ALL TIME PAGEVIEWS
1,721,737
BLOG ARCHIVE
19/01/2018

The Story of Caruban

Ketika diajak kolaborasi dengan HIJUP untuk bikin exclusive scarf series, aku langsung ngerasa mesti bikin sesuatu yang beda nih. Yang ada nilai value dalam ceritanya, karena ternyata selama aku bikin baju yang ada pattern itu bisa jadi sarana media untuk sharing good things melalui cerita.
cerita yang bisa aku share dari hasil travelling, baca buku atau se simple dari pengalamanku dengan RMLC. kan banyak temen2 RMLC yang suka sharing, curhat dan segala pola tingkah lakunya aku perhatikan banget.

Jadi inspirasi bisa datang darimana aja selama kita membuka mata dan berpikir.

Lalu hari itu aku ketemu dengan bapak mertuaku, yang kebetulan waktu masa mudanya dihabiskan di Cirebon. Dari banyak cerita yang disampaikan, aku jadi semakin tertarik untuk tau tentang sejarah kota Cirebon. Ternyata eh ternyata.. tim grafis design ku ada yang sudah re-search tentang Cirebon juga..jadilah ini sebuah kebetulan banget.

Setelah kita brainstorm bareng dengan team design lainnya, jadilah kita mengangkat cerita tentang kota Cirebon. Sejarahnya, budayanya sampai ke arsitektur bangunannya. Tentunya pattern yang dibuat ini berdasarkan hasil research kunjungan langsung team grafis kesana dan aku banyak baca dari internet.

The Story of Caruban ini adalah potret sejarah, budaya dan keindahan kota Cirebon dari sudut pandang riamiranda. Hanya ada 5 design scarf yang memiliki cerita tersendiri. 

Ceritanya adalah baca terus yaa..

Ada lima jenis motif scarf yang dibuat, masing masing punya cerita.. maksudnya adalah supaya kita bisa belajar tentang kebaikan dan kearifan budaya Cirebon hasil dari percampuran budaya China dan Belanda.

Nah ini dia ceritanya :

1. Scarf Chinese Ceramics

Berisi tentang Cinta tak Mengenal Perbedaan Budaya.
Sapuan kuas warna-warni dan kilau piring keramik Cina terpantul di tiap sisi keraton Cirebon. Pusaka yang mulai pudar ini dulunya merupakan tanda persahabatan budaya Cina dan Kerajaan Islam Cirebon. Keramik cari China itu dibawa sebagai hadiah dari kerajaan Cina atas menikahnya Sunan Gunung Jati dan salah satu putri kaisar China Putri Ong tien di Cirebon. Kala itu Sunan Gunung Jati pergi ke China untuk menyebarkan agama Islam yang kemudian dalam perjalanannya mempertemukan dengan Putri Ong Tien. Dengan jalinan pernikahan itu kedua budaya pun bersatu. 
Baca cerita lengkapnya tentang Scarf Chinese Ceramics click disini

2. Scarf Delftware Belanda

Berisi tentang Manfaat memberi Hadiah
Dahulu Belanda pernah menepikan kapal-kapal mereka di Cirebon dengan maksud perdagangan. Cirebon selalu menjadi tuan rumah baik pada setiap tamunya dan dalam waktu dekat dari hubungan perdagangan mereka pun menjadi hubungan persahabatan. Belanda sering kali datang membawa hadiah untuk keluarga keraton berupa keramik delftware berlukiskan pemandangan negeri mereka. Pengertian dari Delftware sendiri adalah keramik biru putih yang berasal dari Belanda. Keramik-keramik ini kemudian dipajang di dinding keraton untuk mengenang hubungan baik ini, dimana gambar motif dari keramik ini memberikan nuansa negeri kincir angin ditengah kerajaan pesisir Cirebon.  

Kebiasan memberikan hadiah ternyata sudah dilakukan dari jaman dahulu. 
Dalam Islam juga menganjurkan kita untuk saling memberikan hadiah

“Saling menghadiahilah kalian niscaya kalian akan saling mencintai.” (HR. Al-Bukhari).

Karena hadiah menumbuhkan cinta yang berarti akan mengusir kebencian, permusuhan, dan kedengkian di dalam hati. Ada hadits yang datang dalam hal ini namun sangat disayangkan haditsnya lemah berikut seluruh syawahid-nya, yaitu hadits “Saling menghadiahilah kalian karena sesungguhnya hadiah itu akan mencabut/menghilangkan kedengkian.” (HR. Ibnu Mandah)

3. Scarf Motif Mitologi China

Berisi tentang sifat manusia akan duniawi
Gambar adalah suatu bahasa, dimana sapuan warna, goresan garis, symbol dan tanda yang tertera di dalamnya adalah huruf yang dapat menceritakan banyak hal. Pada tiap keramik Cina di keratin Cirebon terlukis kisah agung, sebuah do’a keberuntungan. Sudah diketahui bahwa Cina memberikan banyak pengaruh dalam hal budayanya di Cirebon. Karena adanya perdagangan dan persahabatan antara dua negara. 

Dalam budaya Cina simbol Naga melambangkan cahaya dan kekaisaran, burung Pheonix melambangkan tahta, Bunga melambangkan kesuburan, dan Singa yang memegang bola mutiara melambangkan kepuasan hasrat. Scarf Motif Mitologi China ini memberikan gambaran dan cerita bahwa dalam hidup ini manusia sesungguhnya mencari keberkahan dari segi harta dan tahta yang bersifat duniawi. Hal ini terlihat dari betapa budaya Cina menggambarkan sifat sifat duniawi itu dalam motif Naga, burung Phoenix, Bunga dan Singa.

4. Scarf Phoenix 

Berisi tentang bangkit dari keterpurukan.
Terdapat beberapa motif cina yang diadaptasi menjadi ragam hias Cirebon, dua diantaranya adalah mega mendung dan burung phoenix. Mega Mendung merupakan motif batik khas Cirebon yang mengingatkan bahwa seorang raja harus senantiasa menaungi rakyatnya. Sedangkan burung Pheonix menurut mitologi Cina adalah untuk mengingatkan kita selalu bangkit menuju kelahiran / perubahan yang baru. 

Dari design scarf ini, aku ingin memberikan pesan bahwa sebagai manusia kita harus bisa menebarkan kebaikan kepada sekitar, seperti motif mega mendung dan selalu bisa bangkit dari keterpurukan seperti burung Phoenix.

5. Scarf Sketch dan Pintu 

Berisi tentang sifat rendah hati.
Keramik Cina dan Belanda tidak sampai di Cirebon hanya dengan jentikan jari. Keramik-keramik tersebut melewati perjalanan panjang, hingga akhirnya melewati pintu Keraton Cirebon. Buktinya kita dapat melihat ada beberapa keramik yang pecah atau retak, namun tetap dipasang menjadi satu bagian dari bangunan keraton. 
Dalam setiap sudut keraton ada banyak pintu sebagai gerbang memasuki keraton. Ada cerita menarik dari salah satu pintu. Pintu ini sengaja dibuat rendah agar tiap orang yang memasukinya harus merunduk, sebagai tanda penghormatan pada sultan, agar kita senantiasa rendah hati tak hanya kepada sultan namun semua orang disekitar kita. 
Pesan dari scarf ini adalah meskipun perjalanan hidup kita tidak selalu mulus (seperti adanya keramik yang retak) kita tetap akan menyimpannya dalam haati dan pribadi kita, namun kita tidak boleh terpuruk dalam hal itu karena kita diingatkan untuk selalu bersikap rendah hati dan melihat kebawah.


Semoga koleksi eksklusif riamiranda x HIJUP ini dapat memberi inspirasi yah.

Love.


Ria
POPULAR POSTS THIS MONTH

Lahiran Anak Ketiga, Kahfia.

Assalamualaikum Kahfia!Punya anak itu seperti keajaiban, ada perasaan dibutuhkan dari seorang ...