ALL TIME PAGEVIEWS
1,431,711
BLOG ARCHIVE
14/10/2015

Clean up Time!

Oke.. sejak Kinara pulang dari RSPI rasanya masih ada yang kurang dikamarnya.. bukan karena dekorasinya kurang meriah tapi lebih ke kebersihan mendalam. Memang udah dibersihin dengan maksimal? Tiba-tiba liat di instagram ada jasa penghisap debu dan tungau di kasur. Langsung inget kalau sejak awal kita nggak pernah bersihin kasur dengan serius. 

 

Apa sih tungau itu? 

Tungau yang biasa berada di tempat tidur, sofa, dan karpet disebut dengan tungau debu atau bahasa latinnya dermatophagoides pteronyssinus. Ukurannya hanya 0,5 mm sehingga tak kasat mata. Namun, kehadiran tungau ini bisa dirasakan, misalnya dengan bentol-bentol setelah bangun tidur, gatal-gatal, atau merasa sesak nafas dan timbul alergi. Nah kalau ini Katya pernah ngalamin, bentol dan gatal2. Aku pikir ini alergi aja ternyata bukan, ternyata itu tuh tungau debu!

Tungau debu ini yang merupakan pemicu utama berbagai macam alergi. Hal ini disebabkan tungau mengeluarkan enzim protease bersamaan dengan kotoran yang tentu mengganggu kesehatan manusia. 

Makanan tungau yang hidup di pemukiman manusia adalah kulit manusia yang mengelupas atau sisa-sisa materi organik lainnya. Pada saat tidur, manusia akan mengeluarkan keringat, minyak dan sel kulit mati lebih banyak sehingga tungau senang. Bersamaan dengan itu tungau tersebut akan mengeluarkan kotoran yang menjadi satu dengan debu. Debu yang bercampur kotoran tungau itulah yang menyebabkan alergi.

Oke nggak usah terlalu jelas penjelasan tentang tungau, ngeliatnya di google image aja udah geli sendiri ngebayangin dia jalan diatas kulit kita dan kita nggak bisa ngeliat.


Ini dia Cara Membasmi Tungau!!! 


Untuk membasmi tungau bukan hal yang sulit, yaitu dengan cara membersihkannya. Ya, kebersihan memang menjadi faktor utama dalam perkembangan tungau. 

1. Usahakan bersihkan sofa, karpet, dan kasur Anda minimal dua minggu sekali. Angkat semua sprei, sarung bantal dan guling kemudian cuci dengan menggunakan air panas yang telah dicampur deterjen. Setelah itu jemur di tempat yang panas hingga kering.

2. Hal lain yang perlu selalu diperhatikan adalah temperatur ruangan. Segala jenis hewan parasit menyukai tempat yang lembab. Perhatikan ventilasi rumah agar cahaya matahari bisa masuk dengan optimal. Panas matahari akan menekan perkembangbiakan tungau. Aku membiasakan untuk buka jendela setiap pagi supaya sirkulasi udara berjalan diruangan.

3. Menjemur kasur dan sofa secara berkala. 


Berikut beberapa tips khusus mengusir tungau dari rumah (sumber click disini):



1. Ganti sprei kasur



Sprei ataupun penutup kasur Anda haruslah diganti paling tidak seminggu sekali. Namun, tidak hanya diganti, Anda juga harus memperhatikan cara membersihkannya.

"Gunakan air hangat untuk mencuci sprei untuk menghilangkan tungau," ujar dokter yang berpraktik di RSCM ini.



2. Gunakan vacuum cleaner



Malas menggotong kasur dan menjemurnya setiap pagi? 
Vacuum cleaner menjadi rekomendasi para ahli imunologi dan alergi untuk menghilangkan tungau dan debu penyebab alergi.



3. Gunakan daya sedot yang besar



Vacuum cleaner yang baik untuk menghilangkan tungau dan debu penyebab alergi adalah yang memiliki daya sedot yang besar, semakin kencang daya sedot vacuum cleaner maka semakin baik dan bersih hasilnya.



4. Rajin membersihkan vacuum cleaner



Percuma mengandalkan vacuum cleaner untuk menyedot debu di kasur ataupun sofa, jika debu yang sudah tertampung malah menumpuk di dalam alat. 

Penampung debu vacuum cleaner terbagi menjadi dua jenis, yang berkantong, dan tanpa kantong (bagless). Keduanya memiliki prinsip yang tidak jauh berbeda.

 Membersihkan debu dalam penampung pun harus diperhatikan, yaitu dekat dengan tempat sampah dan jauh dari kasur ataupun sofa agar debu dan tungau tidak kembali lagi.

 Ribet yaa.. udah beli alatnya mahal, harus perhatiin hal ini juga.

5. Vacuum cleaner khusus



Gunakan vacuum cleaner yang dapat menjangkau daerah sudut rumah yang sulit untuk dijangkau agar dapat menghasilkan bersih yang maksimal.

Bila tanda-tanda tungau masih ada seperti serangan alergi pada anak-anak atau ada anggota keluarga yang tiba-tiba menderita asma, sebaiknya bersihkan seluruh rumah beserta isinya dengan antiseptik agar tungau-tungau dapat dibasmi.


Nah point 5 itu kan kita harus investasi beli alat vacuum cleaner yang memang nggak murah. Tapi apa iya kita butuh alat itu setiap hari? Solusinya kita cari vendor yang bisa bantu untuk hal ini. 

Kebetulan aku liat di Instagram ada jasa vacuum cleaner yang bersih dan rapih, dengan alat yang seharga 20juta ini kita cukup bayar 175ribu untuk kasur. 


HydroClean bisa mengangkat debu dan kotoran dari kasur, sofa, karpet bahkan sampe 20 cm kedalamannya. Solusi banget kaan? Kita bisa liat langsung hasil kotoran yang menempel dan jadi satu dengan air.

Penting banget sih, sebaiknya rutin. Karena pikir2 bukan senyaman apa kasur atau sofa kita, tapi sebersih apa mereka dan seaman apa untuk anak kita. At the end yang sehat itu akan lebih baik daripada yang mahal atau nyaman. 


Semoga membantu yaahh sharing ini.. sebagai sesama ibu muda yang juga ada kegiatan diluar rumah tapi tetap harus jaga kebersihan rumah. 


Love,




Ria









POPULAR POSTS THIS MONTH

Jakarta Fashion Week 2018

Bulan Oktober ini sudah jadi jadwal perayaan fashion week di seluruh dunia, termasuk ...

riamiranda Annual Trunk Show 2018

Assalamualaikum..Waktu rasanya cepat sekali berjalan, nggak kerasa banget ini udah mau akhir tahun ...

aku dan HIJUP.com

Assalamualaikum..Hmm.. kalau ngebahas tentang RMTS itu nggak habis habis sih.. soalnya memang ada ...