ALL TIME PAGEVIEWS
1,293,166
BLOG ARCHIVE
11/12/2015

Wardah Hijup.com present riamiranda Annual TRUNK SHOW 2016

Alhamdulillah.. akhirnya acara tahunan riamiranda berjalan juga di tahun ketiga.
Memulai itu mudah, tapi mempertahankan dengan peningkatan itu susah banget ternyata..
Apalagi sudah banyak referensi show yang pengen diwujudkan, tapi Alhamdulillah semua bisa berjalan.





Diacara RMTS2016 ini memang aku pengen ngejadiin acara tahunan ini sebagai trendsetter event. Apapun yang akan jadi trend di tahun depan ada disini, khususnya yang berhubungan dengan riamiranda dan fashion hijab. 

 

Makannya ada konsep Cafe Miranda, karena rata-rata kita suka dengan gaya hidup seperti ini. Untuk meeting dan ketemu dengan rekan bisnis biasanya di cafe. Miranda Living adalah kelanjutan dari launch tahun lalu, dimana kali ini akan ada koleksi furniture dan cushions. 

 

Untuk koleksi baju di acara ini ada sekitar 60 baju! dengan 20 models dan ada empat sequence. Koleksi 2016 akan ada 2 tema besar, salah satunya untuk Spring Summer temanya adalah Wanita. Aku terinspirasi banget sama Mama, ibu mertua, teman-teman di Hijabers Community dan juga RMLC tentunya. Mereka itu powerful, jangan kira meskipun sebagai ibu rumah tangga itu perannya sangat penting dan nggak gampang loh. 


------- 

Seperti biasa setiap koleksi yang aku keluarkan selalu ada ceritanya, dan aku senang banget bikin cerita. Mulai dari koleksi pertama yang aku beri nama Classifo - Resort Collection.

Pergantian musim dingin ke musim semi memberi inspirasi kehidupan baru. Hibernasi dalam dingin berakhir berganti kehangatan cahaya matahari baru yang memberi semangat untuk memulai hidup dan harapan baru. Kehidupan dan kecantikan melalui keindahan selalui menjadi inspirasi dasar riamiranda dalam mempersembahkan konsistensi koleksi yang feminine, sederhana dan penuh cerita.

Bunga, dan kembali lagi dengan bunga. Tak pernah habis inspirasi alam ini konsisten dalam goresan teknik ilustrasi cat air seperti lukisan alam penuh inspirasi. 

Classifo - classified flower garden di Utrecth, Amsterdam memberi ide segar bahwa keragaman warna bunga baru. Feminine tak selalu pastel, tidak lagi berwarna merah muda untuk menunjukan sisi wanita. Buah jambu batu terbelah yang terbentuk dari taman rahasia itu adalah inti dari sosok wanita yang memberikan kehidupan, harapan dan cinta.


Diperkenalkan pertama kali melalui runway event Jakarta Fashion Week 2016 bersama Wardah Cosmetics, Classifo adalah inter seasonal riamiranda Resort Collection 2016. 


Classifo - Resort Collection 2016

 

Lalu setelah itu ada koleksi Takana.

Ini bukan bahasa Jepang loh, tapi ini bahasa Minang yang artinya teringat. Tau kan tahun 2012 aku ngeluarin campaign Minang Heritage. Dan ternyata sampe sekarang koleksi itu masih di cari orang, bahkan ada yang jual lebih mahal dan ada yang mau beli karena udah masuk kategori rare items. 

Meskipun aku selalu ngeluarin Minang inspired Collection, tapi rasanya pengen lagi dan lagi. Nggak ada habisnya. Jadi aku selalu teringat dengan keragaman songket Silungkang, hometown di Padang, yang selalu memberi inspirasi. Aku coba sketch pake tangan untuk membuat bentuk motif songket dengan gaya baru, terus di modifikasi dengan Adobe. Jadilah pattern Takana untuk Spring Summer Collection.


TAKANA - Spring Summer 2016 

Bercerita tentang sosok wanita Minang yang memegang teguh pada adat istiadat dimana dia berasal. Begitu banyak pengaruh budaya yang menguji namun tetap konsisten pada rinsip hidupnya. Inilah sifat yang dibutuhkan pada saat ini, dimana kehidupan modern menuntut seorang wanita berperan lebih dari hanya sekedar untuk melengkapi sang Adam. 

Umumnya orang minang selalu merantau untuk mencari pengalaman dan peluang hidup. Seberapa jauh mereka pergi akan ada waktunya untuk kembali teringat dengan asal mula dan kenangan masa lalu yang memenjadikannya seperti saat ini. Dia selalu teringat dengan budaya Minang melalui motif songket yang memiliki simbol dan makna kehidupan, tradisi, sistem nilai, dan sosial masyarakatnya dalam hidup.  

Teringat kembali untuk bahwa seharusnya kita memiliki peran untuk menyebarkan kebaikan melalui apapun yang dapat kita lakukan.  

Teringat kembali pada inspirasi warisan budaya Minang tak pernah hilang dalam hidupnya. Inspirasi untuk memberi warna baru melalui kesederhanaan penampilan yang mengingatkan bahwa kecantikan tak selamanya berupa visual tapi juga dirasakan. Perasaan yang akan menuntun dalam perilaku, perkataan dan aura positif membentuk kecantikan wanita Indonesia. 

Takana akan membawa kembali pada siluet busana tradisional yang lebih simple dan modern. Paduan warna ceria namun lembut akan membentuk sosok bersahaja dalam segala suasana. Goresan sketsa tangan terinspirasi motif songket dalam komposisi  bentuk berbeda.

Takana adalah koleksi pertama pada musim semi tahun 2016 yang akan melengkapi rangkaian cerita cinta riamiranda melalui busana. 


#takana

#riamirandastyle

---------- 

Ditengah perjalanan dalam membuat koleksi 2016, aku suka dengan ilustrasi dari muslimah muda melalui sosial media instagram @airinkarima. Dia nggak pernah minta untuk di report dan di tag, seperti orang kebanyakan. Tapi hasil karyanya beneran bagus dan beda. 

Untuk mengingat kembali perjalanan dan koleksi baju yang sudah aku release dulu. Memang tidak semua hits, tapi semua ada cerita. Cerita yang aku buat dengan penuh cinta dan ada artinya. Koleksi kolaborasi dengan Airin Karima ini aku beri nama #thromback.. maksudnya adalah throw riamiranda back. Semua ilustrasi hasil tangan Airin ada disini, koleksi yang menurutku memberi efek besar bagi perjalanan karirku. 

Salah satunya ada yang meniru, di jiplak dan dijual di Giant Supermarket dengan bahan spandek : Gadih dan Haru. Ya, buatku ini keberkahan bisa memberikan orang lain sumber rejeki.


#thromback - Capsule Collection 2016

Dinamis, penuh percaya diri, atraktif dan selalu memiliki inisiatif dalam melakukan kebaikan. Dunia perkotaan metropolitan yang modern menuntut untuk dapat menjadi wanita penuh kemampuan dan multi tasking. 

Sebuah Capsule Collection untuk koleksi Spring Summer 2016 ditujukan bagi wanita modern yang dituntut untuk dapat tampil menarik diberbagai kesempatan. Dunia pekerjaan yang penuh intrik dapat dihadapi dengan keyakinan pada penampilan. 

Kolaborasi dengan ilustrator hijab muda berbakat AirinKarima adalah sebagai bentuk dukungan untuk memperkenalkan hasil karya dan bakat baru melalui fashion.

Sentuhan sketsa tangan AirinKarima memberi inpirasi untuk menceritakan kembali koleksi riamiranda dalam kumpulan cerita perjalanan karir atau milestone sebagai fashion designer. Seperti teman baik riamiranda yang berjalan bersama sejak awal dari tahun 2008  melewati naik turun persahabatan yang saling mendukung dan memberikan perkembangan positif.


#thromback - throw riamiranda back

--------


Terakhir adalah koleksi yang terinspirasi dari Jepang. Hehehe memang kemarin sekali kesana tapi rasanya selalu ingin kembali dan memberi inspirasi. Japanese Style! Nggak nyangka juga ketika proses pembuatan koleksi ini di pertengahan tahun 2015, ternyata banyak yang membawa koleksi ini untuk jadi koleksi 2016. Unsur Jepang dengan permainan teknik kain dan pemakaian obi / ikat pinggang ternyata menarik banyak hijabers untuk bergaya ala jepang. Artinya penerawanganku juga sama dengan designer lain, yang melihat trend yang sama tapi dengan gaya berbeda. 


Waktu ke Jepang tahun lalu aku pergi ke kuil Fushimi Inari Shrine di Kyoto dan banyak sekali pohon bambu yang ada disana, tinggi dan ngebekas banget. Rasanya kok sedikit mistis, tapi menenangkan dan kita merasa diri ini jadi kecil nggak pantes sombong karena pohon bambu yang menjulang tinggi. Pulang dari sana aku nonton film animasi dari Ghibli Studio - The Tale of Princess Kaguya dan ngerasa ada koneksi yang kuat dengan pengalaman di Kyoto. 


Disitulah inspirasiku mulai..

KAGUYA - Spring Summer Collection 2016


Alkisah seorang kakek pemotong Bambu bernama Sanuki Miyatsuko menemukan gadis kecil bersinar dari dalam batang bambu yang terbelah. Gadis yang kemudian diberi nama Takenoko (bambu kecil), dibesarkan dengan penuh cinta dari kedua pasang kakek dan nenek yang tinggal di desa. 

Tumbuh menjadi anak gadis yang periang dan memiliki banyak teman, salah satunya adalah Sutemaru yang kemudian memiliki perhatian khusus dengannya. Meskipun tinggal di desa

Miyatsuko menemukan emas dan baju dari batang bambu ketika menemukan Takenoko. Dia percaya bahwa anak ini spesial dan mengirimkan emas ini untuk memberikan penghidupan yang layak. 

Pergi ke kota untuk membangun istana terbaik sebagai tempat yang layak menurut Miyatsuko untuk merubah Takenoko menjadi seorang putri. Ketika telah dewasa Miyatsuko mengadakan pesta besar untuk memberikan Takenoko nama resmi yang terpancar dari cahaya kecantikan dan kehidupan yang baik dengan nama Putri Kaguya.  

Kaguya tumbuh dewasa dan menarik banyak pangeran hingga raja untuk menikahinya melalui persyaratan yang berat diberikan oleh Kaguya karena dirinya ternyata masih ingat dan juga mencintai Sutemaru. Tak ada satupun pangeran yang berhasil, sehingga membuat persaingan dan kekacauan. Cinta pangeran membutakan mata hati mereka untuk justru mengenal tujuan menikahinya.


Kaguya depresi dan menangis pada bulan tempatnya berasal dulu untuk memohon perlindungan. Pada bulan purnama berikutnya, Kaguya akan dijemput untuk kembali pada kerajaan bulan, namun ternyata dia menolak karena ternyata dapat bertemu kembali dengan Sutemaru. Akankah Kaguya kembali?


Terinspirasi dari film animasi tahun 2013 karya Isao Takahata dari Studio Ghibli Hayao Miyazaki Jepang. Film ini sederhana namun rumit karena menggunakan sketsa tangan mengingatkan kita akan film masa lalu. Princess Kaguya mengajarkan untuk menjadi wanita yang memiliki prinsip bahwa kebahagiaan tidak dapat diukur dengan materi dan kemewahan. Cinta kasih yang tulus dan kesederhanaan justru memberikan ketenangan dalam hidup.

Kalau penasaran sama film Princess Kaguya, ini dia trailernya dari Youtube.com 

 




Mudah-mudahan koleksi Spring Summer 2016 ini bisa memberikan inspirasi buat yang memerlukannya. Semoga koleksi 2016 bisa hits lagi yaa..

Makasi buat team hijup.com yang sudah seharian photo campaign untuk koleksi 2016-nya. Juga untuk semua #riamirandaTEAM, karena kita nggak pake EO untuk ngebikin acara seperti ini.


Love,



Ria
POPULAR POSTS THIS MONTH

Surprise Birthday Party!

AlhamdulillahJuly adalah memang bulan yang selalu ku nantikan setelah Ramadhan, karena I was born ...

#keluargarosadi Liburan Bali

Liburan Katya masih lama dan biasanya kalau di rumah suka ada aja drama-nya. Akhirnya kita ...