BLOG ARCHIVE
28/11/2018

Kolase 2019

Trend Modest Fashion 2019 dari kacamata RiaMiranda.


Fashion. 
Satu industri yang mau tidak mau memaksa kita untuk terus berlari. 
Aku pribadi sangat merasakan itu, Tim desain selalu diskusi setiap ada waktu. 
Mencoba melakukan kolaborasi dengan konsep fashion yang ada. 
Bagaimana inovasi harus jadi sesuatu yang terus dilakukan bagi pegiat fashion.

Capek ga? 
Jawabanya kalau secara fisik pastinya udah makin berasa ya.. apalagi sejak punya baby itu rasanya lebih mudah capek. Tapi kalau secara batin, sih semua terasa ringan. bahkan suka lupa waktu.. kalau capek pikiran udah pasti enggak karena aku dan tim mengerjakan sesuatu sesuai dengan passion kita dan kita berusaha ikhlas dengan semua prosesnya. dan kalau di kantor itu ada leadership model dalam bekerja kita harus happy, sebagai pondasi kalau kerja di kantor.

Kali ini aku mau cerita sedikit tentang tren tahun 2019 yang berusaha aku ingin tampilkan di brand Riamiranda. Aku juga pengen share sedikit tentang apa aja yang akan aku tampilkan di looks RMTS.
Inilah trend modest fashion 2019 dari kacamata Ria Miranda.


Jadi kalau penasaran, baca terus ya….



Aku dan Head dari departemen desain, Nindra, selalu berusaha untuk diskusi, mengamati tren yang ada. Bagaimana kita berusaha tetap mengeluarkan idealisme ditengah demand pasar yang tentunya ga selalu sama dengan selera kita. 

Nah ini salah satu rahasia supaya hidup balance dalam bekerja dan punya keluarga, yaitu delegasi. Sudah lama aku punya team design sendiri. Cara kerjanya semua konsep akan datang dariku, terutama untuk koleksi yang akan fashion show. dari situ team akan brainstorm bareng bareng, detail apa aja yang akan kita tampilkan. Banyak masukan yang justru bikin aku ngeliat memperkaya koleksiku. 
Ketika banyak kepala justru prosesnya makin panjang, tapi ya itu tantangannya. emang selalu ada tantangan disetiap langkah kita, terkadang sedikit bikin pusing tapi aku lebih fokus ke keseruannya. Gimana proses panjang dari membuat karya berupa koleksi-koleksi ku jadi lebih bearti.

Fashion yang bergerak begitu cepat, bikin aku harus up to date.  
Lagi-lagi kuncinya di brainstorming sama tim. 
Berterimakasih dikasih tim desain yang solid, loyal banget (Nindra itu mulainya dari proses magang sampe sekarang punya anak) .. kita semua sudah tau karakter aku dan saling dukung satu sama lain. Pokoknya dengan punya tim yang happy, InsyaAllah gak bakal ada kendala yang bearti dalam mengerjakan pekerjaan mereka. 

Lembur? Nggak! 
Aku selalu encourage team supaya jangan biasain lembur, karena harus punya personal life. sama keluarga, temen atau untuk diri sendiri. Jadi orang kreatif itu ya harus terbuka dan melihat banyak diluar sana ada apa. Kalau semua jadwal sudah bener, insyaAllah sudah bisa di prediksi kaann.. 
Tapi untuk show ini kita beberapa kali lembur bareng apalagi mendekati show.




Ini meeting akbar dengan semua vendor dan panitia untuk segala persiapan..


Meeting final dengan koerografer dan music director.
Ada banyak masukan baru untuk bikin gimana mood show bisa berjalan enak.. orang nggak bosen. mulai dari mata / visual sampe ke mood audio.. 
jadi fashion show itu bukan hanya baju aja, tapi juga music, lighting dan koreografi. 
Semua saling berhubungan dan nggak ada yang lebih menonjol.
disini perlu koordinasi dan kerjasama yang baik.


Tahun 2019 pasti ada pergeseran trend fashion. 
Beberapa brand fashion sudah banyak memberikan asumsi tentang tren fashion yang akan digandrungi di tahun 2019. Salah satunya adalah tentang warna yang akan digemari tahun depan.  
Beberapa yakin kalau warna pastel akan digandrungi di awal tahun 2019. Kenapa? karena ini warna komersil, semua wanita pasti suka warna pastel dan girly feminin yang gemes gitu.. 
dan nantinya akan diikuti dengan tren warna-warna cerah diakhir tahun, sebagai warna khas tiap tahun. 

Aku coba adopsi hal itu dalam koleksi-koleksi aku nantinya, termasuk pada koleksi yang aku hadirkanya di RMTS 2019. Aku akan menampilkan dari warna warna pastel yang sedikit bergerak ke arah warna-warna fresh seperti yellow lime, hijau emerald, khakis, cerulean blue dan terracotta. 

dalam hati "eh MasyaAllah ini beneran nih warna ini.." tapi setelah dilihat secara keseluruhan dari look pertama sampai akhir jadi kelihatan kok benang merahnya..


Pada penasaran kan? 
Tenang... aku juga penasaran dan gak sabar menampilkan koleksi yang melalui proses panjang ini. Meskipun warnanya tidak lagi full pastel tapi aku tetap berusaha mengkolaborasikan identitas brand Riamiranda yang ada dan pastinya yang  dihadirkan akan dikemas tanpa mengurangi sisi feminitas dari seorang wanita yang selalu aku coba highlight dari setiap koleksiku.

Dalam tren baju muslim 2019 sendiri aku rasa potongan busana simple akan digandrungi. Meski simple akan ada detail-detail cantik di beberapa bagian sehingga meski terlihat clean tetap akan menunjukkan sisi fashionista mereka. 

Sekarang itu sudah mulai bergeser dari yang awalnya "yuk berhijab" sekarang "yuk berhijab yang sesuai dengan aturan-nya" meskipun butuh waktu tapi udah mulai keliatan pergerakannya.. Lalu gimana aku bisa memvisualkan, ya melalui styling scarf dari yang diiket seperti tahun sebelumnya jadi ada beberapa yang syari' atau menutup dada dengan styling baru.

Aku punya banyak hal baru yang jadi kejutan di RMTS yang sebelumnya gak pernah ditampilkan. Semuanya udah dipikirin matang-matang, bagaimana koleksi yang dihadirkan tetap Ria Miranda banget meskipun mengikuti tren yang ada di tahun depan dan yang paling penting aku selipkan idealisme-idealisme ku dan tim desainer di koleksi ini. Semoga dengan begitu, semua orang bisa puas dengan apa yang kita tampilin ya. 

Pattern yang aku tampilin tetap memiliki cerita meskipun proporsi-nya akan berbeda. 
Ukuran pattern akan sedikit lebih besar dan pop up dari biasanya sesuai dengan tren digital pattern yang ada.  Aku tetap mempertahankan komitmen aku, dimana aku pengen banget ngebagi satu value yang bermakna bagi setiap yang pake baju buatanku.

Teknik pembuatan dari koleksi yang aku buat bervariasi. Aku coba menggabungkan berbagai teknik yang terlihat gak lumrah untuk disatukan tapi hasilnya justru menambahkan nilai seni tersendiri. Mulai dari teknik anyaman, teknik makrame dari benang yang beneran dianyam, teknik drapping sampai ke penggabungan beberapa tekstur kain dalam satu look. Beberapa terlihat penuh layer sebagai styling aja, beberapa akan terlihat simple clean.. 
Aku akui kalau koleksi RMTS 2019 memang terinspirasi dari kolaborasi antara seni dan fashion. 

Inspirasi ini aku dapat ketika aku mengunjungi Amsterdam dan melihat-lihat keindahan seni di Rijksmuseum.  Aku langsung menyadari fashion dan seni adalah dua hal yang indah dan keduanya bisa dikolaborasikan dan aku coba untuk mengkolaborasikan keduanya dalam koleksi yang aku hadirkan di RMTS. Ada pattern berupa lukisan yang jadi representasi seni dan cuttingan yang khas serta tone warna yang jadi identitas dari fashion. 

Ada beberapa looks yang sengaja dibuat untuk menimbulkan wow effect saat show sekaligus bentuk dari idealism aku dan tim. Inget yaa hanya untuk surprise element, belum tentu akan di produksi loh.. 
Di RMTS 2019 kan yang ditampilkan dari koleksi Riamiranda Signature jadi detail-detail payet cantik masih jadi salah satu highlight yang mau ditampilkan. Koleksi RMTS2019 melibatkan pengrajin-pengrajin yang memang sudah ahli dalam memayet dan menambah detail cantik pada pakaian. 

Perubahan yang ada di RMTS 2019 ini untuk menunjukkan bahwa brand Riamiranda siap untuk moving forward dengan branding baru dan semangat baru. Aku pengen mengambil langkah nyata untuk menunjukkan keseriusanku dalam mendukung mimpi Indonesia sebagai kiblat fashion muslim dunia.

InsyaAllah aku tetap berkomitmen untuk memegang pakem busana muslim dengan memberikan cutting-an busana tetap pada di koridornya. Jadi aku tetap akan menampilkan look yang loose dan non-body shaping. 

Kalau dulu aku mikirnya, kira-kira koleksi ini bakalan hits nggak ya.. tapi kalau sekarang kira kira koleksi ini akan membawa manfaat apa ya untuk muslimah?

Banyak kejutan di tahun 2019, termasuk satu dekade brand Riamiranda.  Ada banyak koleksi juga yang yang sudah aku persiapkan. Beberapa koleksi punya detail yang sebelumnya belum pernah aku tampilkan. Inovasi yang aku lakukan ini semoga selalu dinanti ya… 
Aamiin.

Jika segala sesuatu sudah direncanakan, diatur sedemikian rupa.. 
namun pada dasarnya kembali lagi kepada yang Maha Pencipta dan Pengatur.
Tidak ada yang sempurna dan aku tau pasti itu.
Aku bukan orang yang perfeksionis, karena memang tidak ada.
Aku ingin apa yang sudah dipersiapkan dari awal tahun 2018 ini bisa memberikan manfaat.. barokah.. untuk semua yang datang.
Kita sudah all out, semua riamiranda team sudah berusaha semaksimal mungkin.
Ku kembalikan kepada Mu.. Mohon bimbingan dan pengaturan yang terbaik untuk semua.
Agar semua perjalanan dari luar kota yang hadir untuk acara ini bisa diberikan jalan kemudahan dan keselamatan.



Bismillah semoga dimudahkan dan tetap jadi brand muslim pilihan RMLC dan teman-teman yaah.
Sampai ketemu hari Jumat yaa…

ALL TIME PAGEVIEWS

1,868,710

POPULAR POSTS THIS MONTH

Kolase 2019

Trend Modest Fashion 2019 dari kacamata RiaMiranda.Fashion. Satu industri yang mau tidak mau ...

RMTS 2019 - The Show

Nah, sekarang aku mau cerita bagian show RMTS kemaren. Pasti banyak yang sadar bahwa ...

How to enjoy RMTS 2019

Hari yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga...Perasaan baru kemarin awal meeting untuk bahas ...

Dedare - FW 2018 Collection

Kemaren aku udah cerita lengkap ya tentang RMTS.. masihh berasa banget euphoria nya.. aku masih cek ...

RMTS 2019 - The Ambience

Jumat tanggl 30 November 2018 adalah hari yang paling ditunggu banyak orang, khususnya RMLC. Datang ...