BLOG ARCHIVE
22/09/2018

Cerita Aksara

Jujur nih yaa, aku tuh suka banget nanya ke diriku sendiri belakangan ini...
“Apa lagi ya, yang bisa aku kasih untuk orang disekitarku?” 
"disisa umurku, terus lebih banyak manfaat apa mudharatnya ya??"
Tentunya teman diskusi yang selalu sabar dengerin ya suamiku tiap malam.. sampe dia heran 
"kamu kenapa sih mikirnya jadi berat banget belakangan ini?"


Pernah nggak sih ngerasain dalam diri, apakah yang kita lakukan selama ini bermanfaat buat diri sendiri atau lingkungan terdekat?

Buatku yang sudah berkarya di industri kreatif selama sembilan tahun ini ngerasa banget sama halnya dengan orang-orang yang bekarya dibidang lain, semuanya sama-sama punya tantangan. Kita semua dituntut buat terus berinovasi. Bukan cuma untuk menggapai hasil tapi juga berusaha menjadikan yang kita kerjakan jadi punya makna.  
Kalau di fashion tuh rasanya seperti berlari untuk terus berinovasi.

Capek.. capek pikiran sih. Apalagi kalau kita terus menerus melihat keatas, kesamping, kebelakang.. yang ada bisa malah melupakan untuk nikmatin prosesnya. 



Alhamdulillah, aku punya support system yang luar biasa. Dari suami, anak-anak sampai tim dan teman-teman yang ada disekitarku. Keberadaan mereka sangat mempermudah aku untuk tetap enjoy dan happy dalam berkarya. nikmatin prosesnya.. Tidak jarang juga kegiatan yang dilakukan bersama team malah bisa jadi sumber inspirasi untuk koleksi-koleksi yang kubuat. 

Diskusi sama orang terdekat bisa buat aku refresh lagi dan bisa berkarya lebih semangat lagi. Salah satunya AKSARA ini, koleksi yang diangkat dari hasil diskusi yang panjang dengan Tim dari tahun 2017.
aku inget banget tuh, temanya tentang komitmen. 

Jadi tahun lalu kita sepakat untuk punya komitmen ngangkat budaya bangsa tahun ini agar dapat perhatian lebih di masyarakat, khususnya di ruang lingkupku. yaaa RMLC deh.. Kali ini aku coba mengangkat budaya bangsa dari Tanah Jawa. 

Namanya Aksara.
Koleksi ini tuh terinspirasi dari pentingnya satu komunikasi. 
Makna AKSARA kan secara umum itu simbol ya. Gimana simbol itu menunjukkan kita pesan. 
Nah, AKSARA juga menurut legenda punya cerita yang menarik nih.

AKSARA mengisahkan tentang dua abdi yang setia dalam menjaga amanah. Saking setianya, mereka rela mati untuk menjaga amanah. Sikap menjaga amanah itu kan satu sikap yang harus dimiliki kita semua, amanah juga salah satu dari sikap unggulan yang Rasulullah SAW miliki.

Setelah setuju untuk ngangkat budaya Jawa, aku berusaha totalitas untuk menyajikan keseluruhan cerita dan makna yang ditampilkan pada koleksi ini. Aku berusaha cari elemen-elemen yang bisa dijadiin pattern, sekaligus research lebih mendalam lagi. Sekali lagi aku gak pengen Cuma menyajikan pattern tanpa cerita apapun. 

Aku pengen ada makna yang bisa dipetik dari pattern yang aku tampilkan. Aku lumayan banyak ngobrol dengan partner-partner yang notabenenya orang Jawa asli. Dan, aku baru tahu bahwa dalam AKSARA JAWA semua baris punya banyak makna. Salah satunya baris pertama HANACARAKA, baris ini menjelaskan tentang manusia yang lahir tanpa apa-apa dan hanya memiliki potensi yang bisa mengantarkan kita menjadi manusia yang lebih baik. 

Ketika aku tahu itu, aku langsung intropeksi diri… 
Iya, semua perjalanan selalu ada hikmahnya. 
Setelah intropeksi diri aku jadi sadar, terkadang manusia suka terlena. Merasa memiliki segalanya, semua ide adalah dariku, miliku sehingga mungkin dalam hati malah berperilaku arogan, padahal kita semua sama. 

Kita lahir nggak punya apa-apa, nantipun saat habis usia kita cuma diberi modal kain untuk menutup aurat. Yang kita miliki ya Cuma potensi. Tinggal kita mau bawa kemana potensi ini. Mau untuk kebaikan diri sendiri, atau mau memanfaatkannya untuk kebaikan sesama manusia juga.

Nah berat kaan mikirnya? pertanyaan ini yang selalu datang ketika proses kreatifnya. 

Sikap manusia yang gak pernah puas, mungkin salah satu yang buat kita lupa sama posisi kita sebagai manusia yang biasa ini. Kadang jadi merasa sombong dengan potensi yang Sang Pencipta berikan. Padahal, semua itu cuman titipan.. 
Namanya titipan, seharusnya kita bisa lebih hati-hati lagi dalam merawat “titipan” ini. Koleksi ini jadi reminder buat menjaga titipan berupa potensi yang Allah SWT kasih. 

Aku yakin kalau kita gunakan potensi ini buat kebaikan bersama. InsyaAllah, hidup kita bisa lebih berkah dan lingkungan dimana kita tinggal akan jadi tempat yang lebih baik lagi… 
Semoga sedikit-demi sedikit semua orang bisa menyadari itu ya. Kita belajar bareng-bareng untuk jadi lebih baik...

Selain baris AKSARA Jawa yang punya makna mendalam. Aku adopsi lagi elemen-elemen Jawa yang punya nilai-nilai filosofis mendalam. Misalnya, di CARAKAN Dress (yang dipake mbak Dewi Sandra disini) disitu ada ornamen tumbuhan yang menjalar yang diambil dari pattern yang ditemuin di manuskrip Jawa juga punya makna. Tumbuhan menjalar itu menunjukkan keberkahan yang Sang Pencipta kasih di Bumi.  



Nah, koleksi AKSARA yang terinspirasi dari budaya Jawa ini sengaja aku tampilkan dalam look yang punya feel vintage (beberapa motif dibuat dengan efek bladus, bahkan dalam ekperimen ke pemakaian bahan juga) khususnya di scarf.



Cutting loose dengan siluet khas sengaja dibuat untuk menyempurnakan feel itu. Pemilihan  warna earthtone juga sengaja untuk melengkapi look Fall/Winter 2018. 

Patternnya dikurasi lagi untuk berikan koleksi yang berkesan, dibuat berukuran kecil juga dibuat untuk menunjukkan kalau manusia itu kecil jadi nggak berhak sombong, karena manusia sangat kecil dimata Pencipta. Proses kreatif yang panjang dibuat dengan serius dan hati-hati. Sekali lagi supaya dapat makna dan nilai-nilai filosofis khas jawanya..

Semoga koleksi ini bisa jadi media buat aku berbagi untuk lingkunganku ya. Aamiin. 
Aku sangat terbuka untuk masukan dari koleksi ini. Apa yang disuka dan apa yang serasa kurang pas untuk ditampilkan. Aku pengen setiap koleksi bisa diterima dan bikin orang happy, jadi jangan sungkan untuk kasih masukkan ya supaya bisa kasih yang terbaik di setiap koleksi. 

Campaign koleksi ini dibuat sama Ifan Hartanto, team Wardah dan tim riamiranda dalam styling dan proses kreatifnya.



Sekali lagi mungkin ada yang tidak sempurna dalam koleksi ini, justru buatku hal itu malah membuka mata bahwa sekeren-kerennya pemikiran dan persiapan rencana tapi kita selalu ada celah untuk menjadi tidak sempurna. 
Maka nikmatilah ketidaksempurnaan kita, karena kita adalah manusia.

Kalau mau tau cerita aksara lengkap bisa click disini dari instagram story-ku.


Love,


Ria
ALL TIME PAGEVIEWS

1,862,686

POPULAR POSTS THIS MONTH

Kolase 2019

Trend Modest Fashion 2019 dari kacamata RiaMiranda.Fashion. Satu industri yang mau tidak mau ...

RMTS 2019 - The Show

Nah, sekarang aku mau cerita bagian show RMTS kemaren. Pasti banyak yang sadar bahwa ...

How to enjoy RMTS 2019

Hari yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga...Perasaan baru kemarin awal meeting untuk bahas ...

RMTS 2019 - The Ambience

Jumat tanggl 30 November 2018 adalah hari yang paling ditunggu banyak orang, khususnya RMLC. Datang ...

Dedare - FW 2018 Collection

Kemaren aku udah cerita lengkap ya tentang RMTS.. masihh berasa banget euphoria nya.. aku masih cek ...