ALL TIME PAGEVIEWS
1,292,575
BLOG ARCHIVE
15/04/2015

Cara Merawat Kain ala Riamiranda #ButuhSteamIron

Sebagai fashion designer aku dituntut harus tau ragam kain tradisional Indonesia, bahkan beberapa fashion show mewajibkan untuk menggunakan kain tradisional tsb. Tentunya nggak hanya memakai, tapi tau cara merawatnya. Selain baca buku atau referensi dari rekan kerja ya berdasarkan pengalaman juga. Supaya nggak mengalami kejadian yang merugikan, seperti kain menjadi rusak seperti yang aku alami, di blog ini aku akan berbagi tips cara merawat kain, khususnya untuk tenun, brokat / lace dan batik.


Tenun
Tenun atau songket butuh perawatan khusus, kebayang dong jangan sampai yang buatnya udah susah dan lama tapi kita nggak ngerawat dengan baik. 
Nah ini beberapa tips untuk perawatan kain tenun yang selama ini aku lakukan : 
Pertama, Kenali dulu jenis kainnya. 
kalau dari bahan sutra cucilah dengan dry clean. tapi kalau bahan katun bisa dicuci sendiri dengan tangan. Please hindari detergen, karena bisa merusak warnanya. Beberapa kain tenun bahkan menggunakan pewarna alami, takutnya luntur kalau pakai detergen.
Kedua, pakailah lerak yang biasa digunakan untuk cuci bahan batik karena bisa membuat bahan lebih cerah tapi nggak luntur.
Ketiga, jangan direndam yah, karena bisa merusak kain. Cukup di kucek sebentar terus dibilas deh. 
Terakhir kalau mau jemur jangan langsung dibawah sinar matahari, nanti bisa belang kainnya. Cukup di angin-anginkan atau dibawah kanopi. Jangan lupa bajunya dibalik pas mau setrika atau pakai Phillips Steam Iron supaya lebih sempurna hasilnya.

Brokat
Sekarang gimana cara merawat kain dari bahan brokat atau lace. 
Struktur kain bahan brokat itu rentan, sama spt bahan kain tenun. Teksturnya yang membuat kain ini indah dan unik. Kebanyakan kain ini dipakai untuk membuat kebaya, dress atau sering dipakai untuk aksesoris pemanis dari baju yang simple. 

Ini cara perawatan yang biasanya aku lakukan : 
Mencuci
Usahakan cuci dengan tangan, cukup di kucek aja, rendam sebentar. apalagi kalau bajunya ada payet. Kalau ada noda cukup oleskan jeruk nipis sebelum merendam pakain di area yang terkena noda, terus di kucek. Jangan pernah menyikat bahan lace, nanti seratnya ketarik.
Kalau jarang dipakai, sebaiknya hanya di angin - anginkan saja.
Menjemur
Jangan menjemur dengan di gantung, karena nanti bisa berubah bentuknya atau seperti ketarik. Letakan saja di bidang datar biar kena angin tanpa harus terkena matahari langsung. 
Bisa juga menggunakan Phillips Steam Iron untuk proses akhir.
Jangan pakai kapur barus yah, karena beberapa bahan lace tidak tahan dengan kapur barus. Sebagai gantinya letakkan silica gel untuk menghindari jamur. Keluarkan baju 1 - 2 bulan sekali, yaa sekalian ngerapihin lemari deh.

Batik
Siapa yang nggak punya batik? rasanya hampir semua sudah punya yaa..
Perawatannya paling gampang sih, apalagi untuk yang bahan katun. Tapi tetap perlu ada perhatian khusus seperti : 
1. jangan pakai detergen, bisa mengikis warna pada kain. Pakailah lerak, banyak dijual dipasaran kok
2. Dikucek lembut aja, terutama pada bagian yang kotor, jangan di peras juga.
3. Sama seperti yang lain, jangan jemur langsung kena matahari.
4. Kalau mau setrika, bajunya dibalik atau dilapisi kain lain.
5. Jangan menggunakan penyemprot pewangi pelembut langsung ke baju, cukup dengan semprotkan air saja kok. Kalau mau wangi pake parfum aja.
6. Kalau bahan batiknya dari sutra, cukup di dry clean atau setrika dengan Phillips Steam Iron. Hasilnya sama seperti dry clean.

Kelihatannya ribet ya, tapi sebenarnya nggak kok. apalagi kan kita nggak setiap hari pakai bahan diatas, intinya sih kita jangan cuma bisa pakai aja tapi juga bisa merawatnya. Supaya nanti bisa diwariskan ke anak kita dan kainnya bisa menjadi history. 

Karena sukanya ngerawat kain sendiri, akhirnya aku punya steam iron. Bedanya dengan iron biasa adalah ini Steam Iron fungsinya sama seperti Steamer yang aku pakai untuk fashion show di backstage. Daya uap air yang panas bisa merapihkan serat kain yang kusut, plus hanya menggunakan air saja (gunakan air mineral ya kalau air keran di rumah kurang baik).
Sudah lama pakai merek Phillips, selain kuat design unik bentuknya juga ergonomis. Jadi kalau mau pergi dan liat kainnya kusust, langsung aja steam sebentar.


Selamat mencoba yah.


Love


Ria






POPULAR POSTS THIS MONTH

Surprise Birthday Party!

AlhamdulillahJuly adalah memang bulan yang selalu ku nantikan setelah Ramadhan, karena I was born ...

#keluargarosadi Liburan Bali

Liburan Katya masih lama dan biasanya kalau di rumah suka ada aja drama-nya. Akhirnya kita ...