ALL TIME PAGEVIEWS
1,264,068
BLOG ARCHIVE
23/08/2016

#riamirandaBelitongTrip Day 1

Pagi ini hari terakhir di Belitong, sebelum ke bandara rencana mau berenang di hotel tapi karena ujan jadi anak-anak main sama kakek dan neneknya dikamar sebelah. Rasanya ada waktu untuk nulis di blog.. Selama perjalanan aku catet semua hal di handphone jadi proses nulisnya bisa dimana aja tinggal copy paste ke blog deh..

Udah lamaa banget pengen bisa ke Belitung, sering banget denger cerita kalau disini baguus banget.. Bahkan lebih bagus dari Bali.
Tiba-tiba suamiku bilang ya udah berangkat yuk.. Beneran nggak terlalu dipersiapkan jauh hari, pas banget lagi ada mama dan papa di Jakarta. Sekalian deh nyenengin orang tua. Karena ini dadakan, suamiku nyari travel agent yang bisa bantu arrange perjalanan kita di Belitong. Alhamdulillah dapet melalui instagram, namanya Belitung Amazing.. click disini deh.. 
langsung pesen untuk sekeluarga dan kita kasih tau kalau kita bawa bayi. 

Nyobain berangkat pake pesawat Garuda Indonesia seri Bombardier dari Terminal 3 yang baru.. gedeee banget tapi emang masih belum 100%, jadi masih banyak yang belum siap. Bangun jam berangkat dari rumah jam 4 pagi, Katya dan Kina masih belum mandi. 


Alhamdulillah mendarat, pesawatnya enak, cepet dan nggak turbulens. Padahal udah deg-degan karena duduknya 2 - 2 jadi sempit gitu. Jadi ada pengalaman baru dehh.. Bandara di Tanjung Pandan memang belum bagus, jadi kecil banget.. sayang padahal potensinya besar.. Mudah-mudahan segera punya bandara internasional, supaya tamu asing bisa enjoy Belitung jugaa.



Sampai di Belitong kita langsung sarapan Mie Belitong. Ini mirip sama mie celor di Palembang tapi bumbu kuah-nya kayak kuah bistik gitu. Enak!! Porsinya juga pas, nggak terlalu kenyang.. cukup aja gitu..


Pilihan hotel ada banyak, tapi kita pilih di Billiton karena di tengah kota lebih tenang kamarnya nggak terlalu banyak dan makanan enak. Itu review dari semua orang.. Alhamdulillah enak, bersih dan simpel aja.

Habis dari check in drop baggage di hotel Billiton, kita langsung ke Lemadang Resto. Disini istirahat sebentar lalu kita siap-siap naik speedboat mau ke pulau-pulau. Lemadang ini resto gede, lokasinya sebelahan sama lokasi shooting Laskar Pelangi yang batu gede itu.. Mereka punya 100 nelayan untuk nyari hasil laut, selain untuk di jual keluar kota juga dikonsumsi untuk tamu restoran. Kualitasnya jelas seger, karena setiap hari ada hasil laut yang fresh!



Perjalanan menuju pulau-pulau nggak terlalu lama, karena naik speedboat. Awan putih langit biru ombak tenang pemandangan setiap laut kita liat batu gede-gedee.. MasyaAllah ini beneran baguss.. Begitu sampai pulau lautnya langsung bening bangeett.. Langit ceraah sekali alhamdulilah tapi emang panas sih, jadi jangan lupa bawa sunblock SPF 50 yang bagus.



Pit stop pertama kita ke sand bank, kalau air surut ada gundukan pasir putih di tengah laut. Semua perahu berhenti disitu dan main air.. Yang bikin seru adalah ada banyak bintang laut yang langsung keliatan dan bisa kita pegang langsung.. 
Bedanya travel agent kita satu-satunya yang punya speedboat, sementara yang lain pake perahu kayu gitu. Jadi kita bisa save time selama perjalanan..
Katya awalnya takut pegang bintang laut , tapi lama-lama langsung berani dan nggak mau dilepas.. padahal kalau sudah mengkerut harus segera di kembaliin ke air laut loh..





Tenang aja ini bintang lautnya cuma sebentar aja, nanti kalau udah mengkerut kita balikin lagi ke laut kok...



Setelah dari sand bank, kita ke area snorkling. Aku sih nggak ikutan tapi cukup puas ngeliat beningnya air laut dan kita bisa kasih makan ikan dengan biskuit yang sengaja dibawa sama travel agent.

Batu berlayar.. juga ini salat satu yang terbaik.. kita bisa turun dan photo diantara bebatuan yang gedeee banget.. Aku jadi ngerasa kecil dan kuasa Allah itu besar banget. Ngeliat batu sebesar itu dan kita kecil.. Ini pengalaman pribadi sih jadinya setiap traveling aku emang suka kayak refleksiin diri gitu. tadabur alam melihat kekuasaan Allah melalui alamnya.




Cerita sedikit tentang batu gede itu yahh..
Jadi kualitas batu Belitung itu paling kuat dibanding pulau lain di Indonesia.. Jaman dulu batu itu keluar dari dalam bumi .. awalnya aku berpikir itu jatoh dari langit loh..
Eh tapi ternyata emang disini terkenal dengan batu meteorit namanya batu satam. Batu Satam ini jadi simbol di tengah kota Belitong, kalau mau liat deket banget sama hotel Billiton. 
Nah orang Belanda dulu nyebut batu Satam itu Billiton, sehingga kenapa kota ini disebut Belitong.. (ini cerita dari tour guide orang lokal).

Mau main jetski bisa loh.. ada tambahan biayanya sekitar sejuta per jam.




Nah photo dibawah ini lagi dibatu Laskar Pelangi, gimana sebuah film bisa membuat suatu kota jadi lebih hidup dan meningkatkan pariwisata banget dehh..






Ada beberapa keunggulan travel kita ini :
1. Cuma mereka yang punya speedboat, sementara travel lain ngajak tamu-nya pakai perahu kayu. 
2. Koneksi dengan beberapa tempat yang nyaman, makanan enak karena kebetulan yang punya adalah saudara dan keluarga sendiri.
3. Pake tour guide lokal, jadi kita bisa belajar sejarah kota Belitung juga. Coba belajar bahasa daerahnya deh..
4. Buat travel kita, makanan itu penting. Jadi sepanjang jalan kita dikasih makan terus mulai dari ikan napoleon, udang lobster sampe cemilan ubi atau pisang goreng (pisang gorengnya enak beneran). 

Di hari pertama seruuu bangett..
aku senengg bangett Katya juga happy banget dehh.. Meskipun badan capek dan ngantuk.. tapi tidurnya jadi nyenyak banget..

Alhamdulillah..

Love,


Ria

POPULAR POSTS THIS MONTH

Wardah Ramadhan Gathering 2017

Rabu 14 Juni 2017, jadi moment silaturahmi keluarga besar Wardah Cosmetics di bulan Ramadhan. Sama ...

Photo Keluarga 2017

Assalamualaikum dari Keluarga Rosadi..Yup, kita emang belum punya photo keluarga yang bener ...

Masuk di Artikel Elle UK!

Tiba tiba di kirim WhatsApp sama Wiwid Howat, temenku yang tinggal di Sydney, kalau brand ...

riamiranda Web Series - Sans Titre

Bismillah..Tahun 2017 memang sudah direncanakan oleh management untuk lebih aktif di digital, mau ...