ALL TIME PAGEVIEWS
1,431,713
BLOG ARCHIVE
15/09/2016

#riamirandaChicagoTrip with BEKRAF

Alhamdulillah.. setelah perjalanan panjang merintis brand ini akhirnya perlahan mulai ada hasil dan bisa diappreciate orang lain. Kali ini rejeki datang dari BEKRAF (Badan Ekonomi Kreatif) yang memang sedang gencar untuk memajukan industri kreatif salah satunya adalah fashion muslim. 

Setelah submit business plan dan lookbook ternyata brandku terpilih untuk mewakili Indonesia bersama Bekraf dan ITPC Chicago untuk ikut Trade Show di Chicago, USA. Jadi prosesnya emang panjang untuk bisa ikutan event ini, BEKRAF nggak cuma ngeliat brand ini keren aja designnya tapi yang bisa disesuaikan dengan market Amerika dan punya long term business plan.. gitu kira-kira katanya kurator.




Awalnya suami aja yang berangkat dan di support travel grant oleh BEKRAF, karena ini lebih ke trade show dan urusan bisnis development. Tapi pas ngobrol dan begitu tau ada tim wardah yang berangkat juga, jadilah aku diajak Wardah untuk berangkat juga. Persiapannya cuman sebulan, daftar VISA juga mepet.. untung bisa di approve. Jadi visa passport di ambil lusa langsung berangkat.. rasanya mau ke Amerika kayak mau ke Singapur aja.

Nggak pernah mimpi ada rencana ke Amerika. Karena ini bukan tujuan negara yang aku banget sih (awalnya loh).. aku lebih suka Jepang, Europe gitu.. Mungkin karena kejauhan juga dan nggak ada gambaran akan seperti apa. Pikiranku amerika itu rame, riweuh sama orang-orang. Perjalanan kali ini kita bisa berangkat barenng dan di pesawat sampe 23 jam dengan satu kali transit di Narita Jepang. 


Jadi selama di perjalanan #riaetuchicagotrip ini kita akan bikin beberapa project dengan Wardah. Salahsatunya kita akan sharing tentang intense matte lipstik yang udah hits dan ada 12 warna. Bisa represents personality aku dan Etu yang berbeda banget.. jadi seru kan perjalanan ini ada misinya.



Begitu sampe kita langsung istirahat. meskipun hotel kita di Rosemont agak jauh dari Downtown atau pusat kota. Jadi ini kayak BSD dan tradeshow kita di ICE, BSD. Jadi jauh kan dari pusat kotanya..

Hari pertama aku udah siap, jetlag nggak berasa karena excited banget. ditambah udara Chicago yang dingin dan hangat kayak di puncak. Sebenernya masih summer sih, tapi karena ini Chicago jadi windy atau berangin banget. 


Alhamdulillah keren banget booth Indonesia ini, di support oleh Bekraf dan Koordinasi dengan ITPC Chicago. Semua sudah disiapkan dengan sangat baik dan rapih, kita para designer tinggal bawa baju dan lookbook serta planning kalau kemungkinan ada yang mau kerjasama wholesale. Tugasku sebenernya disini sudah diwakili oleh suamiku, tapi aku juga ikut jaga booth dan ngobrol sama beberapa tamu yang minta hijab tutorial dadakan.



Tadaaa.. ini dia designer Indonesia yang terpilih kurasi Bekraf untuk berangkat ke Chicago. Ada ETU, L.Tru, Kami, Kaima dan aku sendiri deh.. Seneng rasanya beberapa diantara kita memulai semuanya barengan, dan kita bisa bareng terus sampe ditahap ini bareng juga.
Mmm.. itu ada 2 anak bayi juga ikutan jaga dan tugas loh sampe malam di booth yang memang tutup sampe jam 10.00 malam..


Styling outfitku simple tapi formal, karena tau akan berdiri lama dan jalan terus aku prefer pakai flat shoes. 


Jadi fashion muslim di Amerika yang aku lihat selama pameran memang nggak bisa dibilang itu menggambarkan kondisi disana. Karena yang datang kebanyakan keluarga, jarang ada anak muda-nya hanya beberapa. Baju yang dipilih juga yang bahan polosan, dimana aku udah jarang main bahan polosan. Kategori bajuku masuk ke kategori cocktail dress karena bahan satin dan ada pattern. 
Dari segi pricing untuk bazaar seperti ini juga kisaran maksimal USD 100, jadi nggak bisa expect untuk branding tinggi karena ini memang untuk kalangan mass market. 
Dibandingkan booth lain, booth Indonesia paling simple. Nggak terlalu jualan tapi keliatan beda dari yang lain. Baju kita unik, cara mix and match juga bagus. Sementara yang lain jualan baju sari india lengkap dengan payet dll, atau yang lumayan rame juga itu jualan baju simple bahan jersey / spandek.

Market amerika memang keren kalau bisa masuk, tapi aku melihat potential market masih ada di dalam negeri sendiri. Aku pengen juga bisa masuk ke international market, tapi dengan prosedur dan proses yang bener. Kalau itu masih susah dilakukan mendingan fokus sama domestik market dulu.

Bahan baju kita dibilang beyond good.. it's beautiful. pattern dan cutting juga simple, sizing mereka sama kayak kita kok. malah ada yang minta ukuran petite..

Jadi trip kali ini sangat berkesan. Melihat pameran besar di amerika, ternyata pameran IFW kita di JCC juga kece kok, pengaturan booth dll kita juga bagus dan lebih rapih.


Love,



Ria


POPULAR POSTS THIS MONTH

Jakarta Fashion Week 2018

Bulan Oktober ini sudah jadi jadwal perayaan fashion week di seluruh dunia, termasuk ...

riamiranda Annual Trunk Show 2018

Assalamualaikum..Waktu rasanya cepat sekali berjalan, nggak kerasa banget ini udah mau akhir tahun ...

aku dan HIJUP.com

Assalamualaikum..Hmm.. kalau ngebahas tentang RMTS itu nggak habis habis sih.. soalnya memang ada ...