ALL TIME PAGEVIEWS
1,797,796
BLOG ARCHIVE
12/12/2017

my Annual Show Diary #rmts2018



Alhamdulillah.. mimpiku untuk mengadakan show tunggal bisa terwujud kembali untuk kelima kalinya. banyak banget progress yang terjadi di rmts 2018 kali ini, mulai dari persiapan, lokasi acara, konsep hingga yang paling penting adalah manajemen team. nggak mudah persiapannya, ditengah tengah persiapan show JFW, launching koleksi terbaru dan disaat perusahaan lagi banyak berbenah internal. alhamdulillah baru kali ini bisa terbantu berkat kerjasama dengan event organizer.


Jadi ini ceritaku dibalik acara RMTS 2018.
selamat membaca...

Tapi ya aku rasa tuh semua sudah diatur, meskipun adaaa aja masalah sebelum dimulai tapi alhamdulillah semuanya lancar. memang open gate jadi ngaret satu jam karena ada kendala teknis yang bikin deg-degan bangettt.. Tapi karena ada banyak pihak yang terlibat mendukung acara ini aku jadi tenang. 

Pasific Place Mall hari jumat itu berubah menjadi warna pastel, banyak sekali yang hadir.. Sengaja di pilih weekend dan hari libur, karena ada banyak yang mau datang dari luar kota sementara mereka nggak bisa datang kalau weekday. Jadi ada kali sekitar 800 orang hadir dan nonton, kalau yang datang untuk belanja ada sekitar 1000 orang.. mereka setiap datang dari pagi jam 10.00 untuk mendapatkan koleksi riamiranda dengan harga year end sale yang sudah di tunggu. Diskonnya gede, soalnya kan akhir tahun. jadi yang suka pada bilang koleksiku harganya mahal nah ini saatnya beli produk riamiranda. setahun 2x sale.

Mestinya aku sediakan area duduk atau lesehan yang cantik yaa - karena aku pikir setelah belanja bisa jalan jalan di mall untuk istirahat, tapi nyatanya lebih senang didalam area bazaar meskipun duduk di lantai. tapi yaaa namanya kalau sudah nyaman, santai aja gitu nggak ada yang complain atau gimana.. seneng tapi yaa next year akan diperbaiki deh. Makasi yaa atas pengertiannya..

Sementara aku malah sangat memikirkan yang bawa anak-anak makannya ada area bermain.. makasih mbak Ai @aidewisari sudah memprovide ini. aku ngerti, karena aku juga seorang ibu terkadang suka merasa nggak adil sama anak-anak kalau mereka ikut ke acara kita tapi mereka nggak enjoy. buat para suami juga ada coffee corner dari OnThree Coffee yang baru akan buka di Senopati.

Annual Show kali ini persiapannya tujuh bulan, terutama untuk koleksi riamiranda signature karena prosesnya lamaaa... sempet kepikiran gimana nanti mau jualan ya? tapi akhirnya aku fokus aja sama proses pengerjaannya, aku merasa seperti seniman, seperti orang yang idealis tapi menikmati sekali prosesnya. tidak perduli gimana kata orang, tapi ini koleksi yang jujur dari hatiku. Waktu itu dipikiran, ya semoga respond customer positif pas nanti show..

Ini Arief, yang pake topi, dia yang jadi project director untuk RMTS tiap tahun. yang ketemu client dan koordinasi dengan EO tiap minggu. tapi ketika pada hari H, aku juga turun langsung untuk melihat prosesnya gimana. terutama saat gladi resik.


Ini adalah pemenang quiz simPATI Telkomsel, jadi mereka bisa mendapatkan akses ngeliat backstage, proses reherseal gimana dan tentunya ikutan bisa belanja langsung koleksi Himalayan tanpa antri. Hehehe..


Bersama Media tahun ini konsepnya lebih ke gathering, bukan press conference. bedanya adalah mereka para media bisa melihat langsung koleksinya sebelum show dan mendapatkan penjelasan langsung dari aku dengan bajunya. Jadi bisa dilihat dari jarak dekat. 



Ada booth photo corner yang dibuat 3D dengan tema himalayan. aku tau kok kita semua kan suka photo2 jadilah dibuatkan area kotak ajaib ini, banyak yang photo disini tapi photonya @hannafaridl ini yang bisa keliatan seberapa serunya photobooth ini.. Hehehe.. Aku izin ambil photonya yaa Han..


Beda dari tahun sebelumnya, tahun ini aku minta sama Pandu untuk opening speech. Tahun kelima nih, mesti ada yang beda dan saatnya dia juga tampil juga.. Agak maksa, karena dia udah lama nggak speech gitu katanya..Hahaha.. meskipun deg-degan, akhirnya dia bikin text supaya nggak ada yang kelupaan katanya.. you did it. 


Tahun ini konsep See Now Buy Now terwujud bersama HIJUP.com, memang prosesnya tidak mudah tapi kan ini jadi sesuatu yang baru untuk HIJUP dan riamiranda. from runway to e-commerce, direct to sales.. kebanyakan customer memang selalu pengen punya langsung baju yang habis di show-kan dan ini jadi PR buat tim kita, terutama kasian yang datang dari luar kota tapi keinginannya untuk mendapatkan produk terbaru langsung jadi nggak bisa. makannya kita buat konsep See Now Buy Now.


Koleksi Lullatone.. ini terinspirasi dari kecantikan seekor angsa. dimana angsa itu loyal - kan sesuai dengan tema komitmen. Terus dari segi warna angsa itu ada yang warna putih dan hitam. jadi koleksi ini akan ada dua warna yang kontras, tapi nggak hitam juga ya, cuman ada yang lebih terang dan gelap. Jadi kayak dua sisi, nah kamu sisi yang mana? gelap atau terang?



Intertwine.. koleksi ini terinspirasi dari jalinan rotan, kromosom DNA atau segala sesuatu yang mengikat, menjalin menguatkan satu sama lain menjadi sebuah kekuatan. Keliatan dari pattern-nya dan siluet yang banyak ada ikatan gitu.. pas banget koreografinya di akhir semua bergandengan tangan.


Apa itu definisi syari? tentu akan berbeda-beda, karena pemahaman setiap orang berbeda. dan aku nggak pengen mengkotak-kotakan itu semua, tapi secara customer aku udah ada beberapa yang hijrah dari gaya berbusananya menjadi lebih syari atau panjang. Sehingga inilah definisi syari collection menurutku, bentuknya abaya. koleksi ini datang ketika aku kesulitan mencari baju untuk berangkat haji tahun ini. dan aku banyak mellihat busana abaya di Mekkah ternyata nggak semua warna hitam dan pake swarovski. Nah dari situlah aku terinspirasi membuat abaya series..

Oya Abaya ini masuk ke brand riamiranda Essentials.. ini adalah koleksi yang tanpa tema, cenderung lebih polos. Essentials ini penting dan wajib dimiliki untuk melengkapi koleksi dengan tema. menggantikan brand DAILY, tapi Essentials tidak fokus pada harga yang murah semata. 


Terakhir untuk koleksi yang prosesnya sangat lama dan penuh perhatian ya untuk brand riamiranda Signature tentunya. Presentasi koleksi EucaFlora ini sangat didukung dengan konsep mood tata panggung dan ilalang yang seperti mimpi rasanya ada itu semua. nggak muda proses transisinya, terima kasih buat team yang bolak balik pindahin kotak berisi ilalang itu ketika reherseal.. juga buat petugas kebersihan yang terus menyapu dan vacuum ilalang yang berguguran.


Mbak Dewiii.. aduh aku rasa ketika roda panggung berputar dan muncul sosok sang Dewi.. berjalan sambil pegang ilalangnya itu seperti apa yaa.. sureal banget.. mood-nya dapet banget.. aku sukaa.. di belakang panggung aku lihat di layar tivi sambil deg-degan tapi seneng.. senyum terus selama nonton show di belakang.





pemilihan muse untuk mewakili setiap koleksi yang ada lima tema itu juga perlu proses lama, dan mencocokan jadwalnya kan nggak mudah juga.. jadi makasi banget buat Ayudia, Revalina, Mbak Marini, Sarah, Aca dan mbak Dewi.. 


melihat siapa yang hadir mengisi dua ballroom Ritz Carlton itu rasanya gimana ya.. nggak percaya loh bisa hadir sebanyak itu. ada yang dari Aceh sampai Makassar semua hadir.. partners juga lengkap, ditengah pesawat dari Lombok yang lagi on off karena gunung agung meletus. 


terima kasih banyakk untuk keluarga besar dari padang, bandung, kuningan semua kumpul disini. semoga bisa jadi moment kita berkumpul silaturahmi yaa.. 


setiap show yang selalu jadi pikiranku adalah jadwal yang padat kadang bikin aku nggak ada waktu untuk menyapa tamu yang hadir sebelum show dimulai. aku nggak kuat capeknya. dari pagi gladi resik, terus media gathering, terus ada interview sama trans 7 terus make up itu energi terkuras banget. jadinya aku butuh duduk dan mengumpulkan tenaga lagi untuk show.. karena aku tau pasti pada mau photo dan ngobrol makannya aku luangkan waktu lebih lama setelah show. proses photonya teratur sekarang. hehehe udah kayak di kawinan yaa.. tapi demi semuanya kebagian dan rapih gitu..





RMTS itu bukan cuma acara tahunan buat ngumpul aja, tapi beneran jadi menambah saudara. tahun 2017 ini hadir dari Aceh sampe Makassar. Terus kita ada kumpulin beberapa RMLC untuk membuat sebuah komitmen di 2018 nanti dan semoga bisa terwujud yaa..

RMTS itu seperti bentuk konsistensi, kalau bukan hanya menghasilkan koleksi baju tapi juga bagaimana konsisten bikin annual show. Kalau orang bilang show tunggal rasanya megah banget, tapi aku lebih suka bilangnya show tahunan. Jadi nggak mesti mewah, besar atau megah, tapi konsisten untuk tetap mengadakn show trend busana muslim secara rutin.. ya konsisten itu. itu yang sulit. terkadang mewah di awal tapi tidak di maintain konsistensinya. 

Kalau lihat #rmts2018 itu akan banyak sekali postingan yang menunjukan persahabatan, seneng rasanya bisa mempertemukan mereka dan terikat pada sebuah chemistry persahabatan. Juga ada beberapa postingan dukungan dari suami atau keluarganya. pokoknya keliatan banget rasa cinta tersebar di acara itu. Semoga ini manfaatnya ya.. yang positif aja, yang bikin baper atau negatif ya nggak usah terlalu dipikirin dan dibuang jauh2.

Jadi ini spesial thanks to :
Hijup.com 
Wardah Cosmetics
simPATI 
Ritz Carlton
This and That Multimedia
Camani
Stupa Caspea
Lumens Lighting
DSS Sound System
Kar Jewelery
PVRA shoes
Minka Shoes
Your Hands
Yayi Hanoum Make Up
Clara Magazine
Fimela.com
Media Indonesia
Femina 
her world
zig zag organizer

Terakhir untuk suamiku, @pandurosadi yang selalu mendukung memberi solusi dan teman diskusi tiada akhir sampai mata ini benar-benar terpejam pas mau tidur dia masih ngomong dan meyakinkan aku kalau semua akan beres. sampe beneran kebawa mimpi.. makannya ketika dia datang kasih bunga itu rasanya pengen nangis, apa yang dia katakan setiap hari itu kejadian beneran.. seperti mimpi tapi ini bukan mimpi. Terima kasih untuk bisa bareng bareng kita membangun ini semua, kamu beneran all out untuk ku.. mudah2an ada mimpi lain yang bisa kita bangun bersama yaa..


Love,



Ria
POPULAR POSTS THIS MONTH

Cerita Aksara

Jujur nih yaa, aku tuh suka banget nanya ke diriku sendiri belakangan ini...“Apa lagi ya, yang ...

Rahasia Bisnis di Industri Kreatif

udah nggak asing lagi dong ya namanya Industri Kreatif di negara kita, melalui Badan Ekonomi ...

Cerita Intertwine

Intertwine...Hmmm Kira-kira apa ya maknanya? Kalau penasaran lanjut baca ceritaku ini ...