ALL TIME PAGEVIEWS
1,365,893
BLOG ARCHIVE
09/05/2015

FashionPreneur A-Z Workshop with DOKU

Naahh ini adalah event yang udah lamaaa direncanain sama DOKU, salah satu partner website kita untuk payment gateway. Jadi dia yang bikin mudah dalam hal pembayaran pake credit card di Website kita, ada juga fitur DOKU Wallet yang gampang banget.
Sebelum event ini kita juga ikutan di popazop.com untuk ngasih special price ever, sekaligus untuk promosi launching-nya popazop.com

Pagi pagi udah berangkat bareng sama Katya juga ikut, disana ada Diana Rikasari, Arief dan Akbar dari DOKU yang jadi pembicaranya.
Ini workshop memang value banget, cuman bayar IDR 50k udah dapat makan siang dan materi yang berbobot.. kenapa berbobot? soalnya team riamiranda.com beneran mengupas jelas tentang market share, strategi bisnis kita dan gimana kita treat customer via e-commerce. 

Kalau di butik kan kita kasih experience ke customer dengan cara mempercantik interior, lighting bahkan pengharum ruangan. Nah kalau website gimana dong experience-nya? 
1. bikin proses yang memudahkan customer. jangan dibikin ribet. kita ada 5 tahapan untuk bisa sampai jadi.
2. packaging yang bagus supaya customer merasa sesuai dengan apa yang dibelinya.
3. kasih gimmick / surprise yang seru, seperti voucher belanja yang tiba2 aja kita kasih di pembelanjaan yang kesekian kali. 
4. satukan dengan social media, supaya komunikasinya sejalan. 

Bikin website itu salah satu bentuk kita serius dengan bisnis kita loh. Tau kan sekarang banyak banget online shop yang pake instagram? itu sih sah aja, orang murah, gampang dan bebas banget. Tapi ada bedanya looh..

Bikin website itu mudah, kan udah banyak jasa web developer yang bisa ngebikin website sesuai dengan brand DNA kita. Bahkan sekarang ada juga jasa yang ngasih orang untuk menjadi backend team dalam proses transaksi melalui website tadi. Bikin website itu sama serunya kayak bikin rumah, mulai dari tampilan luar sampai interiornya mau seperti apa kita yang nentuin. Makannya aku jadi bikin blog yang seperti website, jadi rasanya lebih seperti membangun rumah sendiri.

Brand DNA itu apaa??
ini ilmu baru yang aku dapatin di Indonesia Fashion Forward kemarin. tapi bakalan panjang banget kalau share disini.. kalau mau tau apa itu Brand DNA googling ajaa dulu..

Kalau kata Diana, entreprenur itu menjual brand bukan hanya produk, tapi kalau pedagang ya jual apa aja yang bisa dijual untuk dijadiin uang. Sementara kita - menurut ku sih, harusnya melakukan sesuatu yang long term. Memang nggak mudah untuk ngebangun sebuah brand- sementara aku ngerasa brand riamiranda juga masih belum apa-apa untuk bisa dikenal luas oleh masyarakat. 

Yang aku suka dari Diana adalah dia itu smart! dari cara ngomong-nya beda, sistematis dan pembawaannya santai jadi mudah dicerna. Sementara aku kadang suka blank tiba-tiba, apa karena hamil ya? (hahaha...). Tapi memang beda banget tampilan luar dengan isi dari seorang Diana. Menurutku dia sukses membranding dirinya sebagai blogger yang quirky in style tapi knowledge-able secara personal.



Diacara ini juga ada Arief Snik - dia yang handle online riamiranda.com selama ini, dan di event ini kita juga launch yang namanya : MARTKET HOUSE.
Ini adalah konsep yang dibuat oleh team kita, bahwa aku selama ini suka terima endorsement products yang menurutku emang bagus atau enak. Tapi banyak juga yang nyarinya dimana? Nggak mungkin dong aku nulis di instagram, kesannya jadi hardselling. Nah MARTKETHOUSE ini adalah salah satu cara kita untuk membantu memperkenalkan sebuah brand - yang menurutku oke!! - dan bisa impact ke sales.
Salah satunya Glitter&Co, ini adalah onlineshop yang jualan kalung, tidak semua kalung bisa ada di MARTKETHOUSE, aku yang kurasi sendiri.

MARTKETHOUSE memang baru ada 3 tenants, dan menyusul akan tambah tenant lainnya.
Kalau tertarik mau jadi tenant bisa email ke web@riamiranda.com yaahh
pilihannya hanya ada : HOME&LIVING, ACCESORIES (BAGS / SHOES / JEWELRY), FOOD 

Kalau Akbar - dari DOKU bilang, potensi e-commerce kita masih sangat tinggi. orang lebih suka belanja melalui online karena mudah dan cepat. Kebayang macetnya jalanan kalau cuman mau beli baju doang. Cuman memang nature e-commerce kita belum penuh, jadi kalau pembayaran itu masih melalui transfer ATM bukan yang pembayaran langsung melalui website itu sendiri. Tapi kalau riamiranda.com udah bisa doongg.. Hehehe..



Workshop ini hiduup banget, pas sesi tanya jawab hampir semua pengen nanya. Yang datang juga beda-beda, mulai dari mahasiswa sampai dengan ibu-ibu yang baru mulai bisnis dengan temannya tapi kendala pengaturan keluarga yang jadi prioritasnya. 

Loovee sharing.. rasanya seperti belajar lagi. Bukannya ngasih ilmu malah jadi dapat ilmu baru..

See you di another events.. Mudah2an bisa terus bermanfaat untuk orang banyaak yaahh..


Thanks,


Ria

POPULAR POSTS THIS MONTH

Haji 2017 - Perjalanan Penuh Hidayah

Labbaik Allahumma Labbaik..Nggak pernah terbersit dalam pikiran akan menjalani perjalanan religi ...

Fabelio Experience

Bicara tentang dekorasi rumah dari dulu aku paling semangat. Mungkin karena style fashionku awalnya ...