ALL TIME PAGEVIEWS
1,431,779
BLOG ARCHIVE
23/10/2017

Jakarta Fashion Week 2018


Bulan Oktober ini sudah jadi jadwal perayaan fashion week di seluruh dunia, termasuk Jakarta. 21-27 Oktober 2017 di Senayan City, mall kesayangan yang setidaknya setiap bulan Oktober aku jadi #AnakSency.

Jakarta Fashion Week itu sebuah dedikasi dan konsistensi, udah sampe 1 dekade ini butuh perjuangan banget. Masih inget pertama kali ikutan JFW tahun 2012 di Plaza Senayan.. sekarang JFW udah 10 tahun. Aku banyak berterima kasih buat Femina Grup dan semua tim yang udah siang malam ngerjain sebuah acara untuk wadah designer lokal bisa pentas. Terima kasih..

Alhamdulillah bisa menghadiri opening ceremony tanggal 21 Oktober 2017, meskipun rasanya ada yang beda. Karena kehadiran temen temen designer pada parade opening ceremony semakin berkurang, tahun ini nggak seramai tahun kemarin. Mungkin karena ada beberapa designer yang masih terus ingin menyempurnakan koleksi baju shownya. Aku jadi bersyukur tahun ini nggak ngoyo mengambil semua kesempatan show, aku hanya ingin show satu tapi berkualitas dan puas..  karena masih ada final annual show di RMTS nanti.


Semua rasa capek terbayarkan dengan show Wardah semalam.. Tim Wardah yang mayoritas perempuan semua juga udah jungkir balik siang malam mesti mengatur pembagian tim (karena Wardadh itu project-nya banyaaakkk banget) agar semua berjalan lancar. Hebat!! Tadi malam semua tim Wardah pake koleksi baju riamiranda.. Seneengg rasanyaa.. 
Alhamdulillah ini udah tahun ketiga Wardah jadi sponsor JFW, temanya Color Euphoria.. Aku suka memplesetkan dengan Color EuphoRIA. Hahahaha..


Alhamdulillah seneng banget bisa dapet muse baru yang udah lama aku suka stalking dan follow instagram-nya, yes i'm a fans of her. Mesty Ariotedjo.
Kita udah tau dokter muda ini punya jiwa sosial, bisa main music juga dan insyaAllah sebentar lagi menikah. Apalagi yang kurang coba.. beauty with brain comes together.


Tapi dibalik sosok yang menginspirasi banyak orang, tentu ada seseorang yang menginspirasinya untuk menjadi posisi seperti ini. Siapa lagi kalau bukan Mamanya.. Tante Arti Ariotedjo. 
Menurutku disinilah pentingnya seorang wanita untuk punya ilmu, berhati lembut, punya dignity dan value of life. Karena punya tugas mulia untuk membetuk anaknya menjadi sosok yang terbaik, dan itu akan terpancar dari anaknya. 

Aku masih inget gimana pertama kali bisa kenal sama sosok tante Arti, dari instagram. pribadinya memang humble dan hangat, meskipun baru kenal. Yang paling nggak lupa adalah pas nggak sengaja ketemu di mall, ditanya "Ria kan ulang tahunnya bulan ini kan - Juli? (padahal pas memang hari itu aku ulang tahun)... Pas aku bilang "iya kebetulan hari ini tante", beliau langsung meluk dan nyari cake untuk langsung di kasih ke aku saat itu juga. MasyaAllah.. perhatian bangett. Berasa sama mama sendiri..
Pemilihan Tante Arti sebagai sosok wanita inspiratif-ku juga aku dedikasikan untuk Mama dan Ibu mertuaku yang malam itu berhalangan hadir. 

Dari dulu kan setiap koleksi yang aku buat memang terinspirasi dari sosok wanita yang sederhana, bersahaja.. dulu aku patokannya kalau sosok wanita Indonesia itu ya Widyawati. Tau kan kalau kita ngeliat Widyawati tuh rasanya adem gitu loh.. Nah rasa itu yang aku rasakan ketika kenal sama Tante Arti. 
Ngeliat keharmonisan keluarganya di instagram rasanya seperti refleksi nanti pengen seperti itu sama Katya dan Kinara. #mataberkacakaca

Jadii.. ketika tau dapat Muse untuk fashion show kali ini adalah Mesty, aku langsung minta ke Wardah boleh nggak sekalian ajak mamanya? eh ternyata kata Wardah kalau kita memang harus cari seorang wanita inspiratif selain muse untuk show ini dan Wardah setuju dengan pilihanku. 

Selama show berjalan aku kan cuma bisa liat dari tv di backstage gimana jalannya show semalam, itu rasanya beda.. ketika tante arti jalan dan di tunggu sama Mesty di runway untuk bareng-bareng pegangan tangan jalan bareng. Rasanya seperti ada bahasa komunikasi dari mata dan gesture ketika itu seperti berbicara "terima kasih ma sudah merawat Mesty" terus mamanya bilang "mari nak kita jalan bareng".. buat seorang ibu tentu selalu ada perasaan ingin terus merawat anaknya, memberi yang terbaik meskipun anaknya sudah mandiri. aku sempet kebayang kalau nanti posisi ketika malam itu antara Mesty dan tante Arti adalah aku sama Katya / Kinara. 
Selama persiapan di backstage Mesty sama Tante Arti sama sekali nggak mengeluh, karena ngaretnya luar biasa sampe 1,5 jam dong.. dan kondisi di backstage itu kan nggak nyaman. Tapi karena mereka menenangkan aku kalau mereka baik2 aja, nothing to worry about, aku jadi merasa bersyukur dapet muse yang baik.. #pelukanbertigadibackstage 
Kadang jadi beban kalau kita bawa muse karena kita jadi mesti ada spesial treatment, sementara kita juga mesti fokus sama koleksi yang dipake model. Tapi fungsi muse itu akan sangat membantu untuk interpretasi koleksi kita, jadi saling membantu..

Chemistry-nya tahun ini beda..
Tahun lalu muse nya mbak Dewi Sandra sebagai first face, aku masih inget ambience-nya fun, energik dan seru, musiknya juga hype.

Malam ini di JFW2018, ambience-nya haruu.. banyak yang bilang pada terharu.. terutama moment terakhir.
Pas banget sama koleksi Senjakala SS18 ini.. inspirasinya dari pergantian terang ke gelap. perubahan warna awan, perubahan energi, sebuah moment keseimbangan waktu. 
Aku masih menggunakan motif print, kali ini print yang dibuat detail, kecil kecil tapi satu nada. Di kombinasikan dengan payet, kebanyakan dress yang loose. Bukannya aku tidak mau mengikuti mode, tapi aku ingin konsisten dengan pake busana muslim yang loose, tidak semua body shape siluet. Meskipun belum sempurna, aku berusaha untuk membuat koleksi busana muslim yang masih trendy tapi insyaAllah masih mengikuti aturan. Doain aja bisa konsisten yaa.. 






Yang bikin meriah adalah kehadiran Afgan..
Yes setelah Andien, Marcel Siahaan tahun ini Wardah kasih kado dengan menghadirkan Afgan untuk nyanyi di acara show kali ini.
semua tamu kedengeran dong dari backstage pada nyanyi, termasuk kita yang di backstage.




Jakarta Fashion Week 2018 untuk slot Wardah ini sangat jauuhh diatas ekspektasiku.. Unforgetable moment, rasanya pas sampe rumah aku masih bisa senyum mengingat show yang baru selesai. Liat postingan orang-orang dan komentar yang hadir. Full house, bahkan ada yang nggak bisa masuk ke dalam. 

Terima kasiihhh yang sedalam dalamnya.. 
Terima kasih sudah bekerja keras, komitmen untuk mewujudkan show tahun ini amazing show. Terima kasih buat Papah Edwan buat koreografi, Diki Putu untuk music Director, para media pers yang sabar nunggu show ini, terima kasih buat customer yang hadir - maaf nggak bisa undang banyak karena semua undangan diatur dan di koordinasi oleh Wardah.

Photo courtesy of @justdeden @jazzganteng @senayancity @jfwofficial @suciutami

Jangan lupa masih ada riamiranda Trend Show 2018 tanggal 1 Desember 2017 di Ritz Carlton. 

Love,


Ria
POPULAR POSTS THIS MONTH

Jakarta Fashion Week 2018

Bulan Oktober ini sudah jadi jadwal perayaan fashion week di seluruh dunia, termasuk ...

riamiranda Annual Trunk Show 2018

Assalamualaikum..Waktu rasanya cepat sekali berjalan, nggak kerasa banget ini udah mau akhir tahun ...

aku dan HIJUP.com

Assalamualaikum..Hmm.. kalau ngebahas tentang RMTS itu nggak habis habis sih.. soalnya memang ada ...