ALL TIME PAGEVIEWS
1,797,783
BLOG ARCHIVE
19/09/2018

Rahasia Bisnis di Industri Kreatif


udah nggak asing lagi dong ya namanya Industri Kreatif di negara kita, melalui Badan Ekonomi Kreatif, pemerintah udah mulai memperhatikan potensi dari energi anak muda dalam berkarya. Jadi seperti yang aku post di Instagram beberapa hari lalu tentang masa depan anakku nantinya itu nggak harus jadi dokter, insinyur, arsitek, PNS atau segala titel pekerjaan yang dulu diharapkan sama orang tua kita. 

Dengan adanya industri kreatif ini, kita mau usaha jasa barbershop juga bisa menghasilkan. Atau bisnis jualan kopi, atau pisang goreng? kenapa enggak, semua yang dulu dianggap nggak presige tapi ternyata bisa menhasilkan dan seru. 

Butuh waktu lama memang buat usaha yang aku jalanin sama team ini bisa catch up dan menjadi pemain di industri kreatif, khususnya yaa bisa satu sinergi dengan team. karena buatku industri fashion ini sangat erat sama SDM, hampir semua produk riamiranda ini dibuat dari handmade, terutama untuk brand riamiranda signature. 

Nggak gampang memang mengurus, menata dan mengembangkan 120 pegawai yang ada di kantor. Mulai dari perbedaan latar belakang, pendidikan bahkan sampai ke tujuan mereka bekerja. Nggak semuanya bekerja punya tujuan untuk mendapatkan gaji besar, contohnya untuk team kreatif.. dimana buat mereka itu akan lebih bermakna jika apa yang kita diskusikan bersama, ide mereka bisa di wujudkan dalam sebuah konsep nyata. 


Beda lagi dengan team produksi, penjahit borongan yang memang mengejar target produksi agar mendapatkan gaji besar sesuai dengan apa yang dikerjakannya. 

Seru ya?
ini tantagan banget buatku, meskipun alhamdulillah sekarang sudah ada team HRD yang handle ini semua. Karyawan itu aset buat kita, aku pengen mereka happy kerja dan berkarya disini.
Peran HRD tentu sangat krusial, karena kita harus bisa ngejaga motivasi, ritme kerja dan yang utama adalah fokus pada solusi disetiap tantangan yang kita hadapi.

Kayak tahun ini tuh tantangannya ada di bagian produksi, dimana tim kreatif lagi pengen explore menggunakan berbagai macam jenis kain tapi nggak semuanya cocok untuk dikerjakan dengan sistem yang selama ini kita kerjakan.
Tantangan banget deh..

Buat bisa mendata ini semua, alhamdulillah kita udah pakai sistem HCMS ( Human Capital Management System) dari vendor yang udah lama kita pakai software berbasis web-based dengan menggunakan server Cloud jadi kantor nggak perlu investasi untuk server lagi yaitu  Prime Solution Abadi.  

Disini selain untuk ngurusin payrol atau gaji, juga bisa mendata bagaimana tracking perkembangan setiap individu karyawan yang dipakai sama tim HRD.
Fitur yang ada dalam software HCMS sangat user friendly, jadi mudah digunakan. Bisa juga konsultasi ngobrol lebih banyak tentang kebutuhan kita mau sejauh mana mengembangkan karyawan, plus supaya sesuai dengan undang-undang negara kaan..
Dengan menggunakan software HCMS semuanya jadi mudah dan Paperless, mulai dari pengajuan lembur, data absen, jumlah training yang sudah dilalui karyawan semua jadi lebih baik dan sistematis.

Apa saja tahapan yang sudah dilalui, termasuk sampai ke pengawasan terhadap key performance indicator (KPI), udah satu tahun ini kita pakai KPI. Sebelumnya hanya evaluasi akhir tahun aja. kalau kamu penasaran sama sistem ini menghubungi Mbak Inne owner Prime Solution Abadi ke 021. 7972503 atau ke 0816709680.

Seru banget kalau udah bahas masalah karyawan dengan team HRD, rasanya seneng bisa ngeliat karyawan kita tuh mau berkembang dan dikasih tantangan terus. 
Salah satunya ya itu, dikasih informasi sama suamiku supaya karyawan ikutan workshop tentang transformasi hidup. meskipun nggak ada hubungannya dengan fashion, tapi hal ini bisa bikin mind set berubah. karena apa sih sebenernya yang dicari dari bekerja?
mencari rezeki? padahal Allah sudah menentukan rezeki tiap orang, apa yang kita lakukan dengan bekerja adalah salah satu bentuk upaya untuk menjemput rezeki itu tadi. 



Rezeki juga nggak akan ketuker, aku ngerasain banget kok.. dalam industri fashion ini apalagi busana muslim kan ya, katanya lagi naik daun. jadi banyaaaakk yang akhirnya bikin baju. tapi yaa ada aja kok yang masih loyal sama brand riamiranda. karena apa? karena kita nggak jualan produk busana muslim, ada banyak value of life ; friendship, personal development, social bahkan sampai filosofi hidup. 


POPULAR POSTS THIS MONTH

Cerita Aksara

Jujur nih yaa, aku tuh suka banget nanya ke diriku sendiri belakangan ini...“Apa lagi ya, yang ...

Rahasia Bisnis di Industri Kreatif

udah nggak asing lagi dong ya namanya Industri Kreatif di negara kita, melalui Badan Ekonomi ...

Cerita Intertwine

Intertwine...Hmmm Kira-kira apa ya maknanya? Kalau penasaran lanjut baca ceritaku ini ...