ALL TIME PAGEVIEWS
1,227,819
BLOG ARCHIVE
01/06/2016

riamiranda SEASHORE - Ramadhan 2016

Mengambil inspirasi dari laut di Raja Ampat.. 
Launch collection pada event Indonesia Fashion Week 2016 bulan Februari di Jakarta Convention Center. Alhamdulillah koleksi Ramadhan 2016 kali ini bisa terwujud dengan banyak sekali hikmah, terutama untuk pribadiku sendiri..




Rasanya kecil, nggak berhak sombong. Nggak sedikitpun dagu ini berhak untuk menengadah naik ke atas. Berjalan seolah kita lebih baik dari orang lain. 
Kecil.. kita ini kecil. Seperti buih ombak yang terhempas hilang diterjang ombak berikutnya. *duuh bahasanya serius banget yaa.. hempaskan..
Luas.. dunia ini luas, kekayaan Allah maha sempurna.. Seluas lautan dibandingkan daratan. 
Laut tidak pernah sombong, mereka rela bumi ini disebut daratan dibanding lautan. 
Laut tidak pernah pelit, meski kekayaannya selalu dimanfaatkan untuk manusia. 

Koleksi ini memang bukan hanya melihat look saja tapi maknanya dalem bangeett buatku sendiri, jadi pas proses kreatifnya aku beneran mikirin bangeett... 

Banyak sekali cerita yang disampaikan suamiku, pengalaman pribadinya saat diving untuk pertama kali di Raja Ampat duluu. Itulah perasaannya yang diceritakan dengan sangat detail, meskipun hanya dari cerita suami aja tapi aku langsung browsing dan cari lebih dalam mengenai laut dan isinya. 

Suamiku pernah hanyut terbawa derasnya arus didasar laut pas lagi diving, justru lebih dahsyat didasar laut ketimbang yang terlihat tenang dipermukaan. Hanyut seperti terbawa oleh terpaan godaan duniawi yang membawa kita bisa saja ke arah yang tidak semestinya. Sekuat tenaga kita berusaha, tapi ketika kita pasrah untuk ikut arus dan kita berusaha sekuat tenaga untuk bisa terus bergerak akan terasa lebih mudah. 




Filosofi laut itu yang membuatku sangat terinspirasi untuk membawa cerita ini untuk koleksi Ramadhan. tentu akan sangat berbeda dibanding koleksi ramadhan pada umumnya, biasanya orang akan memakai baju putih perlambang kesucian dan kebersihan. Lengkap dengan payet tersebar pertanda status sosial dan ingin terlihat glamour. Nggak ada yang salah, semua berhak dan pada tempatnya. Setiap orang punya cara sendiri untuk menyambut hari kemenangan dengan pakaian terbaik. 

Aku punya cerita sendiri dan cara pandang sendiri, khususnya untuk Ramadhan 2016 ini.
Pilihan kain satin yang shinny menurutku sudah cukup mewakili kesan glamour bagiku. Motif laut yang sarat akan cerita, cukuplah membuatku sendiri tau apa makna dibalik busana yang dipakai khususnya untuk hari spesial nanti.



Nah ini cerita dan makna dibalik motif /pattern yang ada dikoleksi seashore ini. Tapi ingat ini bukan untuk dijadikan sesuatu yang dipercaya yaa.. ini hanyalah cerita dibalik koleksi busana saja. Dimana proses kreatif berjalan selama satu bulan untuk membuat motif ini dengan ada makna dan cerita didalamnya.

Ubur-ubur dipercaya sebagai bentuk penerimaan dan keyakinan,  mengetahui untuk percaya bahwa segala yang ada akan memberikan segala hal yang diperlukan bagi mereka yang membutuhkan untuk bertahan hidup. Maksudnya bahwa Allah memberikan segala sesuatu sesuai dengan takaran dan kebutuhan setiap orang.
Ini adalah satu-satunya makhluk laut yang mengandalkan gerakan untuk kelangsungan hidup mereka - mereka hampir tidak memiliki kemampuan untuk bergerak sendiri , tergantung lautan arus dan arah angin untuk memindahkannya dari cara yang harus pergi. Ubur-ubur bergerak selaras dengan arus kehidupan , mereka menunjukkan kepada kita bagaimana untuk mengalir dengan mengikuti kekuatan alam. 

Kalau kuda laut menurut bangsa Eropa kuno percaya bahwa kuda laut membawa jiwa-jiwa pelaut yang meninggal - memberi mereka perjalanan yang aman dan perlindungan sampai mereka bertemu tujuan jiwa mereka.
Kalau menurut budaya Cina percaya bahwa kuda laut adalah jenis naga laut, dan karena itu mereka dihormati karena kekuatan mereka dan menjadi simbol keberuntungan.
Beberapa makna kuda laut antara lain : Kesabaran, Perlindungan, Keramahan, Kedermawanan / Sharing
Sebagai makhluk laut yang relatif tenang, dan ringan-santun, kuda laut tampaknya konten untuk menjelajah lautan. Mereka adalah simbol kesabaran - mereka senang dengan menjadi di manapun mereka berada, dan tidak terburu-buru.

Sekali lagi ini hanyalah cerita, agar kita bisa memaknai apa yang kita kenakan. Nggak ada tujuan bahwa busana itu harus ada aturan tertentu. Kita bisa belajar dari alam dan makshluk ciptaan Allah yang lain. Laut memberikan kita begitu banya pelajaran, dan kita hanya mengambil dua contoh yaitu ubur-ubur dan kuda laut. Sampai pada akhirnya aku percaya bahwa fashion ini adalah statement, tidak bisa dicampur dengan segala sesuatu. Kalau kita suka dan mewakili pribadi kita maka kenakan, jika tidak suka maka tinggalkan. Take it or leave it. Ambil yang positifnya saja.

Sekali lagi selamat menjalani ibadah di bulan Ramadhan, semoga kita semua diberikan keberkahan dan bisa menjalani dengan semaksimal mungkin.



Love,


Ria



POPULAR POSTS THIS MONTH

riamiranda Sans Titre - Ramadhan 2017 Collection

Bismillah untuk koleksi Ramadhan 2017 kali ini..tahun lalu alhamdulillah diterima baik untuk ...

Sehari jadi Guru TK

Hihihi.. seru kali yaa..begitu ditawarin sama gurunya Katya untuk mengisi parents sharing session ...

Behind The Scene - Wardah TVC Filler Ramadhan

Assalamualaikum May!!Nggak kerasa udah masuk bulan Mei, dan sebentar lagi Ramadhan sudah mau ...

Behind the Scene - #RoycoShareAMeal Campaign

Alhamdulillah ada kesempatan untuk terlibat produksi dengan brand besar dari Unilever lagi.Kali ini ...

riamiranda Outing 2017

Alhamdulillah setiap tahun bisa ngajak semua #riamirandateam untuk liburan outing kantor. Ini udah ...