ALL TIME PAGEVIEWS
1,365,845
BLOG ARCHIVE
18/04/2014

Komunikasi dengan Katya (2 tahun)


Kebetulan Katya tanggal 7 Juni 2014 baru dua tahun, perkembangannya Alhamdulillah pesat (ya secara aku mamanya), tapi dibandingkan beberapa teman seumurnya Katya termasuk yang sudah banyak kebisaan. Sudah bisa komunikasi dua arah melalui verbal, sudah ada keinginan. Intinya dia sudah tahap dimana kita bisa berkomunikasi dua arah dengannya. 

Paling suka kalau dia mau tidur terus narik tangan dan bilang “atas yuk!” (maksudnya ngajak ke kamar diatas untk tidur dan nyusu). Begitu nempel dikasur langsung bilang “bismika alohuma ahya wabismika amuutt” karena dibiasakan doa dulu sebelum bner-bener nyusu.

Terus kalau digodain sama Ayahnya dan dia nggak mau udah bisa bilang “ No Ayah No Ayahh..” sambil nunjukin jari telunjuknya. Hahaha.. udah langsung speechless deh pokoknya..  

Memang pada usia ini sebaiknya kita memperhatikan betul komunikasi kita dengan si buah hati. Berikut beberapa hal yang dapat kita lakukan agar perkembangan anak dapat semakin baik dan juga komunikasi dengan anak dapat berjalan lancar. 

Pola Komunikasi yang Harus Kita Bangun
Usia 2 hingga 3 tahun adalah usia dimana perkembangan bahasa dan juga komunikasi anak kita akan berlangsung secara pesat. 

Katya sudah dapat mengikuti instruksi sederhana yang kita ajarkan, karena menurut informasi pada tahapan ini anak sudah dapat mengucapkan lebih dari 50 kata dan bahkan lebih. Hebat yah.. Anak juga sudah dapat memulai untuk mengucapkan kalimat sederhana dan juga gabungan kata yang bersifat sederhana. 

Saat akan mengajari anak kita, ingatlah bahwa anak di usia ini hanya dapat mengikuti 2 instruksi saat akan ngajarin anak. Misalnya kita menyuruh anak untuk mengambil makanannya dan segera memakannya. Kalau Katya biasanya abis buka diapers aku langsung nyuruh buang ke tempat sampah dan dia nurut, bonusnya kita tepuk tangan bersama artinya Good Job.


Cara untuk Meningkatkan Komunikasi Anak
Kalau aku biasanya suka ngajak Katya ngobrol sebentar (meskipun kadang dia nggak ngikutin juga), tapi kontinyu aja ajak ngobrol sebelum tidur. Kasih pujian kalau anak berhasil melakukan hal yang baik, kayak kasih tepuk tangan atau dicium.

Subhanallah ya..seneng banget bisa melihat langsung perkembangan anak kita. Dari omongan yang nggak kita ngerti sampai sekarang Katya udah mulai bawel hihi.. 

Apa yang kita ucapkan selalu diikutin. Jadi kayaknya udah mulai harus hati-hati juga nih, jangan sampai anak kita ngikutin omongan anak-anak yang sudah gede diluar rumah. Jadi perlu didampingi terus.. 

Alhamdulillah Katya sudah bisa tau dan bedain warna, berhitung, bernyanyi, baca do’a mau makan dan mau bobo. Semoga bermanfaat ya tipsnya, lebih ke pengalaman pribadi.



photo by : Ayah Pandu 
POPULAR POSTS THIS MONTH

Haji 2017 - Perjalanan Penuh Hidayah

Labbaik Allahumma Labbaik..Nggak pernah terbersit dalam pikiran akan menjalani perjalanan religi ...

Fabelio Experience

Bicara tentang dekorasi rumah dari dulu aku paling semangat. Mungkin karena style fashionku awalnya ...