang selalu bikin aku semangat, bikin aku jadi lebih positif thinking ditengah banyaknya produk tiruan yang makin kesini makin menjadi-jadi semakin mirip, semakin nggak ngerti etika bahwa motif dan logo riamiranda itu sudah ada hak paten. Selama ini aku tutup mata dan telinga akan hal ini karena cerita dari customer bikin aku lebih legowo dan merasa tetap harus terus berkarya.. 

Fashion untuk dinikmati..
Fashion sebagai bahasa pertama yang bisa menjelaskan siapa kita tanpa harus berbicara. 
If you love it then wear it, if not then forget it. 
But I hope for #riamiranda, there's always love on it.

Love,



Ria