ALL TIME PAGEVIEWS
1,261,246
BLOG ARCHIVE
18/09/2015

Proses Persalinan : Aysaluna Kinara Rosadi

Alhamdulillah... 
This is my first time back on blogging after delivery my second baby girl. 
Loots of things I would love to share here.. every minutes are worth to share.. I already passed very important moment in my life as a women. 

Alhamdulillah.. kelancaran diberikan pada proses persalinan anak kedua.. Prosesnya sama seperti Katya, udah 40 minggu nggak ada kontraksi sama sekali, padahal udah rajin jalan kaki sampe di pijet supaya ada kontraksi.. tetep ajaa betah di dalam perut.

Karena due date tanggal 9 Sept 2015, suami udah mutusin hari itu sudah ada tindakan kalau belum ada kontaksi maka di induksi. Buat apa nunggu lagi, ini sudah lewat due date dan kita nggak tau kapan mules-nya. Serem sih kalau inget mau di induksi kayak Katya dulu. Seharusnya kita datang ke RSPI pagi, supaya bayi bisa lahir sore. Tapi kita santai banget dan kebetulan sekalian nunggu Mama dari Padang datangnya malam.

Begitu sampai RSPI memang sudah pembukaan dua tapi belum ada rasa kontraksi sama sekali. Dokter bilang kalau ini bakalan lahir besok subuh, karena proses pembukaan biasanya akan lama. Suami langsung ajak jalan naik turun tangga sampai ke lantai lima, ternyata ini membantu.. proses jalan kaki di sekitaran RSPI juga dibuat menghentak, berasa jalan model di runway gitu. Nggak berasa sih tapi capek juga, karena sambil becanda sama suami.. Aku sudah sediain madu supaya ada tenaga.

Jam 21.00 mules udah mulai berasa banget.. teruss sampe jam 22.00 pas banget mama datang dari airport langsung ke ruangan bersalin. Waduuhh rasanya udah kayak sedih krn ini mules banget, semangat krn ada mama, tapi juga nggak tau mau gimana..

Kontraksi nambah hebat jam 23.00.. suamiku udah minta ke bidan untuk cek pembukaan (seharusnya jam 24.00 di cek-nya).. karena kita rencana pake bius ILA yang memang baru bisa disuntik pada pembukaan empat supaya mengurangi rasa sakit. Kalau dulu suami hitung aku bakalan sakit setiap dua menit selama 6 jam, kalau sekarang setiap 10 menit tapi sakitnya bikin langsung berdiri dari kasur dan pengen jalan pokoknya nggak betah deh..

Ternyataa.. udah bukaan delapan!! semua kaget seneng (fyi, aku ambil di private delivery suite, karena pengalaman Katya aku lahir bersebelahan dengan ibu-ibu lain yang sama-sama berjuang. Denger suara CTG, suara sakit mereka bikin aku lumayan stress waktu dulu. Makannya sekarang minta ke suami untuk ambil private delivery)..

Kita semua nggak nyangka secepat itu (didalam ruang bersalin ada : suamiku, mama, ibu mertua, adik dan Papa hahaha rame yah).. tapi rasa mules udah juara banget deh, aku sampe bisa bangun dan berdiri saking sakitnya, sementara kalau dulu nahannya hanya bisa tiduran..

Meskipun rasanya ini kepala bayi udah pengen keluar tapi tetep harus ditahan karena dokter Fitriyadi masih on the way - untungnya rumah dokter di Pondok Indah deket sama RSPI, dan pembukaan belum sempurna.

Begitu dokter datang, semua alat sudah siap dan prosesnya cepet banget dari kedatangan dokter sampai bayi lahir.. 
cuman 5 menit. 
Bayinya lahir dengan kelilit tali pusar, suamiku beneran nemenin disebelah sambil bantu untuk atur pernafasan bahkan ingetin inhale & exhale, terus untuk nggak merem karena akan bahaya ke mata (meskipun dia aku larang ikut masuk ke ruangan senam hamil, tapi dia baca buku dan di guide sama bidan juga - bantu banget deh). Proses dari bayi keluar, lilitan tali pusarnya dilepas, bayi ditaro dibadanku, suami motong sendiri tali pusarnya, sampe suami meng-adzankan bayi yang ada di dadaku dan rasa sakitnya hilang.. hehehe nggak ding, masih ada lah ngilu dikit.

Kinara pas keluar suara nangis nggak terlalu kencang.. rambutnya lebih banyak dari pada Katya. Karena sudah sepakat dengan bidan, begitu bayi lahir langsung proses IMD atau inisiasi menyusui dini selama dua jam. Di taro didada, skin to skin rasanya bahagiaaa banget. 

Senengnya lahir normal adalah kita sudah bisa langsung jalan setelah melahirkan, bahkan disarankan supaya rahim mengecil dan darah lebih cepat keluar. Alhamdulillah kedua anakku lahir secara normal, sementara saat ini banyak banget yang lahir C-Section / caesar karena satu dan lain hal. Tapi aku percaya semua ibu ingin melahirkan normal, rasa sakitnya hanya bisa kita yang merasakan. Laki-laki nggak bisa.

Biar bagaimanapun, normal atau Caesar, tetap sama perjuangannya. Selama kelahiran kedua ini aku ada teman seperjuanga, Handari / Uti sepupu iparku dan Citta - temenku yang banyak kesamaan dan kita semua ditangani sama Dr. Fitriyadi. 

Ini penting banget yang aku dapat dari proses persalinan kedua ini, bahwa : 
Proses persalinan berbeda setiap ibu, jangan disamakan, jangan ditanyakan kapan lahiran, kenapa baru pembukaan satu, kenapa induksi dll. Percaya deh semakin banyak pertanyaan akan semakin bikin kita stress dan tertekan, sementara kita yang akan menghadapi proses persalinan udah cukup stress dengan proses ini. 

Kebanyakan orang begitu tau kalau anak pertama dan kedua berjenis kelamin sama, mereka otomatis langsung bilang wah nanti ada anak ketiga dong biar beda - laki / perempuan. Buatku nggak bisa digituin, karena kalau ternyata anak ketiga berjenis kelamin sama dengan kakaknya, tentu kita akan merasa sedih sedikit banyak ya.. 
Apapun anak yang diberikan, itu adalah titipan dan yang terbaik. Above all lebih baik anaknya sehat tanpa kekurangan apapun. Rasanya kalau anak sehat, mau anak laki atau perempuan kita akan menerima.

Rumah Sakit Pondok Indah itu berasa seperti rumah, nyaman banget.. susternya baik dan seperti keluarga. Cara mereka berkomunikasi dan handle bayi (diem-diem aku suka ngintip dari kaca kamar bayi untuk tau gimana mereka handle bayi). Teknologi dan atmosfirnya bikin nyaman. Buatku ini tempat yang paling oke untuk melahirkan, atau karena aku juga nggak ada pengalaman di tempat lain sih ya.. tapi RSPI the best.
I really had a wonderful experience for my two daughter there. Good thing is RSPI akan buka di Bintaro sektor 9!!


Semoga bermanfaat sharing ceritaku ini yaa..

Love,


Ria
mother of two..

ini ada photo dari temen dan keluarga yang datang..
berasa di acara ulang tahun nggak siihh...










POPULAR POSTS THIS MONTH

Wardah Ramadhan Gathering 2017

Rabu 14 Juni 2017, jadi moment silaturahmi keluarga besar Wardah Cosmetics di bulan Ramadhan. Sama ...

Photo Keluarga 2017

Assalamualaikum dari Keluarga Rosadi..Yup, kita emang belum punya photo keluarga yang bener ...

Masuk di Artikel Elle UK!

Tiba tiba di kirim WhatsApp sama Wiwid Howat, temenku yang tinggal di Sydney, kalau brand ...

riamiranda Web Series - Sans Titre

Bismillah..Tahun 2017 memang sudah direncanakan oleh management untuk lebih aktif di digital, mau ...