ALL TIME PAGEVIEWS
1,293,133
BLOG ARCHIVE
07/03/2016

Tips Meninggalkan Anak Ketika Mau Travelling

Hmmm... karena ada permintaan dari followers di Instagram gimana sih tips ninggalin anak ketika kita mau travelling. Nggak gampang sih.. tapi pengalamanku yang sudah pernah sebelumnya dulu waktu Katya (lumayan sering ditinggal kalau travelling jauh banget atau cuman sebentar). 

dan ketika nulis di blog ini sambil habis menyusui Kina dan sarapan dimeja makan..
Aku nulis sambil merasakan dan mencoba sendiri pengalaman gimana mau ninggalin anak dalam beberapa jam kedepan hari ini..

Jadi kebetulan orang tua suamiku ada di Jakarta, Bekasi tepatnya.. Jadi lebih mudah untuk di titipin.. Ada adik ipar juga yang punya anak seumuran yang masih tinggal dirumah Ibu. Jadi rasanya aman karena Katya ada temennya dan Kina juga ada adik ipar yang bisa ikut nyusuin Kina.

Sebelum nitipin pastiin kita melakukan hal ini :
1. Ngobrol santai dengan mertua mengenai rencana kepergian kita, alhamdulillah sih ibu mertua sangat open dan mau bantu. Bikin aku lebih tanpa beban pikiran kalau mau pergi jadi lebih fokus sama yang dikerjain, tapi baca point 2 ini :
2. Perlu diingat, mertua kita bukan penitipan anak, meskipun sebagai kakek nenek mereka akan happy. Tapi secara tanggungjawab, tentu anak adalah tugas kita untuk ngejagain. Jadi aku selalu bawa mbak untuk bantu segala kebutuhan Katya kalau ditinggal termasuk mainannya. 
3. Khusus Kina, aku udah ngitung berapa liter ASIP yang diminum per hari. Dari situ aku ngitung berapa banyak liter ASIP yang mesti dipompa tiap hari. Untungnya ada sepupu suamiku juga yang ASIP melimpah dan mau ngasih ke Kina. Ya masalah sepersusuan udah jadi concern jadi kita udah mikirin hal itu kok.
4. Kondisi fisik orang tua kita beda dengan kita, jadi selalu bilang ke Katya untuk nurut sama kakek dan nenek. Meskipun selama brainwash proses setiap malam  Katya selalu bilang mau ikut kita.


Kalau itu sudah semua dilakukan, ini yang perlu kita lakukan sendiri : 
1. Kuatkan hati baik sebelum berangkat maupun selama sedang travelling. Kita harus bisa fokus membagi pikiran kita, sesekali boleh tapi jangan baper. Karena dulu waktu ke Jepang suamiku video call sama Katya, eh dia malah nangis dan akunya jadi inget kangen sama Katya. Ternyata Katya jadi nangis dan rewel meskipun hanya beberapa jam.
2. Sehari sebelumnya aku ngabisin waktu bareng Katya dan Kina, main di tempat tidur, ngobrol pokoknya bonding time banget deh.. no gadget.. sesekali boleh tapi langsung disimpen lagi.
3. Packing malam hari aja.. supaya waktunya nggak terbuang.
4. Berdoa minta perlindungan ke Allah untuk menitipkan anak kita. 
5.Worry less, kalau tujuan untuk kerja ya usahakan fokus dengan kerjaan. Tapi kalau mau jalan jalan aja, kenapa anaknya nggak diajak??

Ini sih pengalamanku, tapi sekarang beda karena yang ditinggal ada dua dan.. Kina terlalu lucu untuk ditinggal.. ini pengalaman pertamaku.. Sepertinya nanti kalau jadi ke Turki aku mau bawa Kina aja deh.. 
Kondisinya Kina sudah mulai MPASI per 1 Maret jadi rasanya sudah mulai dibiasakan untuk nggak hanya ASI saja.

Oya pengalaman ke Singapore kemarin tanpa Kina aku juga pastiin banget :
1. Bawa cool bag dengan banyak ice gel.. suami juga udah inform ke hotel bahwa kita akan nitip ASIP di freezer. 
2. Bawa manual pump kemana pun pergi, pastiin waktunya cukup untuk sempet kita masukin ke freezer. Plastik ASIP penting banget sih..
3. Info ke pramugari bahwa kita akan perlu ice cube untuk dimasukin ke dalam cool bag kita.

Rasa bersalah? wajar. Aku apalagi.. bangett.. baper bangettt.. posting sebelumnya kan curhatan sebelum pergi.. Hiks.. 
Tapi kita juga harus realistis, disini peran suamiku untuk mengingatkan bahwa zamannya sudah beda. Kalau ini yang aku mau maka harus melakukan yang terbaik, supaya kita ninggalin anak nggak sia sia.

Sekali lagi kita emang nggak sempurna, apa yang kita kerjakan toh buat anak juga. Hari gini kalau kita nggak berkarya tentu harus struggle banget untuk bisa kasih yang terbaik untuk anak. Jadi bare in mind that - ini sih tips ampuh untuk menghilangkan rasa bersalah sebelum pergi.

Mudah-mudahan bermanfaat.. sekalian kasih kekuatan buatku pas lagi nulis ini.. self reminder banget yang mau berangkat hari ini. Bismillah.. mudah-mudahan kuat dan lancar di perjalanan dengan penuh barokah.

Kalau ada tips lain aku juga mau denger yaahh.. 
Karena bulan berikutnya akan sudah ada jadwal lagi roadshow keliling kota..



Love,



Ria




POPULAR POSTS THIS MONTH

Surprise Birthday Party!

AlhamdulillahJuly adalah memang bulan yang selalu ku nantikan setelah Ramadhan, karena I was born ...

#keluargarosadi Liburan Bali

Liburan Katya masih lama dan biasanya kalau di rumah suka ada aja drama-nya. Akhirnya kita ...