BLOG ARCHIVE
21/10/2018

Hello Jakarta Fashion Week 2019

Kalau sudah bulan Oktober, pasti kantor lagi seru-serunya…  
Riamiranda Tim harus gerak serba cepet karena ada dua event yang perlu kita kejar. 
Satu Jakarta Fashion Week dan satu lagi RMTS…. 
Cerita RMTS masih di hold ya, ada banyak cerita yang pengen aku share segeraa… soo excited.. 

Sekarang aku lagi pengen cerita tentang pagelaran Jakarta Fashion Week 2019 kemarin.. Kalau mau tau lebih lanjut, baca terus yaa….. 



Jakarta Fashion Week, event tahunan yang selalu bikin aku deg-degan. masuk tahun ke 11 ini jujur meski sudah ikut banyak Fashion Show, rasanya tetap deg-degan apalagi JFW..  Kenapa? karena yang hadir bukan cuma keluarga, customer aja tapi juga media yang kritikannya sangat didengar oleh industri fashion Indonesia. 

Di JFW2019 Sabtu tanggal 20 kemarin,  aku nampilin Dedare. 
Dedare ini berasal dari kata apa ya? 
Dedare itu sebutan Gadis dari Suku Sasak yang ada di Lombok. 
Dedare ini sudah aku siapin setahun yang lalu, sesuai dengan tema besar yang diangkat yaitu komitmen. 

Loh apa hubungannya Seoul sama Lombok..
scroll terus yaa..






Jauh sebelum Wardah bikin konsep The Unstappable You, aku udah siapin koleksi Dedare ini untuk JFW. 
Pas tau temanya tentang Seoul aku langsung cari ide supaya dapet nuansa Korea tapi ada unsur tradisional Lombok. 
"Wardah kasih challenge nih, yang beda dari konsep awal.. apa solusinya ya?" begitu pikirku dalam hati. 

Entah akhir tahun 2017 atau awal tahun 2018, dapat kesempatan ketemu sama ibu Erica Majdi - istri Gubernur NTB, ngobrol2 terus bikin satu rencana tahunan untuk mengangkat Lombok. Mulai dari ikutan fashion on the street di Mataram, Sharing Business sama team ke UKM se Lombok nah gong-nya adalah di JFW ini. 
Berhubung kemarin ada musibah di Lombok memang aku jadi ragu, tapi niatku semoga ini bisa jadi penyemangat orang Lombok, khususnya RMLC bahwa koleksi ini untuk memberikan gambaran tentang sosok Dedare yang sesungguhnya. Bangkit meskipun sedang terpuruk. 
kalau ngebahas tentang Lombok aku sangat bis ngerasain sih gimana kondisi disana, karena selalu di update keadaannya.. 
Apalagi di sana ada partner yang udah dekat banget sama aku, Mbak Nita dan RMLC Lombok yang sudah seperti saudara.. 

Begitu dikabarin kondisi yang buruk itu, ada sebuah inisiatif dari team dan RMLC untuk buka donasi… aku pikir ini saatnya bergerak nggak boleh diem diri (padahal masih baru lahiran tuh), akhirnya donasi dibuka selama kurang dari seminggu..
Alhamdulillah terkumpul sejumlah dana untuk membantu sedikit kebutuhan sehari-sehari beberapa saudara kita di 5 desa di wilayah Lombok Barat yang mengalami kerusakan parah saat itu… dan beberapa tenda untuk berlindung. Alhamdulillah, RMLC Lombok bisa terjun langsung untuk pembagian donasi yang terkumpul. Aku makasih banget sama mereka, karena aku yakin saat itu mereka juga masih takut, karena selalu ada gempa susulan yang gak berhenti..  Disinilah aku melihat RMLC itu nggak selalu tentang fashion, gercep dll yang diberitakan negatif sama orang lain.

Kita berdoa bareng-bareng supaya saudara kita dimanapun bisa selalu ada dalam lindungan Allah SWT. Sedih banget ngelihat bencana-bencana yang lagi dialami sama saudara –saudara kita. Terakhir, bencana di Palu kembali bikin aku jadi mawas diri.. harus bener-bener ingat sama Sang Pencipta di setiap kesempatan, karena kita gak pernah tau apa yang akan terjadi. 

...
sedih yaa..
tapi udah dulu sedihnya yaa..
Nah balik lagi bahas JFW ya... soalnya ada hubungannya nih.
Jadi Wardah mencoba highlight City Girl melalui “The Unstoppable You” di JFW2019, untuk menunjukkan perempuan masa kini yang punya mobilitas tinggi dengan kepribadian mandiri yang tangguh. Aku rasa tema itu cocok banget untuk menggambarkan anak gadis asal suku sasak. Mereka merupakan gadis gadis mandiri, yang teguh dalam menggampai impian. 

Aku lihat emang ada koneksi antara keduanya. Sikap dan karakter kuat yang bisa di explore lebih lagi. Makanya dedare jadi koleksi yang aku tampilkan. Kesan wanita yang kuat berusaha aku tunjukkin banget, dari potongan dan pemilihan warna yang ditampilkan.

Pattern yang ditampilin dikoleksi ini merupakan pattern yang terinspirasi dari motif kain songket Subahnale asal Desa Sukarara. Subhanale diambil dari kata Subhanallah, - Maha Suci Allah. Menurut cerita, saking sulitnya motif tenun dari kain Subhanale, para perempuan asal Desa Sukarara selalu bertasbih dengan mengucap Subhanallah. Cerita lengkap tentang tenun lombok bisa di cek disini yaa

Untuk masalah muse, disiapkan oleh Wardah. Awalnya udah deg-degan karena takut aja gak sesuai karakter yang ditampilkan. Alhamdulillah banget dapat kabar Mesty lagi… JFW 2018 tahun lalu sama Mesty dan Tante Arti Ariotedjo, mamahnya Mesty merupakan muse aku. Saat itu rasa haru dapat banget melihat hubungan keduanya yang seakan harmonis banget ketika jalan bersama dan pegangan tangan. Tahun lalu Mesty sama aku sama sama belum hamil, JFW tahun ini kita berdua udah punya anak bayi.. Seneng bisa jadi bagian bersama dengan Mesty.

Aku bersyukur banget karena karakter mandiri, manis dan teguh sosok perempuannya dapat banget dari Mesty. 
Mesty memang sosok yang inspiratif, dia  gak Cuma cantik tapi juga sosok yang peduli banget sama lingkungan.  
Kalau tau sama hal-hal yang Mesty lakuin, pasti bakal jatuh hati sama Mesty.. seperti aku yang salut banget sama sosok wanita seperti Mesty ini.
 
noet : foto diambil dari berbagai sumber

Semua tampilan make up model, muse dan aku pada malam itu pakai Wardah Instaperfect. Make up terbaru dari Wardah yang baru rilis beberapa minggu lalu. Aku salut dengan kualitasnya serta packagingnya yang cantik banget….

Terimakasih banget buat team make up wardah yang stay fit meski banyak banget  project yang harus dikerjain. Mereka semua talented banget, kebetulan kemaren selain mengangkat tema yang identik dengan city girl, trend Make Up: The Unstoppable You juga ditampilkan. 

Ada enam look dari semua designer yang ada dislot wardah kali ini.. Seoul yang jadi trend make up dari koleksi Dedare, Dubai, Jakarta, Tokyo, New York dan Paris. 

Terinspirasi dari trend make up dari Seoul yang jadi tema kemarin, aku bikin twist di beberapa looks, dengan menampilkan koleksi dedare jadi punya feel korea banget. Semoga feeling kolaborasi antara tradisional dan internasionalnya bisa kerasa yaaa. 

JFW kali ini ada Vidi Aldiano, yang bikin acara makin menyenangkan dan enak banget untuk dinikmati. Selain dimanjain sama looks-looks dari trend fashion yang disiapin desainer, trend make up The Unstoppable you dari Wardah, Undangan juga dimanjain sama alunan musik dan suara dari entertainment dari Iskandar Wijaya. Alhamdulillah, semoga berkesan yaa dan bikin happy semua yang hadir saat JFW kemarin. 

Jujur awalnya kerasa banget capeknya persiapan JFW karena beriringan dengan persiapan RMTS2019, tapi hilang begitu para model keluar dengan baju Dedare, gimana para tamu yang datang terlihat antusias dengan koleksi Dedare. Aku juga bisa lihat beberapa RMLC yang gak bisa nyembunyiin excitement mereka. Sabar yaa… karena Dedare rilisnya saat RMTS2019.



Momen di backstage jadi momen sakral yang istimewa, di tempat ini semua orang sibuk.. 
Model, stylist.. timekeeper, aku juga suka turun langsung buat mastiin semuanya sesuai dengan yang direncanakan. Terutama, untuk style Muse aku…



Terima kasih buat @pvra.official untuk alas kakinya (ini adalah koleksi kolaborasi kita berdua loohh)..
dan tas anyaman rotan dari @halwa.indonesia baguuss bangett

click disini untuk lihat instagram stories-ku di event JFW kemarin.

Sekarang yang tersedia ada koleksi Senjakala dari Riamiranda Signature di fashion Bazaar JFW di lantai 8 the Hall Senayan City. 
Udah bisa mulai dibeli di tanggal 22 Oktober.. 

Nanti launching resmi di HORM dan bisa belanja online di tanggal 27 Oktober ya.. Bisa jadi pilihan baju buat nanti RMTS ya… 
Jadi gak sabar ketemu RMLC dari Aceh sampai Lombok nih.. 

Jadi bahas RMTS2019.. 
Cerita RMTS nanti aku bakal share kesini ditunggu aja yaa. InsyaAllah kita bisa ketemu dan bareng-bareng lagi di RMTS2019. 

Catat ya tanggalnya, 30 November…

#WardahforJFW2019 #riamirandaJFW2019

ALL TIME PAGEVIEWS

1,869,554

POPULAR POSTS THIS MONTH

Kolase 2019

Trend Modest Fashion 2019 dari kacamata RiaMiranda.Fashion. Satu industri yang mau tidak mau ...

RMTS 2019 - The Show

Nah, sekarang aku mau cerita bagian show RMTS kemaren. Pasti banyak yang sadar bahwa ...

How to enjoy RMTS 2019

Hari yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga...Perasaan baru kemarin awal meeting untuk bahas ...

Dedare - FW 2018 Collection

Kemaren aku udah cerita lengkap ya tentang RMTS.. masihh berasa banget euphoria nya.. aku masih cek ...

RMTS 2019 - The Ambience

Jumat tanggl 30 November 2018 adalah hari yang paling ditunggu banyak orang, khususnya RMLC. Datang ...