ALL TIME PAGEVIEWS
1,261,314
BLOG ARCHIVE
15/05/2017

riamiranda Sans Titre - Ramadhan 2017 Collection

Bismillah untuk koleksi Ramadhan 2017 kali ini..
tahun lalu alhamdulillah diterima baik untuk koleksi Seashore, semoga tahun ini bisa lebih baik.. karena secara filosofi cerita dari balik koleksi ini sangat dalam buatku pribadi.
Jadi tema besar 2017 adalah mengenai relationship, ada vertical relationship dan horisontal relationship. diantaranya aku mengambil tema Sans Titre (artinya untitled dari bahasa Perancis).

Mau tau cerita dibalik Sans Titre ini??


Sans Titre atau untitled.
Ya untitled atau nggak ada judul, nggak ada tema, nggak ada nama..
nggak ada title disini aku mengartikannya kita sebagai manusia janganlah menilai seseorang berdasarkan apa yang dilihat. ketika orang turun dari mobil mewah dibilang orang kaya, orang yang memakai produk tertentu dikaitkan dengan status sosial atau segala macam atribut yang dikenakan, apakah itu fashion ataupun jabatan. 
Melalui baju ini aku pengen memaknai akan konsep untitled, dibulan ramadhan atau idul fitri ini untuk memiliki hati dan pikiran yang jernih. kembali fitrah.. kosongkan hati dan pikiran, seperti kanvas kosong.

motif Sans Titre terinspirasi dari test psikologi namanya Rocshach Test, click disini untuk tau lebih detail. Test itu untuk mengetahui karakter personaliti seseorang dan tingkat emosionalnya. Kelihatannya seperti motif tie dye tapi sebenernya itu pola dari Rocshach Test. Tanpa mau membuat persepsi tertentu dari koleksi ini, yang jelas dari patternnya memang dibuat khusus dan penuh perhitungan. ada beberapa pengulangan yang dihitung dan di tempatkan secara repetisi, contohnya logo iconic riamiranda.
Kenapa repetisi, karena doa itu sifatnya repetisi contohnya seperti dzikir, kita menyebut nama Allah berulang kali sebanyak 33x. Pattern ini banyak makna, karena dari gambar yang ada itu kombinasi antara sesuatu yang tegas dan abstrak, antara garis lurus dengan bentuk yang tidak beraturan.

maksudnya adalah semua yang ada didunia ini ada banyak pandangan hidup, kita nggak bisa menganggap diri ini paling benar. kita hidup di lingkungan sosial, berinteraksi dengan sesama, jangan menyakiti atau menyinggung sesama. berbeda boleh tapi dengan santun..
perbedaan bentuk pattern di koleksi ini aku gabungkan jadi satu kesatuan dan terlihat senada. 

pemilihan warna mulai dari yang pastel banget sampai ada yang tegas warnanya, tujuannya ya itu tadi aku nggak mau mengkotak-kotakan sesuatu. semua ada maknanya, untuk selalu bersikap terbuka baik pikiran dan pandangan karena kita hidup berdampingan. 

Sejauh ini Sans Titre adalah koleksi kedua di 2017 setelah Principia. Sampai sekarang alhamdulillah selalu dapat kabar positif dari pelanggan, termasuk ada banyaknya motif yang ditiru (ya termasuk principia).. Aku nggak ngerti kenapa? padahal ini brand lokal yang jahit juga orang purwokerto, yang bikin pattern orang Jawa (kalau ngomong masih medok), yang ngurusin semua branding orang sunda.. jadi ini beneran 100% buatan Indonesia.
Kok masih ada aja yang tega untuk menjiplak dengan warna dan layout yang mirip. 
Tapi aku ambil positifnya, artinya produk riamiranda (insyaAllah) bisa di terima oleh berbagai kalangan. Hanya menyayangkan, ada begitu banyak ide kreatif untuk membuat pola motif loh tanpa harus menjiplak karya orang lain, karena setiap koleksi yang dibuat melibatkan banyak pihak..

Doaku adalah...semoga koleksi Sans Titre nggak dijiplak yaa..
Aku selalu berusaha membuat motif yang sulit untuk ditiru, supaya terjaga eksklusifitasnya. Tapi teknologi semakin maju, jadi satu-satunya cara adalah memikirkan segala detail  untuk membedakan dengan produk yang tiruan.
Biar bagaimanapun aku harus menerima, karena aku hidup berdampingan dan selalu ada saja yang tidak sesuai dengan harapan kita. Yaa seperti konsep Sans Titre..







Photo by Irfan Faqih, lokasinya di Korea kemarin, modelnya asli orang korea yang susah di arahkan karena nggak bisa bahasa inggris.. -____-'
Make up by Wardah team dan available at HIJUP.com soon!

Enjoy Sans Titre!

Love,



Ria
POPULAR POSTS THIS MONTH

Wardah Ramadhan Gathering 2017

Rabu 14 Juni 2017, jadi moment silaturahmi keluarga besar Wardah Cosmetics di bulan Ramadhan. Sama ...

Photo Keluarga 2017

Assalamualaikum dari Keluarga Rosadi..Yup, kita emang belum punya photo keluarga yang bener ...

Masuk di Artikel Elle UK!

Tiba tiba di kirim WhatsApp sama Wiwid Howat, temenku yang tinggal di Sydney, kalau brand ...

riamiranda Web Series - Sans Titre

Bismillah..Tahun 2017 memang sudah direncanakan oleh management untuk lebih aktif di digital, mau ...