ALL TIME PAGEVIEWS
1,292,594
BLOG ARCHIVE
24/07/2015

Ajari Katya suka baca dari sekarang.


Gara-gara liat suami post photo ini di IG-nya dia @pandurosadi, jadi kepikiran dan cari tau gimana caranya supaya anak tuh seneng dengan buku.

Memang klise sih, apalagi sekarang godaan gadget kuat banget dan kadang kita suka give up dengan nurutin kemauan anak untuk main gadget.. 
Aku juga gitu, kadang kalau udah capek dan pengen Katya sedikit lebih anteng ya caranya dengan gadget.

Padahal ternyata belajar membaca merupakan salah satu perkembangan terbesar bagi si Kecil. Tapi mengembangkan keterampilan ini dan menikmatinya ternyata adalah dua hal yang berbeda. Banyak orang tua yang bingung karena anak-anaknya tidak menyukai buku, termasuk aku. Padahal kita juga tau kalau aktivitas tersebut baik bagi perkembangan kecerdasan dan pengetahuannya. 

Hasil browsing di internet aku rangkum jadi kayak tips dibawah ini..

Biarkan Memilih Buku Sendiri

Berikan kesempatan pada anak untuk pergi ke toko buku atau perpustakaan daripada ke toko mainan anak, dan biarkan ia memilih buku-bukunya sendiri. Tidak hanya membuatnya senang, tapi juga mengasah kepercayaan dirinya. Aku suka nanya Katya maunya buku apa, biasanya dia suka buku Dinosaurs dan yang ada animal. Sambil aku juga pilih buku anak yang ada nilai moral atau agama. 

Sediakan Buku-Buku Bergambar

Buku bergambar memang lebih menarik dan tidak membuatnya cepat bosan, apalagi Katya itu kayaknya visual banget. Pilih buku yang sesuai dengan usia dan kemampuan membacanya, misalnya untuk anak-anak usia dini berikan buku bergambar besar dan warna-warni dengan sedikit pilihan kata. 

Baca Berulang-Ulang

Katya jadi kebiasaan untuk minta dibacain buku favortinya sebelum tidur, sampe aku aja bosen. Makannya siasatnya suka beliin buku baru yang beda, supaya dia ada pilihan juga. Meskipun kalau melakukannya berulang-ulang akan meningkatkan pemahaman kata-katanya. Gunakan kesempatan ini untuk mengasah kecerdasannya, misalnya aku suka minta Katya untuk ceritain sedikit, atau biar dia yang nentuin jalan ceritanya sendiri. 

Membaca dengan Suara Keras

Cara ini dipercaya dapat menumbuhkan kecintaan membaca pada anak. Membaca buku dengan suara keras dan atraktif dapat menjadi momen menyenangkan bagi hubungan orangtua-anak. apalagi Katya udah tau pendongen namanya Kak Awam, 
jadi aku minta suami untuk bisa niruin gaya dongengnya Kak Awam supaya Katya juga seru untuk dengerin. 

Nih kalau mau tau lebih jauh tentang profil kak Awam dari Kampung Dongeng, click disini aja.

Ayo jangan give up sebelum anak suka dengan buku.
Kita sama sama belajar yaaa.



love,



Ria

POPULAR POSTS THIS MONTH

Surprise Birthday Party!

AlhamdulillahJuly adalah memang bulan yang selalu ku nantikan setelah Ramadhan, karena I was born ...

#keluargarosadi Liburan Bali

Liburan Katya masih lama dan biasanya kalau di rumah suka ada aja drama-nya. Akhirnya kita ...