BLOG ARCHIVE
17/10/2018

Cerita Intertwine

Intertwine...

Hmmm Kira-kira apa ya maknanya? 
Kalau penasaran lanjut baca ceritaku ini ya…



Sebelumnya aku pernah cerita kaan.. kalau berkarya di dunia fashion itu rasanya seperti terus berlari, gak ada waktu istirahat buat terus kasih yang terbaik buat teman-teman yang sudah setia menanti karyaku. Ibaratnya kalau kita lagi isi bensin eh mobil lain udah nyalip duluan.. inovasi, segala hal baru yang bahkan kita nggak kepikiran kesana itu orang sudah ngerjain.

Takjub sih kalau ngeliat berbagai hal hebat yang dilakukan sama orang hebat di industri kreatif.

Nah balik lagi ke ceritaku yang tadi ya... 
Meskipun, aku seperti berlari, aku gak mau bikin karya yang asal-asalan… 
dan rasanya pengen menampilkan sesuatu sesuai dengan yang aku inginkan.. 
bukan cuman karena market demand aja..
Kalau di kantor itu ada bagian sales and marketing yang biasanya akan drive design yang sesuai dengan market demand, sementara dari tim design rasanya pengen bikin semua yang baru terus.
Berangkat dari itu aku coba untuk menampilkan koleksi yang aku banget… 

Aku membuat intertwine dengan latar belakang kisah persahabatan. 
Kok bisa jadinya persahabatan? 
Karena memang itu tujuan awalnya, karena koleksi intertwine ini aku banget,,, 
aku juga tampilkan sesuatu yang menurutku penting banget dalam hidupku.. yaitu persahabatan.
Aku percaya persahabatan akan membawa kita menjadi manusia yang lebih baik lagi.. 
kalau sahabat tapi justru membawa kita ke hal yang buruk. 

Bukan sahabat dong namanya.. 
Karena persahabatan yang diangkat jadi latar belakang cerita intertwine. 
Akhirnya, aku dan team desain brainstorming cukup lama, berusaha cari koneksi antara pattern dan cerita yang berusaha aku angkat. Setelah diskusi cukup panjang, akhirnya kita memutuskan untuk menjadikan motif anyaman sebagai highlight dari pattern yang kita gunakan untuk capsule collection kali ini.

Kalau kita lihat kerajinan anyaman dengan pola yang berbeda-beda, ada satu kesamaan yang bisa dilihat. Semua anyaman memiliki bentuk yang kokoh, tidak mudah robek… hal itu karena bilah-bilah anyaman yang beradu dan terkait itu justru membuat kokoh. Pesan itu yang berusaha aku sampaikan, persahabatan membuat kuat satu sama lain… menjadikan diri kita lebih baik lagi.
Motif  anyaman, tebal tipis arsiran dan motif ikatan seolah menggambarkan genggaman tangan… dari sebuah persahabatan. 

Warna pada koleksi intertwine juga benar-benar aku pikirin matang-matang. Aku berusaha mendapatkan momen persahabatan yang aku banget, jadi aku suka membayangkan sahabat-sahabatku saat proses kreatif dari intertwine. Orang-orang dan pihak-pihak yang selalu men-support aku di bidang fashion, seperti Keluarga, RMLC dan juga Wardah.


RMLC itu udah aku anggap jadi keluarga dan sahabat..mereka selalu bisa mendorong aku untuk jadi lebih baik lagi. Aku juga melihat ketulusan mereka dalam mendampingi perjalanan aku. Terkadang aku bertanya sama diriku sendiri… apa sih yang aku lakukan sampai kok dikasih nikmat orang-orang yang luar biasa baik dan selalu mendukungku ini.

Aku juga suka senang ketika bertemu dengan RMLC di event yang aku buat, atau sekedar papasan di Mall.  Aku sering melihat keakraban antar RMLC… gimana perbedaan profesi dan latar belakang itu.. ga membatasi mereka untuk membangun persahabatan yang indah. Adem banget deh ngeliatnya…. 

Kalau di liat ada dua perpaduan tone warna. Ada yang gelap dan juga terang. Nah, warna-warna ini sebenarnya mewakili beberapa produk dari Wardah… karena jujur Wardah adalah salah satu brand yang sudah banyak men-supportku dalam berinovasi di dunia fashion sejak awal.. sejak HIjabers Community baru mulai deh. Aku merasa dengan Wardah kita saling berusaha untuk memberi arti ke lingkungan sekitar. 

Jadi pas kemarin aku diundang untuk tampil show di acara Wardah Days, aku langsung jadikan intertwine jadi koleksi yang aku ingin tampilin. Pas banget karena ketika aku bikin intertwine aku memang sempat menjadikan produk produk Wardah sebagai referensi warna dari koleksi ini. 

Intertwine ditampilkan secara eksklusif di Atrium Gandaria City Mall pada saat Wardah Days tanggal 4 kemarin bareng Mas Barly, Putri dan Tatjana. Alhamdulillah, ada banyak RMLC yang datang dan kelihatan antusias sekali dengan capsule collection ini… Suasana Gancit juga ramai banget, mungkin juga karena ada performance dari Maliq d’Essential jadi orang orang merasa benar-benar terhibur sama acara Wardah Days ini..

Koleksi intertwine baru dijual besoknya, dan Cuma satu hari. Sengaja karena persediaan emang terbatas. Maklum ini kan capsule collection yang istimewa banget.. dan awalnya cuman akan dijual di web.

Aku dapat kabar baik dari tim kalau ternyata pada hari pertama penjualan di Fashion Bazaar ternyata banyak yang datang ngantri buat dapatin koleksi Intertwine, bahkan sebelum Mall buka... Untungnya, dari awal kita sudah batasin jumlah pembelian tiap customer. Cuman boleh satu baju dan satu scarf, kasian kan kalau sudah niat datang ke Gandaria City jauh-jauh buat dapat intertwine tapi malah gak kebagian….

Beberapa juga banyak yang ngontak aku via Instagram, protes kenapa cuman tersedia satu hari di Fashion Bazaar Wardah Days… karena capsule collection, jadi koleksi ini benar-benar tersedia sangat terbatas, jadi pasti ada yang gak kebagian. 

Makanya stock yang ada cuman dijual eksklusif di website aja.. dan cepat banget abis stocknya. Kita berusaha banget supaya semua bisa dapat satu-satu tapi ternyata selalu aja ada yang gak sesuai rencana. Tapi, mudah-mudahan semua tetap bisa happy dan dapat koleksi intertwine ini ya…. 

Apalagi kalau bisa pakai samaan dengan sahabat, karena pasti bakal jadi momen yang lebih istimewa.

Ini koleksi yang memang terinspirasi dari warna Wardah Cosmetic.
Kalau yang ini dari C-Defense..


Kalau ini dari warna Lipstick Wardah


Launching koleksi ini memang hanya di website, karena pengen kasih pengalaman ke customer melalui website.Inginnya sih memberikan kemudahan, tanpa harus datang ke store. tapi ternyata banyaaak dapat masukan yang membangun, saran karena semata mata aku tau customer ini pengen pake sendiri.
Fenomena jastip terus di bundling ini udah bukan kali pertama, aku selalu bilang yang jangan dibeli. kalau kita beli nanti akan ada terus oknum yang sengaja mengambil manfaat.
Khusus melalui web memang susah untuk mengetahui mana yang jastip dan bukan, karena semua yang beli harus daftar dulu. dan memang sudah dibatasi, khusus pembelian apparel.
Team website ku sampai melalukan pembatalan ke customer yang sengaja membeli lebih dari jumlah yang ditentukan.

Dari sisi lain kenapa hanya sedikit quantitynya? karena ini koleksi idealis, aku nggak ngeliat gimana market demand. aku cuma fokus sama apa yang aku suka. keliatan dari warna nya kan..
alhamdulillah ternyata antusias masih tinggi. aku ngerasa dihargai sebagai designer lokal, masih ada tempat di hati para customer. 
Insya Allah semua masukan aku baca, dan aku bahas dengan team di kantor. Jadi aku ingin memang selalu ada perbaikan meskipun kecil tapi ada perbaikan.

Semoga nggak ada yang sedih, kalaupun nggak dapat produk artikel yang diinginkan nanti bisa kita produksi ulang suatu saat nanti.
Jangan sedih, karena moment JFW nanti akan ada koleksi baru. yaitu dress of the year 2018. penasaran kan apaa?? 
tunggu postingan aku selanjutnya yaaa

#ramirandaintertwine

ALL TIME PAGEVIEWS

1,868,769

POPULAR POSTS THIS MONTH

Kolase 2019

Trend Modest Fashion 2019 dari kacamata RiaMiranda.Fashion. Satu industri yang mau tidak mau ...

RMTS 2019 - The Show

Nah, sekarang aku mau cerita bagian show RMTS kemaren. Pasti banyak yang sadar bahwa ...

How to enjoy RMTS 2019

Hari yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga...Perasaan baru kemarin awal meeting untuk bahas ...

Dedare - FW 2018 Collection

Kemaren aku udah cerita lengkap ya tentang RMTS.. masihh berasa banget euphoria nya.. aku masih cek ...

RMTS 2019 - The Ambience

Jumat tanggl 30 November 2018 adalah hari yang paling ditunggu banyak orang, khususnya RMLC. Datang ...