ALL TIME PAGEVIEWS
17/10/2017

London Trip 2017

Assalamualaikum..

Beberapa bulan sebelum haji aku diajak Wardah untuk ke London dalam rangka acara PPI di Warwick. Tapi karena bertepatan dengan proses administrasi visa haji jadinya aku mengundurkan diri dari event tersebut. Karena visa UK sudah jadi, makannya aku dan suami memutuskan untuk tetap ke London sekalian #TravelinStyle juga ceritanya. Awalnya berat juga karena ninggalin anak anak lagi, bahkan kepikiran mau ngajak Katya. Tapi judulnya akan lebih ke kids activity dibandingkan Travel in Style atau nggak sempet waktu untuk research cari inspirasi.

Jadi aku nurut aja apa kata suamiku deh, dan ternyata memang bener.. aku ngerasa quality time kita lebih berasa.. Lebih santai dan enjoy the city. Aku pengen sharing apa yang aku lakukan selama di London, kali aja ada yang mau kesana juga mungkin ini bisa jadi referensi.

So this is my London Trip story...

Awalnya seminggu rasanya kelamaan, mau ngapain juga selama itu di London? Tapi suamiku sudah ngurusin semuanya, tiket, hotel, itinerary semua udah rapih urusan beginian dia paling seneng sih. Kebanyakan kita kalau traveling nggak ikutan tour travel, jadi nekat aja gitu explore sendiri.

Ke London pake Garuda Indonesia GA86 transit satu jam di Changi Aiport. Karena perjalanan siang bawannya pengen tidur tapi mata nggak bisa merem juga.. lumayan lama sekitar 13 jam dipesawat.

Selama di London yang selalu aku bawa ya peralatan kosmetik dari Wardah, terutama Lip Cream warna baru ini. Ada enam warna yang semuanya pas banget sama outfit ala Autumn Winter kali ini.

Sampai di London jam 18.00 pengen naik uber tapi ternyata uber disana lagi bermasalah juga. Jadinya kita milih naik taxi deh.. lumayan juga sekitar 60pound dari Heatrow sampe ke Marble Arch Station. Kita nginep di Cumberland Hotel, deket sama station. Tips kalau memilih hotel yang penting deket sama station, kenapa pilih hotel karena lebih simple dari breakfast sampe beresin kamar dll. Aku pikir juga kan akan nitip koper pas check out, jadi enak ada jasa concierge. Jangan lupa baca juga review orang di Trip Advisor, karena meskipun nama hotelnya sebagus Hilton tapi belum tentu loh service-nya bagus.

Begitu keluar hotel udah dapet Marble Arch, jadilah kepengen photo. Pas banget hari pertama kita jetlag, jadi bangun tidurnya kecepetan. Mau jalan jalan tapi toko juga belum pada buka..

Untuk yang pertama kali ke London sebaiknya di hari pertama naik Hop on Hop Off aja, jadi semua tempat mainstream langsung diberesin di hari pertama. Mulai dari Buckingham, Trafalgar Square, Westminster, Tower Bridge sampe ke Picadilly Circus. Jadi setelah itu semua beres akan ada waktu untuk shopping atau main di taman. Ada beberapa taman yang bagus seperti Kensington Palace, St James Park. Cobain sewa sepeda Santander untk keliling taman, jadi nggak capek jalan. Kalau mau main sama angsa yang paling bagus di Kensington Palace, Hyde Park.

Tower Bridge kan wajib yah, cuman memang agak jauh dari daerah Westminster / Big Ben. Jadi pas ke daerah ini sekalian mampir ke Tate Modern. Kalau ada waktu pas main ke daerah Tower Bridge ini mampir ke Bricklane deh, station Aldgate.

Yang pasti selama di London akan banyak jalan kaki, naik tube / bis kemana mana. Kalau naik taxi udah mahal macet juga, karena jalanan disini tuh cuman muat 2 mobil, nggak segede jalan sudirman di Jakarta. Kebanyakan disini malahan orang naik sepeda.

Fitzroy Square juga seru, sebenernya ini hanya taman di tengah dan rumah-rumah yang unik dengan pintu warna warni. Tapi karena ini sudah ada di list to visit-nya jadilah kita mampir kesini. Jalan lumayan jauh dari Marylebone kesini, abis itu minta pijitin kakinya sama suami..

Nah kalau belanja aku ada beberapa tempat kayak :
1. Selfridges, ini tempat favoritku sih. Layoutnya open, interiornya modern skandinavian, terus mudah nyarinya. maksudnya inget gitu loh bagian-bagiannya.

2. Harrods, ini memang tempat iconic. Apalagi kalau malam lampunya bagus deh.. ada 11,500pcs lampu (kalau kata bukunya suamiku). interiornya bergaya mesir, arab banget deh. banyak sekat kayak labirin, susah ngapalinnya. Kebanyakan yang datang kesini pada photo di patung Lady Di dan Dody Alfayed. Yang punya memang ayahnya Dody Al Fayed, no wonder yang belanja kesini kebanyakan orang arab.

3. Long Acre, disini ada COS, Arket dan &other stories, TK Maxx tempatnya daerah Covent Garden dimana banyak banget cafe dan resto disini.
4. Regent Street, ini jalanan yang selama ini aku liat di photo, ternyata emang seru, mulai dari Apple Store, COS, Burberry ada semua disini. Jalan terus di Regent St sampai ke Picadilly Circus untuk photo deh di patungnya.  Deket situ ada Cinnabon, favoritku yang dulu sempet ada di PIM tapi sekarang udah tutup.

5. Carnaby Street, ini semacam gang deket Regent Street, tapi isinya toko kecil yang unik dan iseng masuk ternyata lucu-lucu.

6. Hamleys!, masuk kesini dan bawaannya terpesona dengan cara SPG nya menawarkan dan memperagakan cara mainan mereka. kebanyakan itu lebih ke art and craft, gambar dan beberapa boneka. Aku nggak photo soalnya udah heboh duluan ngeliat mainan yang ada disini.
7. Primark Oxford Street, disini yang terbesar, 2 lantai dan murah banget.. cari aja oleh oleh disini. Cari aja oleh-oleh baju disini pas banget, atau baju anak yang lucu dan murah. Ada dong baju harganya Rp.25ribu.. Primark Oxford buka jam 8 pagi, lebih nyaman belanja awal. terus belanjanya titipin di concierge hotel.
8. Bicester Village, buatku ini tuh kayak gong-nya, kalau selama jalan di London kita check harga aja, nah pas di Bicester ini kita baru kaget kalau disini lebih murah. Nggak tau kenapa selama di Bicester ini suamiku mesra banget, pegang tangan kadang ngerangkul.. Ternyata itu strategi dia buat supaya aku nggak masuk masuk ke toko.. Hahaha.. Maaf caranya kurang ampuh.. Hahaha..
Oya.. Jangan lupa kita juga bisa nukerin VAT refund disini, bisa langsung dapet cash in return. Jangan lupa kalau mau minta struk VAT refund kita kumpulin dulu semua struk belanjaan supaya nanti dalam 1 struk aja.
Jangan lupa sholat di Bicester, karena musholla nya nyaman banget, deket sama Celine store. Terus cobain makan simply noodle deket Tumi lalu ngemil makan Crepes!! enak banget crepes-nyaa..

Oya aku ke London juga karena ada sepupuku yang lagi tinggal di London karena suaminya dapat beasiswa LPDP. Mereka udah setahun dan mau balik ke Jakarta. Dulu janjinya mau nengokin, makannya pas banget ini sebelum mereka pulang aku datang.

Kalau tempat makan juga seru, aku udah dikasih list sama temen sebelum berangkat. Alhamdulillah beberapa sempet didatangi itu kayak :
1. Duck & Waffle, di Heron Tower lantai 40. mesti reserved dulu, makannya bebek pake waffle dan telor mata sapi. Tapi rasanya enaakkk banget..

2. Burger & Lobster, ini deket sama Bond St Station di Oxford Street. Makan lobsternya deh, rasanya enak banget.

3. Wasabi, Makan disini aku ngeliatnya orang London yang sibuk, makannya cepet dan ringkas. Kalau kangen sama nasi makan disini enak juga.
4. Sketch, akhirnya kesampaian juga makan di sini. Karena toiletnya lucu! mesti reserved dan harganya 58pound / orang untuk makan cake lucu dan teh. Lumayan mahal tapi worth dengan bisa masuk ke toiletnya yang unik banget.

5. Monocle Cafe, ini cafe yang diincer sama suamiku, lokasinya di Chiltern St didepannya ada Chiltern Firehouse yang enak juga untuk brunch.

6. Nero dan Costa ini coffee shop yang ada dimana-mana. Kalau udah mulai ngantuk baru deh mesen kopi ini, dari kedua itu aku paling suka sama Costa.
7. Pret A Manger, ini aku cobain karena penasaran soalnya ada dimana-mana.. Makannya kayak sandwich, salad, roti gitu-gitu deh.
8. Simit Sarayi, nyobain pas di Mekkah. Ternyata enak dan halal, aku makan yang di Oxford St pas lagi laper tapi pengennya ngemil aja.

Selama di London kita kebanyakan naik Tube.. Mestinya dari awal kita udah pake Oyster Card yang seminggu di zone 1-2, jadi lebih mudah dan selain tube kita bisa pake untuk naik bis. Lebih enak karena bisa duduk di atas, kan double decker bus, sambil ngeliat view kota dan berhenti didepan toko yang kita mau. Kalau bingung download aja Apps Citymapper, itu gampang banget ngebacanya.

Tube disini kebanyakan tangga, jalannya kecil kecil, tapi keretanya cepet banget datang, jadi kita nggak mesti nunggu lama. Aku sempet loh naik train pas rush hour jam pulang kerja. Penuh sesak rasanya takut diantara orang besar yang pada pulang kerja.

Kita suka sama museum, jadi kita mampir ke National History Museum yang isinya bagus banget, jadi kepikiran ajak Katya Kinara kesini. Liat dinosaurus, dan proses evolusi manusia. Mampir juga ke Tate Modern yang isinya banyak sekali inspirasi seni modern yang bisa aku aplikasikan untuk koleksi berikutnya. Shop store-nya juga seru!

Notting Hill adalah lokasi yang oke buat photoshoot, kebetulan aku pake jasa Sweet Escape. Kalau mau tau gimana hasil dan ceritanya nanti aku akan share di post berikutnya yaa..

Selain London aku juga sempet road trip naik mobil, sewa di Avis Budget. Gampang kok, setir kanan terus ada GPS. Kita ke Oxford dan Cambridge. Aku akan cerita di next post yaa.. soalnya banyak yang mau diceritain.

Selama di London ini aku banyak dapat inspirasi di taman, ngeliat angsa yang cantik putih dan gede. Kita malah disamperin mereka karena mereka minta makan, kasih aja roti seru juga walaupun deg degan takut di sosor angsa. Aku juga ngeliat gimana mereka menghargai perbedaan, SPG-nya ada yang pake hijab dong. Sementara di dept store jakarta ini malah harus dibuka, katanya menghargai agama lain. Dijalanan London juga aku ngeliat gimana perbedaan nggak jadi masalah, semua sama dan seru-seru aja tuh. Duduk di cafe sambil memperhatikan orang yang lalu lalang itu ternyata seru, aku memperhatikan bagaimana mereka berpakaian, cara ngomong, ekspresinya dll.

Sebelum pulang aku sempetin ke taman lagi, kali ini di Kensington Palace Garden. Satu jam disana sambil main sama angsa yang bikin aku ada inspirasi dan ide untuk koleksi 2018 nanti.

Aku juga sempetin mampir ke Grand Mosque di London, pengen tau gimana didalamnya. Sempetin sholat dzuhur disana berjamaah, sekalian lunch di kantinnya. Ketemu sama keluarga yang suaminya lagi study dan istri anak2nya lagi datang ke London. Terus ngobrol sama suami selama dijalan abis dari masjid tadi, kita pikir orang Indonesia hidup enak mewah di London. Ternyata kebanyakan dari mereka berjuang banget loh untuk bisa survive dan hidup di kota yang living cost-nya tingi banget!! air minum aja Rp.20,000. Jadi kita harus bersyukur loh hidup di Indonesia terutama di Jakarta, kemana mana gampang ada gojek juga. Parkiran murah, makanan halal banyak, semua mudah dan terkadang kita terlalu nge-gampangin peraturan yang udah dibuat sama pemerintah.

Nah disini point kalau kita traveling tuh jadi bisa mensyukuri apa yang kita punya dan selama ini nggak kita syukuri. Ada point of view baru yang bisa kita lihat dan pelajari dari traveling dan ini yang aku suka.

Pulangnya kita naik pesawat Garuda lagi GA87, alhamdulillah ini direct flight dan malam. Jadi di pesawat tidur aja, sampe di Jakarta maghrib.

Love,

Ria

POPULAR POSTS THIS MONTH

Jakarta Fashion Week 2018

Bulan Oktober ini sudah jadi jadwal perayaan fashion week di seluruh dunia, termasuk ...

riamiranda Annual Trunk Show 2018

Assalamualaikum..Waktu rasanya cepat sekali berjalan, nggak kerasa banget ini udah mau akhir tahun ...

aku dan HIJUP.com

Assalamualaikum..Hmm.. kalau ngebahas tentang RMTS itu nggak habis habis sih.. soalnya memang ada ...