ALL TIME PAGEVIEWS
1,431,694
BLOG ARCHIVE
20/06/2014

my #travelinstyle to Japan : Kyoto

Nah dari Osaka kita menuju ke Kyoto, tadinya nggak masuk ke list perjalanan. Tapi pas baca buku dan liat banyak banget objek wisata yang tradisional bisa dikunjungi jadilah kita putuskan semalam di Kyoto.
Kyoto itu pusat kebudayaan Jepang, banyak banget kuil yang ada disini. Karena banyak list yang mau kita kunjungi, maka kita sewa taxi besar yang muat semuanya. Lagi lagi ini diatur sama temen di Jepang.

Sebenernya aku nggak begitu tertarik dengan sejarah kuil seperti ini, tapi begitu lihat lokasinya bagus banget dan jadi tau gimana berkuasanya dulu jaman Jepang. Beberapa spot bisa aku ambil untuk photoshoot travel in style.

Style selama di Kyoto, karena udara lumyan lebih dingin sedikit ditambah cuaca yang gloomy jadi aku pake sesuatu yang simple aja.
cream shirt + knit cardigans + chino jeans + sneakers + Cath Kidston bag.


photo by Andri Syarif

photo by Andri Syarif

Ini kotak ajaib yang selalu aku bawa, isinya ya produk Wardah yang setia menemani dan menjaga kelembaban dan kesegaran badan.

photo by Andri Syarif

Kebetulan abang saya (aku manggilnya Datok Andri) dulu pernah student exchange ke Jepang, dan ikut yang namanya tea set ceremony. Nah makannya dia pengen banget untuk nyobain ini lagi, meskipun ini diluar dari ekspektasinya. Hahaha.. tapi dari upacara minum teh ini aku jadi banyak belajar bahwa ini bukan hanya minum teh saja. Tapi banyak makna dibalik semua gerakan dan tujuan dari diadakannya upacara ini. 

Mulai dari tata cara pengadukan teh, pemilihan daun pucuk teh yang berkualitas, tata cara ngelap semua peralatan yang digunakan (artinya kita mau membersihkan dari semua yang sudah pernah kita lakukan), cara memegang sendok air (yang artinya kita menghargai dan mengagumi karya seni) bahkan sampai tata cara kenapa mangkok harus diputar dulu sebelum diminum agar kita ngeliat motif yang ada dimangkok itu (artinya kita menghargai dan menikmati motif hasil seni tersebut).
Tenang aja dijelasinya dalam bahasa inggris yang jelas, pelan dan lembut. sampe ngantuk dengerinnya. hahaha

Di Kyoto orang memang lebih memperhatikan packaging, tata cara penyajian makanan, mulai dari pemilihan alat makan sampai dengan gimana disimpan dimeja. mirip kalau masakan perancis yang juga memperhatikan seni dalam makanan.

Nah ini orang jepang yang ngajarin dan ngasih tau tentang tradisi minum teh di Jepang, waktunya sekitar 1 jam deh. Kalau ada waktu lowong, cobain aja ikutan acara ini. tapi kalau sebentar waktunya ya mending nggak usah sih..



Habis diajarin, kita dikasih kesempatan untuk nyobain bikin sendiri sesuai dengan tata caranya. Mulai dari ngelap alatnya sampai menuangkan air kedalam mangkuknya.


Udara agak panas sedikit, jadi perlu touch up sedikit pake Wardah Cosmetic Compact Powder.


Abis dari tradisi minum teh, kita langsung berangkat ke kuil yang terdekat.
Sebelum ke kuil itu kita ngelewatin jalanan area Gion - Higashima yang terkenal dan masih terjaga keasliannya. Pas banget kita datang itu lagi ada 2 perempuan yang pake kimono dan naik becak yang ditarik sama laki-laki. Mereka itu bukan penduduk asli, tapi turis yang emang ambil paket untuk naik becak ini. 
Sebenernya kita juga bisa bikin paket kayak gini ya kayak di Jogja.. pakein blankon sama kebaya jadul terus naik becak ke daerah keraton abis itu dikasih minum teh. 
hmm good idea!




Ini isatana tempat dimana kaisar / shogun pemerintahan jaman dulu. Tempat ini terkenal karena banyak banget keputusan penting dibuat disini. Sayangnya nggak boleh photo didalam. 


ini namanya golden temple, pas kita datang udah sore dan hampir mau tutup. untungnya udara mendukung banget meskipun agak mendung tapi masih nyaman untuk jalan.





Lokasi kuil terakhir itu ke Fushimi Inari Shrine, karena tutupnya paling akhir.
Kenapa pengen kesini karena ini lokasi yang dipake sama Geisha shooting, didalamnya ada banyak banget kayu berwarna merah ke - orange-nan, itu artinya warna tsb yang paling tinggi diantara warna lainnya.




Aku paling sering pake BB Cream dari Wardah ini, selain praktis cream ini bener-bener bisa menjaga kelembaban dan bikin make up nempel dengan merata.





Makan malam kita diajak sama temen suami ke restorant fine dining di daerah Gion. Ini area district yang terkenal diman akita bisa ketemu sama Geisha, udah ada yang pernah nonton film Memoar of Geisha?
Geisha itu bukan PSK loh, mereka itu wanita dengan keahlian tinggi yang bisa entertain tamunya. mulai dari menari, menyajikan makanan sampai dengan membuat bahan untuk bisa menghibur tamu.
Tapi aku nggak ditemenin sama Geisha kok, mahal banget pastinya.

Makanan yang dimakan alhamdulillah insyaAllah halal, karena udah info bahwa kita nggak makan babi atau pun yang mengandungnya. Jadilah disajikan makanan sushi sashimi!!
aku kan nggak terlalu sukaa.. hikss..

Cuman ikan goreng kecil itu yang bisa aku nikmatin dari 6 jenis makanan yang dihidangkan.
Yang hitam itu adalah cumi dengan tinta hitam asli.. kental dan kayak lendir. yaikss..
Itu daging angsa dan yang kayak kodok itu beans / biji bijian. nah yang kayak agar-agar itu memang agar-agar, tapiii didalamnya sushi. Aku skip makan yang itu..


Nah itu dia tadi cerita selama di Kyoto, sebenernya masih banyak yang bisa di explore di Kyoto. pengen bisa nyobain naik becak yang didorong sama orang dan nyobain pakai kimono selama disana. Tapi waktunya kurang..

Dari Kyoto kita menuju Tokyo pake shinkansen / bullet train, kebetulan hotel kita nginep depannya Kyoto Station. Jadi deket mau kemana-mana juga. Hari ini aku pake shawl HARU dan style yang santai dengan rok bahan kaos plus sneakers.

photo by Andri Syarif



Selama disana yang banyak bantu kita adalah Hiroshi, dia yang nemenin seharian selama di Kyoto. 
Hampir semua photo yang ditampilin disini pake smartphone Sony Experia Z2, kecuali beberapa photo yang pake kamera Nikon punya Datok, dengan kualitas kamera 20,7MP dan features yang mumpuni jadi nggak perlu pake kamera DSLR lagi.

Sebenernya mungkin 3 hari cukup untuk bisa explore Kyoto lebih lama lagi, tapi waktunya nggak cukup.. InsyaAllah mau kok balik lagi kesini kalau ada kesempatan.



POPULAR POSTS THIS MONTH

Jakarta Fashion Week 2018

Bulan Oktober ini sudah jadi jadwal perayaan fashion week di seluruh dunia, termasuk ...

riamiranda Annual Trunk Show 2018

Assalamualaikum..Waktu rasanya cepat sekali berjalan, nggak kerasa banget ini udah mau akhir tahun ...

aku dan HIJUP.com

Assalamualaikum..Hmm.. kalau ngebahas tentang RMTS itu nggak habis habis sih.. soalnya memang ada ...