ALL TIME PAGEVIEWS
1,292,618
BLOG ARCHIVE
03/05/2017

Sehari jadi Guru TK

Hihihi.. seru kali yaa..
begitu ditawarin sama gurunya Katya untuk mengisi parents sharing session (yang memang sejak awal masuk udah di kasih tau sama kepala sekolah mengenai adanya keterlibatan aktif dari orang tua). Kebetulan bulan ini tema-nya adalah my clothes, kemarin anak2 sempat presentasi bajunya dengan menggunakan kids manekin. tujuannya mereka tau fungsi busana yang mereka kenakan dan bagaimana proses bisa jadi baju.

Sebelumnya udah ngobrol santai sama Katya, awalnya dia keberatan kalau aku ngisi sharing session di kelasnya. Malu katanya. tapi setelah di kasih pengertian akhirnya dia mau, dan aku juga melibatkan Katya jadi asisten-ku selama proses sharing session berlangsung. Biar dia merasa berguna gitu loh.. Hehehe..

Ngeliat anak-anak sehat, bersih dan lucu lucu (bahkan ada yang blasteran loh disini) jadi pengen punya banyak anak dehh.. Seru di rumah bakalan rame, dan aku nggak berhenti untuk ngomong atau warning anak kalau itu berbahaya dll. chaos tapi beautiful.. ternyata aku seneng banget sama anak-anak, mesti sabar iya tapi ngeliat attitude mereka yang polos dan apa adanya itu jadi kayak refleksi ke kita sendiri.

Nah.. mau tau gimana serunya sharing session dan hasil akhir dari anak TK ini?
Ada loh yang pas aku datang anaknya lagi tiduran gitu nggak mau gabung sama temen yang lain. Ada juga yang lagi lari lari nggak jelas gitu.. Tapi begitu instruksi dari gurunya, mereka semua langsung nurut.
Baca ceritanya lebih lengkap yaa..


Ternyata mereka sudah di kasih tau sama gurunya mengenai jenis bahan dan darimana bahan itu berasal. ada sutra yang dari ulat dan ada juga yang dari serat tumbuhan / buah buahan. Mereka udah tau nama-namanya, tapi belum melihat dan merasakan kain itu seperti apa. Jadinya pas aku bawa potongan kain, mereka excited banget. Apalagi yang velvet karena teksturnya lembut dan halus.

Karena jadi asisten, Katya maunya duduk deket aku deh. Dia fungsinya untuk membagikan kain potongan tadi dan memberi tahu apa workshop yang akan kita jalani bareng-bareng nanti. Dia excited untuk ngasih tau ke temennya tentang apa itu kain dan hasil akhir workshop yang nggak sabar udah di tunjukin ke temennya. Ya malam sebelumnya kita berdua bikin kolase gitu.. seru deh..


Kelas Katya lumayan besar, dibagi jadi beberapa area mulai dari block area, dramatic area sampai ke area tulis menulis. Sengaja metodenya supaya nggak bosen anak-anak belajarnya. Mereka di bebaskan mau main apa sebelum semuanya mulai pelajaran. Semua rapih dan nyaman, Katya juga seneng sekolah disini. Ini tuh kayak sekolah yang aku pengenin dulu, cuman kan dulu nggak ada yang seperti ini di Padang. Jadi biarlah Katya yang bisa menikmati, yang penting tidak dibebankan sama pelajaran. Anak lebih banyak bermainnya.

Tips memilih sekolah untuk anak :
1. Aku lebih prioritaskan sekolah islam sebagai pondasi, supaya sudah sedini mungkin mereka mengenal agamanya. Karena aku dan suamiku kan kerja, jadi Katya perlu ada pendidikan dasar yang bagus. 
2. Jarak dari rumah, kebetulan sekolah Katya ini jaraknya 10km tapi karena ada tol jadi cuman 15 menit deh.
3. Fasilitasnya juga bagus, ada kolam renang khusus anak, auditorium untuk performance dan semuanya bersih. Ada juga fasilitas jemputan untuk anak SD.
4. Lingkungan orang tua juga berpengaruh. Sedikit banyak aku ngeliat sepupuku yang dulu sekolah di tempat yang bagus, sekarang banyak banget temennya yang sukses pas udah besar, seneng aja punya network yang baik untuk anak dan orang tua juga tentunya. Memilih lingkungan yang bagus itu penting dan kewajiban kita. Sekolah manapun sebenernya bagus, tergantung tujuan dari orang tuanya. 
5. mengenai masalah biaya, coba compare minimal 3 sekolah yang kita mau, hitung jarak untuk tempuh untuk antar jemput deh. terus bagaimana tentang uang tambahan lainnya. Kalau di sekolah Katya ini nanti nggak ada biaya tambahan, semua include termasuk antar jemput dan lunch.




Akhirnya selesai deh project kita, aku udah print figurin anak untuk mereka bisa tempel baju dari kain yang sudah aku bawa. Hasilnya bagus banget, apalagi yang boys ternyata mereka detail sampai bikin belt, inisial nama di bajunya sampai bikin topi dan sepatu.
Prosesnya cuma gunting dan menempel aja.. banyak yang langsung pengen di bawa pulang untuk di kasih tunjuk ke orang tuanya.


Terima kasih anak soleh semuanya..
Semoga jadi anak yang soleh dan bisa membahagiakan orang tuanya yaa


Love,


Aunt Ria
POPULAR POSTS THIS MONTH

Surprise Birthday Party!

AlhamdulillahJuly adalah memang bulan yang selalu ku nantikan setelah Ramadhan, karena I was born ...

#keluargarosadi Liburan Bali

Liburan Katya masih lama dan biasanya kalau di rumah suka ada aja drama-nya. Akhirnya kita ...